5 Cara Agar Produktif dalam Kehidupan Sehari-hari


Blog Sitta Karina - 5 Langkah Jadi Lebih Produktif dalam Kehidupan Sehari-hariBisa diterapkan dalam pekerjaan apa pun.

Kita kerap merasa bahwa 24 jam dalam sehari itu kurang. Waktu yang dirasa terlalu singkat untuk menyelesaikan berbagai kegiatan dan pekerjaan.

Oleh karena itu, kita selalu berusaha membuat jadwal—tertulis maupun tidak—demi merampungkan semua tugas-tugas tersebut, demi menjalankan hari lebih produktif dari sebelumnya.

Namun pada kenyataannya, tetap saja kita merasa tidak semua pekerjaan meet target di akhir hari.

Ada saja yang kurang sempurna, atau bahkan, terlewat sama sekali.

Hal seperti ini tentu membuat kita lebih frustrasi keesokan harinya, karena artinya tumpukan pekerjaan yang mesti diselesaikan jadi makin tinggi. Kerja lembur pun kerap tak dapat dihindari.

Kondisi seperti itu tentu jauh dari kerja produktif.

Kerja yang produktif adalah kerja yang mampu menghasilkan sesuatu secara signifikan. Jadi, bukan asal kerja tanpa hasil yang berarti.

Solusi untuk kerja lebih produktif sebenarnya bukan terletak pada kerja yang lebih berat, melainkan kerja secara disiplin sesuai tenggat waktunya.

Sekar punya dream job ibu-ibu jaman sekarang. Sebagai manajer media sosial dari perusahaan consumer goods terkenal, ia bisa bekerja dari rumah 2x dalam seminggu.

Itu artinya ia bisa rutin ikut kelas Pilates tiap Selasa pagi dan mengantar putrinya, Alaia, les balet tiap Kamis.

Sayangnya, Sekar masih kesulitan untuk jadi produktif, serta sering keteteran soal pekerjaan. Padahal, waktu luangnya bisa dibilang cukup banyak dengan jatah remote working seperti itu.

Persiapan salah satu online campaign produk menjadi tidak maksimal dan mengakibatkan Sekar dapat teguran dari atasannya.

Baca juga: Kiat Penting Agar Tidak Kewalahan Tiap Hari

Kontan Sekar merasa tidak enak dengan semua ini dan langsung berbenah diri, mengatasi apa yang menjadi hambatannya untuk menjadi lebih produktif.

Bercermin dari masalahnya, ini yang Sekar lakukan agar lebih produktif dalam aktivitasnya sehari-hari, baik urusan pekerjaan maupun rumah tangga:

1. Buat 5 poin terpenting to-do list

Susun 5 daftar kegiatan penting berdasarkan skala ke prioritas. Mengapa hanya 5 kegiatan saja? Karena lebih dari itu, kita pasti sudah kewalahan. Alih-alih bisa dikerjakan semua, yang terjadi malah sebaliknya, yakni banyak pekerjaan yang malah nggak kepegang 🙁

2. Tahu apa yang harus dikerjakan

Pastikan kita paham tiap lingkup pekerjaan. Tahu bagaimana memulai maupun mengakhirinya sesuai tenggat waktu. Jika belum, kumpulkan informasi dan buat ikhtisar (summary) dari apa yang akan kita kerjakan itu.

3. Break kecil tiap setengah jam

Rehat sejenak selama 5 menit tiap setengah jam bekerja terbukti mampu mengurangi stres, me-refresh pikiran, dan mengikis kejenuhan. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan break kecil ini, seperti berselancar di media sosial, melakukan squat dan stretching di tempat, sampai membaca update berita terkini.

4. Latih bekerja secara cerdas

Kita sering mendengar istilah “work smarter, not harder”. Nah, ini bisa diaplikasikan ke dalam pekerjaan yang tengah kita geluti. Misalnya, saat menyusun tema kampanye marketing mingguan, Sekar sekalian menyusun beberapa tema untuk sebulan sekaligus mengingat creative brief selalu didiskusikan di awal bulan. Dengan begitu, ia tidak perlu lagi membuat tema berbeda tiap minggu.

5. Pertahankan gaya hidup sehat

Bagaimana bisa produktif dan mengikuti jadwal yang padat jika tubuh nggak fit? Tentu nggak bisa ‘kan. Maka itu, penting sekali untuk tetap menjalani gaya hidup sehat seperti clean eating, cukup tidur, dan aktif bergerak agar tubuh bisa mengikuti ritme kerja kita sehari-hari yang dipenuhi jadwal padat.

Terapkan kunci hidup produktif ini, maka secara bertahap pekerjaan akan selesai sesuai jadwal dan kita pun akan memiliki waktu luang lebih banyak.

Jangan ambil pusing terhadap mereka yang mengatakan hidup serba produktif dan teratur akan menumpulkan kreativitas.

Pada kenyataannya, di era serba cepat seperti sekarang (dengan perubahan yang cepat pula!), menjaga hidup untuk bisa teratur bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan.  Hari-hari kita justru lebih banyak nggak teraturnya kok, walau kita sudah setengah mati mengatur. Apalagi jika tidak sama sekali ‘kan?

Apa tips agar hidup sehari-harimu jadi lebih produktif?

Apakah tips tersebut sudah membuahkan hasil positif?

 

*) Feature image: @designandhappiness



Leave a Comment

  • (will not be published)


5 Responses

  1. Secara nggak sadar ternyata saya udah pake tips ini, tapi kayaknya belum maksimal karena nggak literally bikin 5 to do list sama gaya hidup sehat. Karena ada keterbatasan kalo ngekos gini untuk eat cleating, padahal pengin banget bisa makan makanan yang sehat.

    Reply
    • Clean eating pas ngekos memang sangaaaaat menantang 🙁 Tapi sepertinya bisa diakali dengan masak sendiri. Misalnya membuat tumisan daging ayam, buncis, dan wortel sekaligus dalam porsi agak banyak. Lalu, makan dengan nasi hangat (porsi sedikit). Jadi, tetap lebih banyak porsi sayurannya.

  2. Yeay. Dari artikel insyaallah udah bisa bebenah si. Kira2 kedepan mau planning tubuh dan aktivitas seperti apa. Terima kasih. Sangat bermanfaat

    Reply