‘Mayo Clinic’ way of living


Fn7_mayopyramid

Saat sedang tidak menulis atau bermain bersama anak-anak, saya paling suka membaca “online tabloid” seperti Pop Sugar maupun HELLO!. Dan salah satu isu seru yang terjadi di dunia selebriti dunia adalah bagaimana cepatnya Kate Middleton dan Gisele Bündchen menjadi ramping (baca: skinny) melalui diet dan olahraga.

 

Setelah ditelusuri, ternyata mereka menerapkan Dukan Diet yang terkenal dan kontroversial. Dengan begitu berat badan dapat turun cepat dan prosesnya pun relatif instan.

 

Dan saya tipikal yang takut dengan segala hal yang berbau instan (dan sekarang mencoba mengurangi, perlahan tapi pasti, konsumsi benda-benda instan dalam hidup!).

 

Atkins Diet, South Beach Diet, bahkan sampai Blood Type Diet, menurut saya belum bisa menjawab kebutuhan saya untuk “living continuous healthy life and habits”. Sebagian besar diet tersebut juga hanya fokus pada penurunan berat badan saja. Padahal jenis diet yang saya cari adalah pengaturan pola makan yang sehat dan masuk akal. Turun berat badan secara wajar adalah bonus yang didapat seiring dengan penerapan kebiasaan hidup baru yang lebih sehat.

 

What shocked me more though is that (according to @DennySantoso) a quick weight loss can lead to stroke! Nah, untungnya dokternya Harsya dan Nara di Kemang Medical Care, Dr. Purnamawati S. Pujiarto Sp. A (K) MMPed, memperkenalkan saya pada MayoClinic.com, organisasi nirlaba tentang praktik dan riset medis asal Amerika yang pendekatannya ke arah hidup sehat tidak ekstrim dan balanced.

 

Lebih detail lagi, saya kini berpedoman pada “Mayo Clinic Healthy Weight Pyramid” (lihat gambar di atas). Mulai deh ngosongin cemilan instan dari fridge, serta menggantinya dengan buah, preferably yang saya suka dulu (apel, pisang, pir, dan kiwi), dan secara bertahap mencoba lebih banyak lagi munching sayur dan buah-buahan.

 

Selain pola makan sehat, yang tak kalah penting dari gaya hidup Mayo Clinic Diet ini adalah daily physical activity. Sudah banyak berita dan artikel-artikel jurnal kesehatan berseliweran di internet bahwa terlalu lama duduk berdampak buruk bagi kesehatan (bahkan ibu hamil saja nggak boleh terlalu banyak duduk selama masa kehamilannya kalau ingin proses melahirkannya lancar). Ini menunjukkan pentingnya bergerak aktif setiap hari.

 

Lihat anak-anak. Harsya adalah salah satu sumber inspirasi saya. Ia makan cukup dan tidur 12 jam tiap harinya tapi tidak pernah gendut. Semua itu karena ia selalu bergerak aktif dan nyaris tidak bisa duduk tenang (bahkan saat sedang nonton Toy Story 3 atau Bob the Builder). Bagi orang dewasa, bergerak aktif bisa dilakukan dengan dua cara: pertama, olahraga. Kedua, melakukan kegiatan rumah tangga (yang selama ini biasanya dilakukan asisten rumah tangga).

 

Sedihnya, ketika mulai mengonsumsi raw and fresh food, saya seringkali susah menelannya. Terutama brokoli. Pasti harus ada melted cheese dip atau Thousand Island dressing. Ini membuat saya sadar bahwa selama ini saya benar-benar sudah disandera oleh rasa makanan yang “terlalu” enak (baca: banyak memakai tambahan penyedap artifisial). Setelah berhasil berhenti merokok dan minum liquor, saya percaya hal ini dapat dilakukan juga.

 

Being healthy is not the latest ‘it’ trend, it’s something you can do if you love your body and your life. And the Mayo Clinic Diet is a different approach to weight loss. It’s a lifestyle that can help you maintain a healthy weight for a lifetime! Memiliki ibu yang mengidap Diabetes tipe II dan ayah yang meninggal karena kanker paru-paru adalah alasan yang cukup bagi saya untuk memulai kebiasaan baik ini sekarang juga 🙂

 

 

PICTURE: MAYOCLINIC.COM

 


Tags: ,


Leave a Comment

  • (will not be published)

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


One Response

  1. The Jee Idea -

    Betul Rie, aku juga selalu takut sama yg judulnya "instant" krn menurutku di dunia ini semua perlu proses dan tidak ada yg instan. Makanya kawan2 yg ikutan diet "kurus instant" pasti langsung kuomeli. Kalau mau langsing ya olahraga  Thanks for the tips, love it!