Jadi Remaja yang Fresh, Sehat, Bugar–dan Tetap Cool!


Adidas

Jadi remaja; selalu cari jati diri, coba hal baru tapi tahu batas.

Sudah tentukan apa resolusimu tahun ini?

Ngomong-ngomong tentang niatan dan usaha menjadikan diri lebih baik ini, ternyata yang namanya resolusi tidak hanya berlaku bagi orang dewasa saja, tapi juga kalian para remaja.

Nah, menjadi remaja Indonesia sendiri, dengan seabrek kegiatan mulai dari sekolah, les-les privat, PR dan tugas tanpa ampun, sampai agenda padat nan seru bersama teman-teman dan keluarga, bisa ngebuat badan kita over-exhausted dan akhirnya jatuh sakit kalau tidak pandai-pandai menyikapinya.

Dan menelusuri balik masa remaja dulu, ternyata begitu banyak hal positif yang saya anggap remeh dan akhirnya terlewati. Membuat nyesel sekarang-sekarang ini. Walau lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, tentunya akan lebih baik kalau kamu melakukannya sejak dini, bukan? Hasilnya? Wow, sangat, sangat luar biasa untuk jangka pendek, apalagi jangka panjang.

Maka itu, kamu bisa jadikan kebiasan baik di bawah ini sebagai salah satu resolusi tahun barumu untuk jadi fresh, healthy, fit, and cool teen people!

Tahun baru. Momen memulai resolusi baru, atau resolusi lama yang diimbuhi semangat baru.

Minum air putih minimal 8 gelas sehari. Dulu saya lebih suka minuman teh botolan atau soft drink daripada ini. Hasilnya, bukannya memuaskan dahaga malah ngebuat makin haus!

Olahraga rutin 3 kali seminggu. Tidak perlu mahal-mahal harus ke fitness center. Bergerak secara fisik minimal selama 30 menit, seperti berjalan kaki dari sekolah/kampusmu ke halte bis terdekat sudah termasuk olahraga cardio yang menyehatkan.

Makan teratur. Jangan diet. Yang baik dan tepat adalah makan teratur–dalam porsi sedikit–dalam frekuensi sering. Makan utama 3 kali sehari adalah harus, namun sebagai selingan santaplah crackers, buah, maupun susu dalam porsi yang tidak berlebihan.

Minum susu dan rajin mengkonsumsi Kalsium. Minum susu rutin bikin gendut? Salah besar. Yang bikin gendut bukan susunya, tapi kemalasan kamu untuk berolahraga. Susu yang mengandung kalcium tinggi atau tablet suplemen kalsium sangat dibutuhkan untuk ‘tabungan’ kalsium tubuh demi menjaga tulang yang kuat dan sehat. Terutama buat para cewek, ketika kita hamil, maka tubuh akan secara alami mengambil cadangan kalsium di tulang. Jadi, kalau tidak kita isi-ulang, kebayang kan jadinya?

Smile! Ya teman-temanku, dengan senyum ringan dan tulus yang kita tebar pada orang lain, akan membangkitkan suasana enak di hati. Kalau kamu terbiasa melakukannya, hati dan jiwa kamu akan senantiasa bahagia. Men sana in corporisano, right?  

Bangun pagi. Membiasakan diri bangun jam 5-6 di pagi hari tidak hanya membuat tubuh lebih bugar, tetapi juga melatih kedisiplinan kita.  

Rest & relax. Tidur dan istirahat secukupnya. Tidak kurang atau lebih. Dalam sehari, beri kesempatan tubuh dan otak kita untuk beristirahat selama 7-8 jam. Kondisi ini juga berguna untuk memaksimalkan kerja pencernaan dalam mengolah makanan dan minuman yang masuk ke tubuh.

Carilah selalu jati dirimu. Kegagalan, kesenangan, kesedihan, mood yang tidak jelas, kejutan-kejutan tak disangka akan selalu mewarnai hari-harimu, dan membentuk dirimu saat ini. Tanamkanlah prinsip bahwa kamu di esok hari harus lebih baik daripada kamu di hari ini. Sehingga kamu nggak pernah berhenti mencari jati dirimu yang sebenarnya. Tetapkan tujuan yang akan dicapai. Buat tujuan realistis yang akan kamu capai dan nikmati bagaimana perjalanan kamu sampai ke sana. Hidup kamu akan jadi lebih berharga karena kamu memiliki sesuatu positif yang ingin kamu perjuangkan.

Enjoy life! Gagal mendapat peringkat 1? Tersisih dari pergaulanmu yang sekarang? Boleh kesal, tapi berikutnya nikmati saja. Cuma kamu yang bisa bilang ‘renungi, pahami, lalu nikmati’ atau ‘menyesali terus-menerus’. Pilihanmu itu ikut menentukan berapa lama kamu hidup, lho!

Berpikir positif. Setiap kejadian pasti memiliki berbagai macam sudut pandang. Dengan berpikir positif kamu akan bisa meneropong dari berbagai macam sudut pandang dan serta-merta mampu membuatmu jadi lebih tenang. Berpikir positif juga ‘vitamin’ bagi hati kita.Ingat lho, berpikir positif bukan berarti kita menolak sisi negatif yang terjadi, namun lebih kepada kita mencoba melapangkan hati, menerima dengan ikhlas–surrender–apa yang telah terjadi dan mengambil inti sarinya. Try to be positive doesn’t mean you’re not a real person.

Bersahabat dengan kegagalan. Kebanyakan orang Jepang akan bunuh diri ketika menghadapi kegagalan maupun saat harga diri mereka tercoreng, tapi kita orang Indonesia tetap ‘berani hidup’ walau segala bencana dan kesusahan menimpa kita. Itu karena kita berusaha menikmati hidup–apapun situasinya. Itu pula kelebihan bangsa kita yang seringkali kita remehkan.

Peduli dengan sekitarmu. Kamu akan capek sendiri kalau apa-apa terlalu terfokus ama diri sendiri. Jadi mulai sekarang, berbagilah kegiatan dengan sekitarmu: keluarga, teman-teman, tetangga, organisasi. Dengan begini sindrom “kesepian di tengah keramaian” bisa kamu minimalisir.

Coba hal baru, tapi tahu batas. Jangan jadi anak alim! Maksudnya di sini, jangan belum-belum kamu merasa ciut untuk melakukan hal-hal baru yang belum tentu sepenuhnya negatif dan malah bisa memperluas wawasanmu akan dunia non-formal maupun non-akademis saja. Clubbing bukan hanya identik dengan tim cheerleaders atau tim-tim ‘gaul’ aja. Perpustakaan bukan hanya tongkrongan kutubuku dan orang katro saja. Coba segala hal di sekeliling kamu, dengan syarat kamu tahu batas; yang positif diteruskan, yang negatif tentu di-stop.

Jangan merokok, mabuk, apalagi ngobat. Merokok bikin paru-paru bolong sampai akhirnya tempat bersarangnya kanker paru-paru. Keseringan minum liquor secara bertahap akan merusak liver. Sedangkan ngobat akan merusak syaraf, otak, sekujur tubuh sampai akhirnya mematikan kamu dalam kurun waktu yang tidak dapat ditebak. Keren melakukan semua itu? Lucunya sampai sekarang saya penasaran ama siapa yang pertama kali berkata demikian :p

Bikin fruit juice. Resepku adalah: pepaya + apel + pear. Cukup 1 gelas sehari dan rasanya manis alami kayak lolipop. Lebih baik mengganjal perut dengan ini daripada dengan junk food.

Dan yang terpenting adalah cintai dan hormati dirimu. What can I say about this? Karena tentunya kalau tidak, kamu nggak akan susah-susah meluangkan waktu membaca tulisanku ini ๐Ÿ˜‰

Intinya, betapa kerennya kita kalau bisa menjadi sehat, bugar, dan berwawasan. Kalau kita gemuk, pasti ada caranya untuk menjadikan tubuh lebih kurus karena kegemukan pun tidak baik bagi kesehatan tubuh. Sedangkan kalau kita kurus, kita bisa mencari jalan (dan jalan itu banyak!) agar berat badan bertambah. Yang kulitnya gelap, tidak perlulah diputih-putih. Dan yang kulitnya putih, jangan terus-terusan ngedumel pengen jadi tan. Tidak masuk universitas negeri, tentunya masih banyak uni swasta yang bagus, kan? Pokoknya syukuri dan nikmati apa yang kalian miliki sekarang.

Indahnya hidup bukan karena banyaknya kesenangan yang terjadi dan keberhasilan yang kita capai, melainkan bagaimana kita memandang, menyikapi, dan merasakan tiap kejadian yang kita alami. Apapun resolusimu tahun depan, semoga itu memberi kamu berkah dan pembelajaran yang berharga.

Happy New Year, sexy beings !

 

PICTURE: STELLA MCCARTNEY FOR ADIDAS AD


Tags: , ,


Leave a Comment

  • (will not be published)

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


6 Responses

  1. zuly

    bagus,,,ok banget sarannya aku jadi terinspirasi dengan artikel anda,,

  2. mbakkk~ keren banget tips-nya! saia jadi mau coba smuanya deh.. hehe~ XDada tips diet yg sehat ngga mbak??

  3. Sitta Karina

    @Amalia & @Listea – Glad you like it.@Iris – I feel the same way too when I was your age. Teen life, the pressure from your surroundings–all are based physical appearance only. Padahal banyak hal lain yang bisa kembangkan dari diri kita. Menjadi sehat & happy adalah salah satunya ๐Ÿ˜‰

  4. Iris

    Mbak Sitta, saya pembaca novel mbak yang dari dulu sudah jatuh cinta dengan novel-novel yang mbak tulis. Saya baru menemukan blog mbak Sitta yang ini, dan sangat inspired dengan tulisan mbak. Apalagi saya salut dengan bahasa yang mbak pakai, yang tidak sekedar sok gaul dan ke inggris2an ๐Ÿ™‚ terlebih isinya, yang menurut saya ‘edukatif’ dan tidak asal tulis.Saya sedang galau sekarang2 ini, tapi tulisan ini membuka mata saya. Masih banyak yang bisa dinikmati dalam hidup daripada hanya sekadar mengerjar gengsi dan awesome-ness.Terima kasih, dan saya menungu postingan mbak berikutnya.

  5. waa…thanks ya buat postingannya,,inspiratif banget, dan bener-bener nyadarin aku buat lebih enjoy dan nikmatin hidup!