Skin Aging No More! Ini Dia 7 Cara Mencegahnya


blog.sittakarina.com_skin-aging-no-more

Penuaan dini atau Skin aging?
Sinar matahari itu berbahaya?
Produk perawatan kulit yang bagus pasti mahal?

Sebagai perempuan super-sibuk pastinya kita sudah pernah dengar semua isu di atas. Sayangnya seringkali informasi yang sampai ke telinga cuma setengah-setengah. Akibatnya usaha merawat kulit dan mencegah skin aging pun nggak maksimal; kulit jadi kering dan bahkan bisa bersisik. Ini saya rasakan banget karena sehari-hari sering olahraga outdoor, terutama lari, renang, dan… main sepak bola bareng Harsya dan Nara (yang sekarang bosen kalau main bola di dalam rumah!).

Nah, setelah coba segala cara (tau dong cewek kalau udah urusan kulit pasti langsung chitchat + cari info ke sana-sini), akhirnya saya bisa merumuskan langkah-langkah untuk mencegah—atau setidaknya, memperlambat—skin aging:

1. Cukup tidur pada malam hari
Tidak beristirahat di saat tubuh seharusnya istirahat nggak hanya bikin daya tahan drop, tapi juga kulit berangsur kusam. Disastrous!

2. Perbanyak makan sayuran dan buah
Pernah dengar “beauty comes from within”? Hmm, merasa quote itu ada benarnya, lho. Agar kulit nampak sehat dan fresh, berarti kita harus konsumsi makanan yang membuat organ di dalam tubuh juga terpelihara dengan baik.

blog.sittakarina.com_marina total care

3. Kurangi asupan gula
Awalnya kaget juga waktu tahu konsumsi gula berlebih bikin kulit cepat keriput. Ya, musuh utama skin aging ternyata gula! Tapi, setelah menyadari pentingnya hal satu ini, perlahan saya pun mengurangi ‘standar kemanisan’ kopi yang biasa diminum serta mengganti cookies dengan crackers tawar sebagai cemilan. Lagi kepingin yang manis-manis? Ternyata bisa didapat dari apel maupun semangka 😉

4. Paparan sinar matahari langsung? Jangan lebih dari 10 menit
Jangan buru-buru menganggap sinar matahari itu 100% buruk. Tubuh dan kulit juga butuh, terutama sinar mentari pagi yang kaya akan vitamin D. Ibarat tanaman yang kurang sinar matahari jadi layu dan akhirnya mati, hal yang sama sebenarnya terjadi pada tubuh kita. Yang penting adalah menjaga durasi sun exposure agar tidak terlalu lama. Karena kalau kelamaan tentunya akan mempercepat proses skin aging.

5. Kendalikan stres
Stres atau perasaan tertekan dalam kurun waktu lama ternyata bikin tubuh mengeluarkan Melanocyte-stimulating hormone, yaitu hormon yang akan berperan memberikan warna kehitaman pada kulit. Sekarang jadi paham kenapa orang yang terlalu banyak mikir jadi terlihat lebih tua.

6. Olahraga teratur
Ada teman saya mengeluh karena ia sudah banyak minum air putih (ini juga salah satu resep kulit sehat!) tapi kulitnya tetap terasa kering. Setelah ditelusuri lagi ternyata gaya hidupnya yang nggak sehat; doyan makan junk food dan jarang olahraga. Dia juga cerita ‘omelan’ dokternya yang bilang bahwa dengan rutin berolahraga maka aliran darah ke seluruh lebih lancar dan bikin sel-sel kulit lebih sehat.

7. Rutin memakai pelembab
Setelah merawat dari dalam, jangan lupa sekarang dari luarnya yaitu dengan rajin mengoleskan moisturizer. Belakangan lihat Marina Total Care Youthful Hand & Body Lotion dan penasaran dengan kandungan pomegranate alias buah delima (biasanya ini hanya ada dalam produk skincare mahal) yang kaya akan antioksidan dan berguna untuk regenerasi sel-sel kulit. Proses regenerasi sel kulit yang terlambat ini yang ternyata bikin penuaan dini. Selain itu di dalamnya juga terkandung multi vitamin B3, B5, E dan sun screenwhoa, all in one package! Yang kayak begini nih yang bisa jadi solusi dalam segala kondisi lingkungan; mau itu di ruangan ber-AC atau tempat terbuka yang penuh polusi 🙂

*) Featured image via ohsuzeq


Tags: , ,


Leave a Comment

  • (will not be published)

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>