Memulai Hari dengan Happy? Bisa!


blog sittakarina - memulai hari dengan happy

Memulai hari dengan happy dimulai dari diri kita sendiri. Dulu saya nggak percaya dengan ini.

Pagi kembali membuka hari. Atau, bisa dibilang, pagi pertanda waktu mengulang rutinitas kita yang sama dari hari ke hari. Bukan hanya mata dan tubuh yang terasa berat, tapi juga semangat dan pikiran. Yang sudah terbayang di kepala: hari ini pasti sama deh kayak kemarin… apa lagi nih kejadian ajaib nanti siang… paling mentok-mentoknya bakal jadi boring juga… Yakin banget deh pagi ini Bintaro – PI ‘parkir’ lagi apalagi sekarang hujan. Intinya, semua yang kita bayangkan tentang awal hari (terutama hari Senin) ibarat neraka!

Nah, capek kan tiap hari bangun pagi kayak gitu, ngejalanin hidup kayak gitu? Kalau saya sih capek abis dan akhirnya berniat banget untuk mengubahnya. Oke, berikut ini tahapan-tahapan yang pernah saya lakukan demi bisa dapetin nggak cuma “Happy Monday”, tapi juga happy weeks :

Cara 1: “Apa aja ya yang bakal bikin gue seneng hari ini?”
Pasti ada dong! Saya selalu mencari-cari hal ini demi bangkitkan semangat. Yang susah adalah ketika kita yakin banget hal yang menyenangkan itu bakal terjadi dan kenyataannya nggak, kecewanya menjadi-jadi banget. Akhirnya saya mengingatkan diri untuk ‘manage your expectation, dear’.

Cara 2: Ciptakan conversation yang nyaman dan positif dengan orang rumah
Yang bilang semua itu dimulai dari rumah tuh bener banget! Pagi-pagi udah BT di rumah, pasti sisa hari jadi menjengkelkan. Jadi usahakan untuk hindari debat di pagi hari yang so pasti makan energi banyak.

Cara 3: Eat up your hearty breakfast!
Sarapan itu hukumnya wajib banget dilakukan lho. Efek pertama yang kerasa setelah sarapan sehat di pagi hari adalah kita jadi nggak mudah cranky. Terutama kalau sarapan tersebut didominasi sayuran dan buah segar. Sudah nyoba sendiri hal ini dan puas banget dengan hasilnya 😀

Cara 4: Selalu ingat bahwa “everyone has problems, so you’re not the only one.”
Jadi….. jangan merasa hanya kita yang menjalani hari-hari berat ini. Tapi, pilihan kita untuk menjadikan hari ini berat atau tidak.

Cara 5: Nggak ikutin keinginan buat galau
To be honest, I already hate the term from the first time I heard it. Galau itu mengikis semangat dan asa, dan bikin segala sesuatu jadi berlarut-larut. Galau mesti dilawan, bukan diikutin.

Cara 6: Siapin playlist favorit
Tau ‘kan kalau musik itu adalah all-time favorite mood booster ?

Cara 7: Jangan kebanyakan nonton berita yang muatannya negatif
Kalau kita melakukannya, tanpa disadari kita sudah menanamkan memori dan rasa yang negatif pada alam bawah sadar kita. Yuk, alihkan ke hal-hal yang indah dan inspiring saja.

Cara 8: Akhirnya saya sadar, “If you change your mindset, you change your world.”
Ternyata hidup sadar dan ikhlas itu esensial sekali! Ya, hidup sadar di mana kita menjadi sosok  yang memaksimalkan panca indra, berpikir, punya visi dan tujuan yang jelas, serta tidak hanya “ikut arus” saja. Kita bukan orang yang auto-pilot, bukan juga zombi. Lalu tentang ikhlas… aah, this one is my bloody fave topic (saking susah menerapkannya 😁). Ikhlas itu bukan cuma soal rasa di hati, tapi juga bagaimana kita mengolah informasi di otak dan mengajak hati ikut merasakannya. Ikhlas bukan cuma soal sikap baik di luarnya, tapi di dalamnya kita malah mangkel dan misuh-misuh. Ikhlas terjadi karena setelah kita mencoba berkali-kali, dengan sungguh-sungguh, hasil akhirnya (apa pun itu) merupakan hal yang terbaik karena kita tahu itu usaha terbaik kita. Ikhlas berarti kita melihat dari banyak sisi dan mampu memahaminya. If positive thinking is so damn difficult, try possible thinking. Ketika kita mampu mengubah sudut pandang dan pola pikir kita terhadap sesuatu, terhadap dunia, ajaib deh.. dunia di sekitar kita pun ikut berubah. Kita seakan terlahir kembali, tanpa beban seperti sebelumnya 🙂

Jadi, bisa ya memulai hari ini dengan happy? Ooh.. sudah coba dan gagal lagi? Keep trying. Keep moving forward. Semoga suatu saat kamu bisa merengkuh si happiness ini dimulai dengan membuka harimu yang happy.

*) Feature image via @neslihanatagul


Tags:


Leave a Comment

  • (will not be published)

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>