5 Kegiatan Ngabuburit Bikin Puasa Nggak Terasa Lama


blog sittakarina - ngabuburit

Salah satu kegiatan yang kita tunggu-tunggu saat bulan puasa: ngabuburit.

Bagaimana suasana minggu pertama bulan puasa ini bagi kalian; lemas karena iced coffee dan cemilan yang biasa menemani pekerjaan kini nggak ada? Atau bosan karena mendadak hari-hari tidak sesibuk biasanya? Padahal lemasnya tubuh di masa awal puasa sebenarnya hal yang normal.

Menurut Andang Gunawan, pakar food combining, lemasnya tubuh tersebut merupakan proses adaptasi tubuh terhadap pola makan yang baru. Selain itu, kita juga tahu ‘kan bahwa berpuasa di bulan Ramadan bukan cuma proses detoksifikasi tubuh, namun juga hati dan pikiran.

Nah, agar puasa tidak terasa berabad-abad lamanya, kalian bisa coba beberapa kegiatan yang pernah saya lakukan ini. Ternyata banyak lho waktu luang yang dapat dimanfaatkan untuk hal positif!

  1. Kembangkan hobi dan passion.  Selama ini punya hobi yang nggak terealisir karena sibuk hangout bareng BFF (dan nggak pernah bisa menolak tiap kali diajak)? Ini saatnya untuk asyik sendiri mengerjakan sesuatu yang kalian suka: menulis, membuat handcraft, movie marathon, atau bahkan menata ulang dekorasi kamar.
  2. Olahraga menjelang berbuka. Atau bisa juga yang sesimpel yoga di pagi hari. Apabila ini dilakukan dengan porsi yang tepat dan tetap mengukur kemampuan diri, badan malah jadi fit, bukannya sakit.
  3. Perbanyak kegiatan sosial. Inisiasi ini bisa dimulai setidaknya 4x dalam seminggu kita libatkan diri untuk mampir ke rumah yatim-piatu atau rumah singgah dan berbagi cerita maupun pengetahuan ke anak-anak ini. Yang namanya manfaat berbagi itu ibarat makanan bagi jiwa. When you think more about others and less about yourself, it sparks a little fulfillment (and happiness too) in your heart.
  4. Kerja magang. Waktu kuliah maupun kerja tidak penuh selama bulan puasa? Ini kesempatan untuk mengisi waktu sekaligus menambah uang saku dengan kerja magang. Bisa coba di media (majalah dan surat kabar, terutama majalah remaja), toko buku, coffee shop, maupun butik. Cari lowongan pekerjaannya di internet atau langsung datangi tokonya.
  5. Window shopping. Or plain shopping ’til you break the fast. Jalan tentunya lebih baik daripada duduk (atau tidur) seharian. Serunya aktifitas ini bikin kita nggak terfokus dengan rasa lapar dan haus. Lagipula, pernah dengar ‘kan: shopping is the new cardio 😉

Esensi dari berpuasa sendiri ‘kan menahan diri dari segala hal yang membatalkan puasa. Di dalamnya termasuk makan, minum, marah, dan lain sebagainya. Jadi, ibadah puasa seharusnya tidak menjadi penghalang untuk beraktifitas seperti biasa. Ngabuburit dilakukan jika kita memang tidak ada kegiatan selain rutinitas sehari-hari.

Nah, seperti apa ngabuburit seru versi kamu selama ini?

Tambahkan jadi no. 6 dan seterusnya dalam diskusi di bagian comment ya 😊

 

*) Feature image via quitecontinental


Tags:


Leave a Comment

  • (will not be published)

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


One Response