7 Kegiatan Musim Hujan yang Seru Bagi Anak


7 Kegiatan Musim Hujan yang Seru Bagi AnakKali ini bermain di dalam rumah, yuk!

Musim hujan yang panjang bisa jadi momen membosankan bagi anak.

Terutama jika kita tidak kreatif dan proaktif mengajak mereka melakukan aktivitas seru yang kali ini terbatas hanya bisa dilakukan di dalam rumah.

Setelah jadi ibu, tambah lagi kegiatan heboh lainnya selain mengurus suami, yakni mengurus anak-anak dan segala perintilan yang berhubungan dengan mereka, termasuk hunting baju branded anak murah (let’s giggle over the jargon!) dan pastinya, beli mainan.

Memasuki musim hujan seperti saat ini, mainan pasti akan menjadi penolong nomor satu saat kita dan para krucils nggak bisa bermain di luar.

Tapi, benarkah demikian?

Atau ada kegiatan musim hujan yang lebih seru lagi bagi anak-anak?

Bermain = Asah Kreativitas

Beberapa hari yang lalu saya baru membaca artikel bagus, Does Your Child Have a Million Toys and Still is Bored? dan mendapatkan banyak tips bagus untuk mengatasi rasa bosan anak di rumah saat kreativitas mereka semakin bertambah.

Baca juga: Ingin Anak Kreatif? Tumbuhkan dengan 4 Cara Ini

Saya mengingat-ingat, apa saja ya kegiatan seru kami saat di luar sedang hujan deras  selain movie marathon (paling banyak hanya 2 film).

Ternyata, inilah kegiatan yang paling sering dilakukan:

1. Membuat origami

Ajak anak terlibat langsung berkreasi saat proses kreatifnya. Biarkan ia coba melipat kertas origami dengan usahanya sendiri. Lihat petunjuk pembuatan berbagai kreasi origami lucu di internet.

2. Melakukan art project berseri

Mulai dari memilih tema proyek, misalnya membuat gedung dari kardus beserta tempat parkirnya. Lalu, dilanjutkan dengan aktivitas mewarnai, menggunting, dan menempel. Kegiatan ini ternyata cukup memakan waktu—dan menyita perhatian mereka!

3. Role play membuka restoran

Ada yang menjadi pelayan, koki, dan pengunjung, lengkap menggunakan perkakas yang ada di dapur. Ternyata, kegiatan role play seperti ini banyak manfaatnya bagi anak.

4. Bermain petak umpet di dalam rumah

Sebelum mulai bermain, pastikan area-area yang tidak boleh dimasuki anak sudah lebih dulu dikunci, ya.

5. Membuat cemilan bersama-sama

Salah satu yang menjadi favorit kami adalah mengolesi selai stroberi di atas crackers tawar, mengupas dan memotong buah-buahan dengan pisau tumpul lalu memberi taburan meses di atasnya. So yummy!

6. Bermain rumah hantu dengan selimut dan bedcover 

Suasana makin seru dan mencekam dengan latar cuaca di luar yang gelap dan penuh kilatan petir. Ingin mencari inspirasi aktivitas lain saat musim hujan? Bisa lihat daftarnya di sini.

7. Main hujan-hujanan

Inilah pilihan favorit mereka! Saat hujan turun deras dan tidak ada petir, biasanya saya memperbolehkan mereka bermain air sepuasnya, tanpa jas hujan sama sekali! Setelah itu, tentunya mereka mandi air hangat dan sering kali dilanjutkan dengan menyeruput hot chocolate sambil minta dibacakan dongeng.

Lantas bagaimana dengan mainannya?

Tetap akan mereka cari saat semua kegiatan musim hujan yang seru-seru itu sudah dicoba semuanya.

Jadi, saya tak pernah bosan browse berbagai mainan seru yang dapat dimainkan bersama.

Kebetulan saat ini, Harsya dan Nara kepingin ada boneka singa untuk dinaikkan di atas dump truck mereka dan ini ada di promo #Mommies’BestChoices!

Membeli mainan untuk anak tidak boleh sembarangan. Sebaiknya  kita memastikan lebih dulu material dan zat kimia yang terkandung di dalam produk mainan tersebut aman, serta mainan sudah melewati proses pengendalian mutu yang optimal.

Intinya, mainan tidak harus mahal, namun produknya terjamin ketika sampai ke tangan konsumen.

Mengingat kualitas merupakan prioritas utama, inilah yang bikin saya lebih tenang saat membeli mainan di Blibli.

Mainan oke, aktivitas oke… momen musim hujan pun tetap dilewati dengan hati senang! 🙂

Apa saja kegiatanmu dengan si kecil saat cuaca sedang tidak bersahabat?

 

logo blibliArtikel ini merupakan partnership dengan blibli.com, namun opini di dalamnya berasal dari redaksi Anything Sitta Karina.

*) Feature image: Sitta Karina



Leave a Comment

  • (will not be published)


2 Responses