GO-BOX, Jasa Pengiriman Barang Andalan Tiap Saat


blog sittakarina - GO-BOX Jasa Pengiriman Barang Andalan Tiap Saat

Sekarang nggak perlu pusing lagi mencari jasa pengiriman barang yang praktis!

Iya, sekarang. Dulu saat pertama kali pindah rumah, kenyamanan ini nggak kita dapatkan. Terbentur masalah biaya, saya dan suami pun sepakat untuk mengerjakan sendiri bongkar pasang dan pengangkutan. Nggak sendiri banget sih, ada satu tukang yang membantu. Sementara itu, suami merangkap jadi supir juga. Untungnya saat itu perabot kami tidak terlalu banyak, sehingga hanya 4x bolak-balik saja. Kerjaan selesai seharian—dari pagi sampai maghrib.

Selain masalah biaya, pertimbangan mengerjakan bongkar pasang dan sewa mobil box sendiri pas pindah rumah adalah kami berdua kesulitan mencari pick-up dengan supir dan helper yang dapat dipercaya. Jika asal rekrut orang, takutnya barang malah tidak sampai tujuan, sampainya telat, atau malah sampai dalam keadaan tidak mulus lagi.

Kalau dihitung-hitung, jatuhnya memang irit, namun capeknya itu luar biasa banget! Akhirnya kami memutuskan ini pengalaman pertama dan terakhir kali aja, deh. Ngebela-belain kerjain sendiri, eh akhirnya semua pada jatuh sakit!

Kini, kami dihadapkan masalah sama walau skalanya lebih kecil: angkut seluruh perlengkapan, buku anak, dan mainan Harsya-Nara dari jaman mereka masih bayi sampai awal SD 😅 Rencananya sih ingin diberikan ke panti asuhan pinggir kota. Jumlahnya cukup banyak dan ukurannya besar-besar. Selain benda-benda tersebut masih layak digunakan, gudang mungil di rumah pun jadi penuh sesak karena sudah tidak bisa menampungnya.

Teringat pengalaman angkut dan nyetir pick-up sendiri, suami pun nyengir. OK, kali ini jangan kerjain sendiri! Penasaran dengan pick-up GO-BOX yang nangkring di pinggir jalan tiap kali mengantar bocah-bocah ke sekolah, saya jadi berpikir, coba ini aja ah! Siapa tau nggak bikin kantong jebol, dan kalau ada apa-apa bisa langsung “semprot” GO-JEK aja, karena GO-BOX merupakan bagian dari one-stop solution yang diusung GO-JEK 🙌

Slogan “Pengiriman Tanpa Batas” GO-BOX ternyata cukup terbukti pada experience ini. Perosotan, mainan bak pasir, dan beberapa tumpuk kardus berisi mainan serta baju layak pakai mendarat dengan aman di tempat tujuan.

Service-nya benar-benar tanpa batas waktu! Order dilakukan pada pukul 7 pagi sebelum kami  berangkat kerja dan pick-up boks datang 45 menit kemudian. Whoa, not bad! Sepertinya sesuai dengan jasa pengiriman barang satu ini yang mengedepankan “24/7 delivery availability with 24/7 call center support”. Lega rasanya pas tau harus ke mana melayangkan komplain seandainya ada masalah dengan pengiriman ini.

Lalu, pengiriman barang melalui GO-BOX bisa dibilang tanpa batas jarak, karena area cakupannya cukup luas, yakni Pulau Jawa sampai Bali. Pilihan kendaraannya juga bervariasi, mulai dari yang kecil seperti pick-up bak maupun boks, serta yang berukuran besar macam truk engkel (jenis boks dan bak juga).

Proses order sama seperti kebanyakan jasa yang ditawarkan GO-JEK. Kita bisa tracking order melalui aplikasi dan akan mendapatkan notifikasi ketika barang sudah sampai tujuan. Mudah, simpel, dan hemat waktu. Senangnya lagi, saya dapat mobil box yang bersih sudah ada alasnya. Jadi, tinggal berdiri manis nungguin pak supir mengangkut satu per satu deh!

Belajar dari pengalaman tersebut, ini dia 3 tips agar proses bongkar pasang serta pengiriman barang jadi lebih lancar:

  1. Lakukan pengelompokan barang. Saat akan mengirim lebih dari satu barang, terutama barang-barang berukuran kecil, kumpulkan lebih dulu barang-barang tersebut sesuai kategorinya untuk memudahkan proses bongkar pasang dan pengangkutan. Ini penting banget agar barang tidak terselip.
  2. Selalu sediakan kain terpal. Kegunaannya lumayan banyak, bisa untuk melapisi permukaan storage truk engkel atau pick-up yang kurang bersih, menutupi barang-barang agar tidak kehujanan saat perjalanan, maupun menjadi pembatas antar barang agar tidak terbentur satu sama lain.
  3. Beri lapisan pelindung pada barang sebelum pengangkutan. Sebelum ditata dan diikat dengan tali tambang pada mobil pick up, pastikan barang-barang sudah dilapisi agar tidak mudah rusak saat terbentur. Untuk perabot besar bisa dilapisi kertas kardus tebal, barang-barang pecah belah dengan kertas koran maupun bubble wrap, dan buku-buku dapat dimasukkan ke dalam kardus.

Setelah saya amati, beberapa barang dan pekerjaan yang juga cocok dikirim menggunakan GO-BOX (dengan  adanya coverage asuransi sampai dengan Rp 10,000,000,-) antara lain:

  • Pindahan rumah (termasuk pindahan kost-kostan)
  • Memindahkan perabot besar
  • Memindahkan buku, mainan anak, juga benda kecil lain dalam kuantitas besar

Sedangkan, untuk benda seni bernilai tinggi macam lukisan dan kristal, serta peralatan makan bone china sepertinya bukan pilihan untuk dikirim melalui jasa ini, kecuali kita bersedia menerima ganti hanya sebesar 10 juta saja.

Sudah coba jasa pengiriman barang satu ini? Share dong pengalamanmu saat menggunakan GO-BOX!

 

*) Feature image: Sitta Karina


Tags:


Leave a Comment

  • (will not be published)

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>