Cara Merawat Wajah Agar Selalu Cerah Alami


Blog Sittakarina - Cara Merawat Wajah Agar Selalu Cerah Alami

Cara merawat wajah seperti ini hasilnya long-lasting!

Saya percaya bahwa semua perempuan indah dengan ciri khas dan kecantikan masing-masing. Tantangannya, bagaimana merawat keindahan tersebut saat usia makin bertambah.

Bicara soal penampilan pasti nggak jauh-jauh dari cerah-tidaknya kulit wajah kita. Kulit wajah cerah alami menunjukkan kondisi kulit kita yang sehat sehat. Sedangkan, kulit yang sehat merupakan cerminan tubuh sehat. Wwalau pada beberapa kondisi, kulit dapat terlihat sehat dan glowing dengan campur tangan dari luar seperti terapi oksigen dan laser treatment.

Oke saja jika kita ingin mengupayakan kedua hal tersebut demi mendapatkan kulit bersinar. Namun, patut diketahui bahwa sebelum langsung mengandalkan treatment berbiaya tinggi itu, sebaiknya kita sudah melakukan 2 kategori perawatan wajah penting, yaitu, perawatan dari dalam, yang tentunya dibarengi perawatan dari luar.

Ketika beberapa orang mengomentari: “Rie, elo mah enak nggak pernah jerawatan. Kulit emang udah mulus dari sananya”, saya pun menyadari bahwa sebagian orang berjerawat dan sebagian tidak.  Sayangnya, mereka tidak  tahu bahwa saya pun bisa jerawatan! Ini biasanya terjadi jika kurang tidur di malam hari dan kebanyakan makan junk food.

Dengan menyadari pencetus seperti di atas, saya jadi tahu apa yang harus dilakukan pertama kali, yakni menyingkirkan si biang masalah tersebut. Kembali ke makanan sehat dan tidur cukup. Selain itu, masalah-masalah yang timbul pada kulit (berjerawat, kering, dan kusam) seharusnya menjadi alarm sekaligus pengingat, bahwa tindakan pencegahan jauh lebih baik daripada mengobati.

Berbeda dengan apa yang kebanyakan orang percaya, bagi saya, merawat wajah dari dalam sama pentingnya dengan perawatan dari luar. Beauty also comes from within. 

Jenis perawatan kulit yang saya jalani selama ini pun terbilang simpel, terjangkau, dan seimbang.

Untuk hal ini, saya membagi perawatan kulit dalam 2 kategori utama seperti yang sebelumnya disebut di atas. dan sampai sekarang saya belum berniat mencoba treatment  di klinik perawatan wajah .

Untuk mendapatkan kulit sehat bersinar, ubah kebiasaan lama menjadi kombinasi cara merawat wajah berikut ini.

A. Perawatan dari luar

  1. Pakai sunscreen sebelum keluar rumah. Ini dioleskan di wajah setelah lapisan pelembab dan serum. Untuk menghindari kerusakan kulit akibat sinar UV dalam jangka panjang, saya selalu memakai sunscreen sebelum beraktivitas.
  2. Pelembab wajib, serum optional. Urutan pemakaiannya adalah pertama serum dan kedua pelembab. Untuk bisa berinteraksi secara maksimal dengan sel kulit, aplikasikan serum saat kulit masih dalam kondisi lembab setelah mandi. Apa sih kegunaan serum? Kandungan antioksidan, vitamin C dan E pada serum menjadi lapisan pelindung kedua setelah sunscreen untuk meminimalisir kerusakan kulit akibat paparan sinar UV.
  3. Membersihkan wajah 2x sebelum tidur di malam hari. Tahap pertama, bersihkan wajah menggunakan facial foam. Biasanya saya lakukan ini sambil mandi. Kedua, untuk hasil cleansing yang lebih maksimal, bersihkan lagi dengan susu pembersih wajah, dan tutup dengan toner.
  4. Night cream is a must. Apalagi jika kulit kita kering. Sebagai heavy-duty moisturizer, krim ini bekerja secara optimal saat kita beristirahat di malam hari.
  5. Gunakan masker wajah seminggu 1x. Menghidrasi, mengelupas sel-sel kulit mati, dan meremajakan kulit; tak ada alasan untuk rutin memakai masker ini, bukan?

Untuk masker wajah, saya lebih suka menggunakan yang alami dengan resep di bawah ini. Biasanya sambil memakai masker, saya sekalian memanggil tukang pijat ke rumah. Rasanya benar-benar nyaman dan rileks—dan sering kali harus dibangunkan si tukang pijat karena ketiduran 😆

Blog Sittakarina - Cara Merawat Wajah Agar Selalu Cerah Alami 2Infografis dari The Zoe Report

Selesai perawatan dari luar? Oke, itu baru separuh jalan.

Berikut ini juga tidak kalah penting:

B. Perawatan dari dalam

  1. Cukup minum air putih. Proses hidrasi dari dalam adalah segalanya untuk kecantikan kulit.
  2. Makan makanan yang kaya antioksidan. Apel, stroberi, dan brokoli contohnya. Makanan tersebut mampu memerangi radikal bebas yang membuat kulit cepat rusak dan menua.
  3. Tidur 7 jam di malam hari. Pernah dengar beauty sleep ‘kan? Ternyata istilah itu bener banget! Kurang tidur mengakibatkan kulit jadi kusam dan berjerawat.
  4. Olahraga. Dengan rutin berolahraga, aliran darah menjadi lancar mengantar nutrisi ke seluruh bagian tubuh, tak terkecuali kulit. Selain itu, olahraga mampu menurunkan kadar hormon stress sehingga menunda penuaan dini.

Hasilnya? Pada usia mendekati 40 ini, kelembaban kulit saya masih terjaga, serta kerutan-kerutan halus pun belum terlihat secara signifikan.

We will definitely age. But, should that happen, let’s age gracefully.

*) Feature image: Sitta Karina


Tags:


Leave a Comment

  • (will not be published)

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


6 Responses

  1. Widya

    baca ini jadi melek deh… ternyata perawatan dari dalam tuh segitu pentingnya ya, terutama soal tidur. padahal aku sejujurnya baru on kerja pas midnight.. kan freelancer.. jadi waktunya jauh lebih fleksibel. mesti atur lagi nih. thanks ya kak!

  2. Indah

    Mbak Sitta, kalo make serumnya pas malem boleh ga ya? kayaknya lebih tahan lama di kulit secara kita tidur

  3. Larasati

    Tipsnya tenyata nggak ribet, walau aku masih suka males sih untuk merawat dari dalam, terutama makan makanan yang kaya antioksidan 😣😣😣