Kuliah Sambil Kerja, Ini Profesi yang Bisa Dicoba


blog sittakarina - kuliah sambil kerja ini profesi yang bisa dicobaKuliah sambil kerja ternyata seru dan bermanfaat.

Masa belajar saat kuliah berbeda dengan jenjang pendidikan sebelumnya.

Saat SMA, pengajaran mata pelajaran tiap hari selalu berurutan, tanpa jeda. Sedangkan, ketika kuliah, kita memiliki waktu jeda yang kadang cukup lama antara mata kuliah satu dengan yang lainnya.

Nah, hal kayak begini sering kali bikin mahasiswa super bosan!

Padahal, bosan atau tidaknya kita sebenarnya tergantung cara kita memanfaatkan waktu.

Kurang kerjaan? Ya bikin kerjaan, dong¬†ūüėĄ

Tapi bingung, mau mulai dari mana.

Bagi kalian yang mau memanfaatkan waktu luang dengan kuliah sambil kerja, atau ingin mendapatkan uang saku lebih, sederet profesi di bawah ini bisa jadi pilihan:

Social media influencer
Ini merupakan salah satu profesi content creator favorit saat kuliah sambil kerja di era booming media sosial. Jika kamu rajin mengelola akun medsos populer seperti Instagram, Twitter, Youtube dan Facebook, biasanya brand akan tertarik untuk merekrutmu dalam kampanye iklan online mereka. Biasanya kerja sama tersebut mengikat dalam periode waktu tertentu dan pekerjaannya bisa dilakukan di mana saja. Tentu saja bayarannya cukup OK, jika kita mau mencoba nego sebelumnya.

Investor saham
Menjadi investor, trader,nabung saham maupun sesekali , profesi ini sangat mungkin dilakukan bagi mereka yang kuliah sambil kerja. Ilmu dasar Ekonomi sudah cukup mumpuni, berita-berita pasar modal mudah diakses via internet, ditambah ada waktu luang antar mata kuliah yang memungkinkan kita melakukan analisa sebelum bertransaksi jual-beli saham maupun reksa dana. Cukup dengan KTP untuk membuka rekening efek pertama kalinya. Lihat caranya di sini.

Tutor
Tutor atau guru les bisa menjadi pilihan jika kita memiliki minat dalam bidang pendidikan, namun belum bisa mengajar full time. Menjadi tutor pun bisa untuk les privat maupun bergabung dengan komunitas-komunitas bimbel (bimbingan belajar). Dengan semakin tingginya tantangan pendidikan di era modern, peran tutor nggak hanya dibutuhkan untuk bimbel mengincar perguruan tinggi terbaik, melainkan untuk mengajar anak-anak di usia pra-SD!

Baca juga: Serba-Serbi Mencari Pekerjaan untuk Hidup Mapan

Intern
Jadi intern atau anak magang sendiri ternyata memiliki segudang manfaat.

Selain bisa menambah wawasan dan pengalaman di bidang pekerjaan yang digeluti, program ini bisa menjadi batu loncatan dalam karier kita.

Semua itu kerap menjadi pelajaran berharga untuk menggantikan gaji, karena sering kali anak magang hanya mendapatkan allowance (uang transportasi) dan tidak digaji sama sekali.

Pemilik toko online
Membuka toko online bisa diupayakan dari berbagai pilihan platform. Melalui Instagram, bisa. Bergabung di market place seperti Tokopedia, Shopee, dan lainnya juga tak kalah menarik. Apa pun itu, penting untuk mampu melihat tren pasar dan perkembangannya ke depan. Jangan sekadar bertahan, tapi kembangkan online shop milikmu dengan strategi ini.

Blogger
Blogger juga termasuk seorang content creator. Jika kita rajin memperbarui blog dengan artikel-artikel menarik dan sesuai isu terkini, lama-lama blog ini akan tumbuh cemerlang. Tentu saja jenis blog seperti ini akan menjadi daya tarik bagi brand yang ingin produknya ditampilkan di blog kita. Selain itu, brand pun akan rajin mengundang kita pada acara-acara mereka, seperti peluncuran produk maupun kampanye iklan terbaru. Apakah ada fee untuk kerjaan ini? Tentu, dong!

blog sittakarina - kuliah sambil kerja ini profesi yang bisa dicoba 2Foto: @nikewomen

Barista
Dengan menjamurnya kafe dan coffee shop, permintaan akan profesi barista pun meningkat. Jenis pekerjaan shift ini cocok bagi mereka yang jadwal kuliahnya tidak terlalu padat. Keahlian apa saja yang diperlukan untuk menjadi barista andal? Yang pasti, kita mesti terampil menyeduh kopi, cekatan saat melayani pelanggan, dan sedikit-banyak paham dunia perkopian

Social media manager
Pekerjaan utama si social media manager atau social media assistant tak lain mengatur kampanye marketing sehari-hari di medsos, termasuk merencanakan topik-topik konten yang relevan agar target brand tercapai. Serunya, mereka yang sudah terbiasa menjadi social media influencer sering kali merangkap profesi ini karena sudah jadi kepercayaan klien.

Relawan acara besar
Menjadi relawan atau sebutan kekiniannya, volunteer, ternyata banyak banget manfaatnya. Acara-acara besar yang biasanya membutuhkan volunteer adalah yang sekelas Java Jazz Festival sampai Asian Games. Beberapa relawan acara besar memang tidak dibayar, namun mereka mendapatkan pengalaman berharga seperti yang dituturkan Anang Filya.

Penulis
Area pekerjaan untuk profesi ini ternyata luas, lho. Kita bisa menjadi penulis novel, cerpenis, penulis artikel, maupun kolumnis media massa. Tinggal pilih sesuai minat dan keterampilan diri yang paling menonjol dan latih terus tiap hari agar mampu menulis lebih produktif lagi.

Fitness trainer
Meningkatnya kesadaran akan hidup sehat menjadikan pusat-pusat kebugaran menjamur. Kebutuhan akan instruktur dan pelatih fitness pun bertambah. Dengan mengambil sertifikasi resmi pelatih kebugaran, kredibilitas kita sebagai fitness trainer pun akan kian mengkilap. Berminat jadi pelatih Pilates, Zumba, atau Bbarreless?

Sales associate
Di Indonesia, profesi ini lebih umum dikenal sebagai pramuniaga atau sales promotion girl (SPG). Mereka adalah staf yang menjual produk dan melayani pembeli di toko. Pengetahuan akan produk dan attitude baik dari seorang SA andal tentunya bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap toko tempat ia bekerja. Selain itu, SA yang baik pasti memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Sesuatu yang kerap diremehkan selama ini.

Pengemudi transportasi online
Bermodalkan KTP, SIM, dan kendaraan bermotor, kita bisa mengisi waktu luang selama kuliah dengan “narik”. Mahasiswa yang mendapatkan¬†privilege¬†kendaraan dari orang tua bisa memanfaatkan ini daripada uang saku habis untuk “dandanin” gonta-ganti velg dan aksesoris.

Banyak yang bisa diupayakan ketika kita menjalani kuliah sambil kerja.

Menikmati waktu luang tersebut tentu boleh. Asal, jangan kelamaan menganggur dan malah tergoda mengerjakan hal-hal yang menjurus negatif akibat ingin mengusir rasa bosan.

Isi waktu luang pada masa kuliah dengan kegiatan-kegiatan yang mampu mengembangkan diri jadi lebih matang, serta mempersiapkan diri memasuki dunia profesional setelah lulus nanti.

Untuk mencapai tujuan ini, cara dan pendekatan yang dilakukan tiap orang tentu berbeda. Oleh karena itu, jangan ragu untuk cari kegiatan positif plus bermanfaat versimu sendiri.

Yuk, tambahkan lagi apa saja profesi yang memungkinkan dilakoni mahasiswa pada kolom komentar¬†ūüėČ

 

*) Feature image: @aristotelian


Tags:


Leave a Comment

  • (will not be published)

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>