4 Cara OK Atur Keuangan yang Bikin Kita Kaya


blog sittakarina - 4 Cara OK Atur Keuangan yang Bikin Kita KayaBank yang bisa ikut ke mana aja kita pergi? Mau banget!

And no, this is not a joke!

Saya mendapatkan kesan itu saat mendengar kasak-kusuk tentang Jenius, bank digital yang lagi hip, bahkan sebelum luncheon hari itu dimulai.

Awalnya, saya agak skeptis dengan layanan yang mereka sajikan. Paling sejenis mobile banking atau digital wallet yang selama ini sudah dipopulerkan oleh beberapa bank besar lainnya.

Tapi, pandangan itu berubah saat registrasi dan cetak kartu oranye seperti foto di atas (with my name on it!) yang hanya berlangsung 10 menit.

Jenius adalah perpaduan bank dan aplikasi pengatur keuangan. Penggunaannya nyaman dan serba praktis.

Selain di semua cabang BTPN dan mall-mall hits, proses pembukaan rekening ini bisa dilakukan di mana pun selama ada KTP, NPWP, koneksi internet, dan ponsel buat selfie. Nggak ada biaya registrasi maupun saldo minimum untuk pembuatan rekeningnya.

Plus, kita bahkan bisa request untuk didatangi petugas Jenius lho pas mau aktivasi akun/rekening kita tersebut. Proses Know Your Customer on demand ini Jenius oke banget. Nyaman buat orang yang malas antre di bank kayak saya 💅

I simply love the luncheon; it’s small and private and highly informative.

Hiburannya? Atraksi sulap Yoko yang seru dan menghibur. Bikin bertanya-tanya bagaimana ia bisa mengubah seluruh kartu kredit yang dibakar di atas tatakan menjadi koleksi kartu Jenius. Pengen ceritain triknya ke Harsya dan Nara yang lagi doyan sulap!

blog sittakarina - 3 Cara OK Atur Keuangan yang Bikin Kita Kaya 2

Dari obrolan selama makan siang ini, saya jadi paham bahwa kita tuh sering banget kedodoran dalam mengatur keuangan pribadi, apalagi keluarga.

Jangankan menabung atau berinvestasi, bisa mempertahankan saldo rekening tidak sampai nol sampai akhir bulan aja udah prestasi banget! Uang sering melayang buat hangout, liburan, dan beli perlengkapan olahraga yang selalu ada update terbaru kurang dari 3 bulan.

Gara-gara ini, saya pun teringat  solusi keuangan yang pernah saya terapkan di usia 25, saat baru saja menikah. Ketika itu, saya dan suami sepakat bahwa kita nggak bisa cuma mikirin kebutuhan hari ini, bulan ini, atau bahkan tahun ini aja.

Gaji sebulan nggak boleh cuma dihabiskan buat lifestyle, melainkan harus diberdayakan agar bisa menambah aset.  

Dengan begitu, ta-da! bisa dong nggak cuma survive tiap bulan, tapi jadi kaya secara bertahap.

Jadi, ini 4 langkah yang saya lakukan untuk mencapai tujuan tersebut:

1. Terapkan 70:20:10
Artinya, coba deh alokasikan keuangan dengan perbandingan 70% untuk kebutuhan sehari-hari dan cicilan, 20% untuk investasi saham dan reksadana, serta 10% untuk impian jangka pendek yang ingin dicapai. Eh, khusus untuk yang terakhir ini, saya merasa terbantu banget dengan Dream Saver yang memungkinkan saya nyicil buat liburan sekeluarga snorkeling dan main bareng baby hiu di Takabonerate!

Baca juga: Cara Investasi Reksa dana mulai dari Rp100.000

2. Langsung pisahkan porsi investasi setelah gajian
Setelah tahu porsi masing-masing, langsung investasikan uangmu yang masih fresh abis gajian dalam reksadana maupun saham. Jangan tunggu yang tersisa pada akhir bulan ya. Lalu, kenapa pilihan saya jatuh pada dua instrumen tersebut? Karena belinya bisa “ngeteng”, alias dalam jumlah sedikit! Tidak seperti properti yang butuh modal amat besar.  Dengan disiplin melakukan ini, pundi-pundi aset kita pun akan bertambah dari tahun ke tahun.

blog sittakarina - 3 Cara OK Atur Keuangan yang Bikin Kita Kaya 3

3. Ubah money habit sederhana namun berdampak besar
Biasa mampir ke coffee shop untuk beli kopi sebelum beraktivitas? Sekarang coba bikin sendiri di rumah dengan resep simpel ini. Atau, masak sendiri lunch diet mayo-mu dengan melihat resep yang bertebaran di internet daripada langganan catering khusus diet ini yang harganya selangit. Perubahan-perubahan kecil ini mungkin tidak berarti jika dihitung secara terpisah. Tapi, coba deh gabung berapa banyak jumlah pengeluaran yang bisa kita hemat selama ini. Ternyata hasilnya cukup besar!

4. Atur budgeting dengan Jenius x-Card
Nah, ini yang paling krusial! Uang yang tersisa buat hidup—si 70% ini—harus diatur sebaik mungkin ‘kan agar kita bisa… well, hidup sampai waktu gajian berikutnya. Dengan Jenius, saya jadi bisa membuka rekening, membayar tagihan-tagihan, mengatur transaksi, tabungan, dan kartu debit langsung dari smartphone. Nggak kebablasan lagi dalam mengatur keuangan kayak dulu. Untuk pos pengeluaran khusus seperti ngopi-ngopi cantik bersama sahabat, uang bulanan untuk Ibu, serta play date bareng temannya anak-anak, saya pun membuat 3 x-Card sekaligus yang bikin lebih leluasa dalam mengatur budgeting. Dengan x-Card, saya jadi bisa menambah dan mengurangi saldo pada tiap kartu, mengatur limit belanja maupun penarikan tunai ATM, sampai block/unblock kartu langsung dari rekening Jenius saya di ponsel! Salah satu kartu x-Card tersebut tentunya buat Ibu biar mudah top up uang bulanan beliau 🙌

Download aplikasi Jenius dan langsung buka rekeningnya. It’s free! Rasakan sendiri bagaimana nyamannya mengatur keuangan sesimpel ngeklik—dan selfie—di ponsel. Jangan lupa bagi pengalamannya di sini ya. Atau, bisa juga ceritakan solusi keuangan versimu yang secara signifikan bikin kamu jadi lebih kaya dan berdaya 😉

 

Artikel ini merupakan partnership dengan Jenius, namun opini di dalamnya berasal dari redaksi Anything Sitta Karina.

*) Feature image: Sitta Karina



Leave a Comment

  • (will not be published)


11 Responses

  1. Mba bedanya x-card sama kartu yg orange itu apa ya?. Sama cara bikin yg x-card gimana? Saya baru punya yg orange

    Reply
  2. Saya juga pakai layanan ini dan memang ok banget sih so far Mbak Sitta. Hihihi. Recommended buat ngatur duit!

    Reply