CloseUp Freshformance: Write your fresh romantic comedy script for a movie!


blog-sittakarina-romantic-comedy

Suka cerita romantic comedy seperti Kencana maupun Circa? Nah, itu versi panjangnya atau biasa disebut novel dan seringkali jadi tema utama teenlit maupun chicklit. Ternyata, cerita RomCom seperti ini seru juga lho dijadikan cerita yang padat dan singkat seperti cerpen. Namun seperti yang pernah saya tweet sebelumnya di sini, menulis cerpen RomCom yang seru dan asyik dibaca ada ‘seni’ tersendiri yang bisa kamu coba terapkan pada tulisanmu sendiri. Cek tips berikut ini:

– Selalu bikin kerangka plot yang mengacu pada struktur cerita ‘awal – tengah – akhir’. Tulis ceritamu secara runut mengacu pada skema tersebut agar tidak mandek di tengah jalan.

– Judul ibarat jendela buat cerpenmu. Judul yang menarik akan membuat pembaca tertarik membaca isi ceritanya. Nggak mungkin kan cerita RomCom judulnya “Sang Penunjuk Waktu Misterius”?

– Selipkan twist dalam cerita, yakni kejadian kejutan yang mewarnai jalannya cerita.

– Latar cerita urban life. Maksudnya, cerita yang berlatar belakang kehidupan kota besar dengan segala intrik dan ‘drama’-nya, biasanya lebih menarik untuk diikuti.

– Pastikan ‘chemistry’ antara tokoh cewek dan cowok di ceritamu komikal. Ilustrasikan secara lucu, bukannya serius.

– Seperti apa adegan romantis yang paling ‘kena banget’? Just listen to your heart; seperti apa impian kita akan sebuah cinta dan relationship. Bisa berupa si dia yang tadinya nggak suka main dengan BFF se-geng tapi diam-diam mempersiapkan surprise birthday party untukmu.

Setelah paham caranya, sekarang jangan lupa ikutan ajang CloseUp  Freshformance. Kalau menang, CloseUp  akan bantu wujudkan impianmu… mengubah ide ceritamu jadi film pendek  romantic comedy digital yang digarap sutradara terkenal Joko Anwar, berkolaborasi juga dengan Payung Teduh dan Kleting; plus dapat hadiah Rp 10 juta. Seru kan?Kamu bakal eksis dan ceritamu ditonton se-Indonesia. Yeay goodies! Langsung baca detail-nya di sini ya!

freshformance-closeup-scaled500

Sebagai contoh ide cerita, lihat kerangka plot cerita saya yang berjudul “Kembalikan Angkotnya!” yang potensial untuk diubah jadi film romantic comedy:

 

Dara paling suka lihat Surya hang-out bareng teman-temannya di depan gerbang kampus  dan hampir selalu ketinggalan angkot yang sama karena keasyikan ngobrol. Di mata Dara, gaya Surya waktu  berlari mengejar bus kocak banget .

Surya paling suka nongkrong di tempat favoritnya dengan kedok sedang ngobrol dengan gerombolan se-gengnya karena dari situ dia bisa sekalian ngeliatin  Dara yang selalu dijemput tepat waktu oleh sopir keluarga.

Teman-teman  Dara kasih tantangan ; apakah Dara berani ngajak ngobrol Surya dan jadi ‘distraction’, biar  kali ini dia benar-benar ketinggalan angkot. Dara pun menyanggupi.

Di hari-H, dengan jantung berdebar-debar, Dara menghampiri Surya dan muka cowok ini spontan sumringah. Sopir angkot melintas di situ dan gondok karena Surya tidak pontang-panting mengejarnya seperti biasa. Penasaran, si sopir turun dari mobilnya untuk melihat ada apa gerangan Surya tak peduli  melihat kendaraannya lewat .

Pada saat si sopir  lengah, Surya pun ngajak Dara yang belum pernah naik angkot untuk “tur kilat” berdua —Surya yang menyetir—  si sopir deh yang sekarang gantian tergopoh-gopoh mengejar mereka.

 

Punya saya sudah. Kini, giliran kamu nujukin karya kamu. Kabari saya kalau romantic comedy movie kamu mainn di bioskop ya!

*) Featured Image via Floataway Studios


Tags: , , , , ,


Leave a Comment

  • (will not be published)

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>