Iced Coffee, Panadol, atau Tidur?


Aboutkidshealthdotca

Pernah merasakan kelelahan dan sakit kepala (bukan pusing) yang luar biasa?

Dulu seringkali tanpa mengamati penyebab pusing lebih, saya pasti buru-buru minum Panadol  atau bahkan nenggak Coffee Freeze superdingin. Kopi dingin bisa menjadi pengalih rasa pusing sementara karena kandungan kafein di dalamnya membuat kita fresh lagi dalam sekejap. Tapi kedua cara ini hanya menjadi “obat” sesaat dan bisa-bisa jadi nggak rasional kalau kita tidak menelusuri kembali apa sih penyebab sakit kepala heboh tersebut.

Yuk, cek beberapa hal berikut ini:

1. Cuaca di luar sangat panas dan kamu hanya minum sedikit. Kekurangan cairan–terutama air putih– ketika hari terik sontak membuat kamu terserang sakit kepala luar biasa!

2. Baru melakukan olahraga berat. Yang biasanya lari 2 km, hari ini digeber jadi 3 km. Cuma nambah sedikit tapi berdampak signifikan pada kondisi tubuhmu, lho.

3. Semalam kurang tidur, i.e. belajar sampai larut, clubbing sampai larut (pagi), dan kegiatan lainnya dimana seharusnya tubuh beristirahat, akan sukses ngebuat kamu lebih sakit dari migren keesokan harinya.

4. Keasyikan bekerja/belajar. Walau asyik dan seru, yang namanya bekerja terlalu keras, tanpa disadari menguras tenaga–dan juga pikiran.

5. Kebanyakan MSG. Hayooo, abis ngemil apa kamu barusan? :-p

6. Telat atau bahkan lupa makan. Jangan skip makan utamamu. Jangan juga makan berlebihan. Lebih baik makan sedikit dan secukupnya tapi sering, misalnya tiap 2 – 3 jam sekali (siapa bilang ngemi itu nggak boleh?! Right, right?).

7. Banyak pikiran alias stres. Nah, ini kondisi yang paling sering. Stres ama UN, stres ama BFF yang nikam dari belakang, stres ama pacar yang selingkuh, stres ama bonyok yang overprotective, stres ama “drama” di pesta semalam?

Dari ketujuh penyebab sakit kepala ternyata tidak satu pun butuh obat sakit kepala. Kecuali untuk no. 1 dimana kamu harus minum air putih lebih banyak lagi, cara paling OK untuk mengatasinya adalah dengan tidur. Mengistirahatkan tubuh dan pikiran.

Take you regular power nap. Yakni tidur berkualitas selama 20 menit di siang hari. Menurut About.com bagian Stress Management, ternyata tidur selama 20 menit di siang hari lebih baik daripada tidur 20 menit di pagi hari. Mungkin ini karena tubuh secara alami “menuntut” waktu istirahatnya setelah 8 jam sebelumnya beraktivitas.

Dulu saya punya quote belagu dari James Bond movie: Die Another Day: “You’ve got plenty of time to sleep when you die.” Sekarang terbukti bahwa cukup tidur adalah sesuatu yang baik, bukannya useless.

Jadi sudah tau kan obat mujarab (dan alami) untuk sakit kepala? 😉

PICTURE: ABOUTKIDSHEALTH.CA


Tags: , ,


Leave a Comment

  • (will not be published)

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


3 Responses

  1. nasri

    sakit kepala bkin mata hatiku tak karuan. ap obt yg pling mujarab????????

  2. Kalau tidur-tidur di pagi hari, kadang-kadangpas bangun kepala saya agak nyut-nyutan. Itu termasuk berhubungan nggak ya?

  3. Pernah mengalami migrain berat di saat pulang ngantor tapi harus kul malamnya (posisi pas sakit lagi kuliah di kelas) jadi pake hot black coffee (anjuran teman) sebagai ‘obat’ dan emg sembuh. tapi pas sampai rumah langsung tidur (kan gak mungkin tidur di kelas)..