4 Cara Membuat Blog Sederhana Bagi Mereka yang Sibuk


Blog Sittakarina - Cara Membuat Blog Sederhana Bagi Mereka yang SibukBikin blog ternyata semudah ini.

Memiliki blog kini ibarat keharusan bagi mereka yang aktif berkecimpung di dunia online.

Maka itu, bisa dikatakan hampir semua orang yang memiliki akses internet sebaiknya mulai mempertimbangkan membuat akun blog sendiri, apa pun profesinya.

Blog bisa menjadi sarana mengekspresikan gagasan, memajang portofolio, maupun mendongkrak penjualan dari toko online milikmu.

Oleh karena itu, siapa pun bisa menjadi blogger. Mulai dari pelajar, dokter, sampai model kayak Sweat the Style-nya Adrianne Ho yang keren!

Lagipula, banyak hal yang disampaikan dalam bentuk tulisan di era digital seperti sekarang. Dengan membiasakan ngeblog, kemampuan menulis pun akan berkembang dengan baik.

Nah, masalah adalah bagaimana cara membuat blog yang mudah dan sederhana di saat kita sangat sibuk?

Karena masih baru, inginnya sih nggak harus langsung bayar. Pengen coba dulu yang gratisan sambil membiasakan diri dengan fitur-fitur di dalamnya. Setelah itu, coba bikin beberapa artikel blog secara rutin tiap seminggu atau dua minggu. Intinya, kamu mau coba dulu tanpa ribet.

Ternyata sebagian platform blog memang menyediakan layanan gratis!

Lebih lanjut pada post ini, saya akan membahas tentang platform blog gratis pilihan saya, yakni WordPress (WP),  termasuk kenapa saya memilih ini. Karena, ketika pertama kali memiliki blog, saya pun langsung jatuh hati dengan WP!

Baca juga: 50 Ide Kreatif untuk Menulis Blog

Tentunya sebelum memulai, kita sudah mesti tahu apa niche atau topik utama yang menjadi bahasan blog kita. Ini bisa tentang lifestyle, teknologi, fesyen, parenting, sastra, maupun gabungan dari beberapa topik.

Setelah itu, langsung terapkan cara membuat blog sederhana yang singkat dengan langkah-langkah berikut:

 

1. Gunakan WordPress sebagai platform blog

Langsung masuk ke halaman WordPress (bisa diakses lewat hp juga), klik “Mulai”, dan ikuti langkah selanjutnya.

Pastikan kita sudah memiliki alamat email lebih dulu.

Bagi kamu yang bingung kenapa pilihan saya jatuh pada WordPress—kenapa bukan Joomla, Medium, Tumblr, atau bahkan Blogger yang merupakan bagian dari Google?

Karena WP merupakan platform yang mudah dioperasikan, baik oleh blogger pemula maupun yang sudah mahir.

WordPress termasuk blog dengan sistem manajemen konten (CMS) paling oke.

Artinya, kita tinggal menulis dan menerbitkan konten saja. Tidak perlu pusing memikirkan hal-hal teknis, termasuk bahasa pemrograman (coding) yang njelimet, karena semua sudah dikelola oleh WordPress.

Selain itu, membuat konten yang SEO-friendly pun mudah di WordPress. Plugin dan tema di platform ini terbilang lengkap. Bahkan, banyak yang bisa didapatkan secara gratis.

 

2. Pilih layanan gratis di WordPress
Blog Sittakarina - Cara Membuat Blog Sederhana Bagi Mereka yang Sibuk 0

Sebagai permulaan, kita bisa memilih layanan domain gratis di WordPress. Karena tidak berbayar, subdomain yang digunakan pun tetap harus menggunakan wordpress.com.

Contohnya adalah akun WordPress ini yang memiliki domain ceritalifestyle.wordpress.com.

Blog Sittakarina - Cara Membuat Blog Sederhana Bagi Mereka yang Sibuk 1

Pastikan juga kita memilih paket hosting WP yang tidak dipungut biaya. Bagi kamu yang baru mulai ngeblog, layanan hosting gratis ini terbilang lengkap. Tapi, mesti diingat bahwa pilihan ini hanya cocok buat blog pribadi saja.

 

3. Jangan lupa konfirmasi alamat email
Blog Sittakarina - Cara Membuat Blog Sederhana Bagi Mereka yang Sibuk 2

Hore! Akhirnya akun dan situs WordPress kita rampung.

Agar semua fitur dapat dijalankan, jangan lupa melakukan konfirmasi alamat email yang sebelumnya kita daftarkan sesegera mungkin.

Mudah dan cepat banget prosesnya ‘kan 😄

 

4. Ganti tema blog sesuka hatimu
Blog Sittakarina - Cara Membuat Blog Sederhana Bagi Mereka yang Sibuk 3

Setelah alamat email dikonfirmasi, hal pertama yang saya lakukan adalah mengganti tema WP di atas sesuai preferensi saya. Caranya, tinggal memilih tema di dasbor sebelah kiri. Seperti biasa, tema tersebut ada yang free, ada juga yang berbayar.

Tips untuk memilih tema WordPress yang tepat adalah dengan memadu-padan niche blog dan karakter dirimu yang paling menonjol.

Jika mengusung tema lifestyle dan karakter dirimu adalah simpel/tidak ribet, kamu bisa memilih tema yang bernuansa minimalis.

Banyak orang bertanya, bisa nggak sih blog kita gratis dan menghasilkan uang?

Bisa!

Cara yang paling umum digunakan adalah affiliate marketing, yaitu memasukkan link produk tertentu pada artikel blog kita dengan harapan pengunjung melakukan klik. Kita akan mendapatkan komisi dari tiap klik tersebut.

Yang paling penting setelah blog dibuat adalah rajin menerbitkan artikel yang bagus.

Sudah mulai membuat blog?

Jika sudah, topik apa yang paling kamu sukai?

 

*) Feature image: Georgia de Lotz via unsplash.com



Leave a Comment

  • (will not be published)