6 Cara Hidup Sehat Agar Tidak Mudah Sakit


Blog Sitta Karina - Cara Hidup Sehat Agar Tidak Mudah SakitCara sederhana untuk bugar sehari-hari.

Berbagai artikel menawarkan cara hidup sehat yang kadang malah bikin pusing lantaran sulit diaplikasikan.

Harus minum susu, konsumsi suplemen, sampai minum sari buah tertentu yang membuat kita semakin bingung: mana sih cara yang tepat demi hidup lebih sehat?

Saya pun pernah mengalami kebingungan yang sama. Zaman dulu, banyak orangtua berpendapat sehat berarti gemuk. Anak yang montok dan menggemaskan dianggap sehat. Sedangkan, mereka yang tubuhnya cenderung langsing dan doyan berlari ke sana-sini pasti dikomentari “Aduh, anaknya kurus, ya”.

Untungnya, kini semakin banyak orang (juga orangtua) yang sadar bahwa gemuk tidak identik dengan sehat.

Ketika badan menjadi gemuk dan mudah sakit, itu tak lain alarm agar kita mulai membenahi gaya hidup.

Namun, sebagian orang abai, bahkan defensif dengan keadaan ini. Pingkan salah satunya.

Ketika masih duduk di bangku SMA, Pingkan termasuk bertubuh ramping dan aktif sebagai pemain voli. Sepuluh tahun kemudian, beratnya pun bertambah 10 kg dan kebiasaan olahraga, termasuk voli, lenyap tergantikan kesibukan sebagai pegawai sebuah institusi keuangan. Makan sehari-hari pun tanpa rencana, asal jajan yang tersedia di sekitar kantor.

Kenaikan berat badan Pingkan juga dibarengi dengan penurunan daya tahan tubuhnya.

Baca juga: Badan Cepat Capek? Kenali 7 Penyebab Utamanya

Ia yang tadinya sangat fit, kini langganan terkena batuk-pilek tiap bulannya. Bahkan, ia sempat diopname karena sakit tifus dan demam berdarah.

Gongnya adalah saat Pingkan merasa kaki kanannya kram tak tertahankan ketika bangun tidur di pagi hari.

Ternyata ia mengalami gejala asam urat… di usia semuda 25! Padahal, penyakit itu baru dirasakan Ayah Pingkan ketika usia beliau menginjak 50 tahun.

Agar tidak mudah sakit, ini cara hidup sehat yang saya biasakan sehari-hari di rumah:

1. Perbanyak sayur dan buah

Ini keharusan yang sering kali kita remehkan! Cara menjaga daya tahan tubuh paling ampuh adalah dengan menjadikan clean eating alias pola makan sehat sebagai kebiasaan. Sumber karbohidrat nggak cuma nasi saja, lho. Sayur dan buah juga termasuk! Bahkan, di dalamnya kaya akan sumber vitamin dan mineral alami. Justru saya nggak guilty feeling sesekali mengunyah es krim, burger, donat, dan pizza, karena makanan sehat ini yang jadi asupan sehari-hari.

2. Cukup hidrasi

Tak hanya dari air putih, kebutuhan cairan tubuh juga bisa dipenuhi dengan konsumsi makanan yang mengandung banyak air seperti mentimun dan semangka.

3. Tidak begadang

Nggak doyan tidur siang? No problem! Asal, kita bisa memenuhi waktu istirahat ideal di malam hari, yakni 7-8 jam untuk orang dewasa. Merasa mengidap insomnia? Coba lakukan ini untuk mengatasi susah tidur.

4. Aktif bergerak

Idealnya, kita bisa mencapai 10,000 langkah tiap hari. Tapi, itu memang nggak mudah! Sebagai alternatif, rutin berolahraga dan kurangi durasi duduk. Kerjakan pekerjaan rumah tangga, bermain bareng si kecil, maupun jalan kaki saat ke mini market dan halte terdekat. Dulu saya kerap mengidap kondisi asam lambung GERD yang ternyata disebabkan kurang bergerak.

5. Kurangi makan gorengan

Sumber makanan yang digoreng tak harus dari yang kita beli di luar seperti keripik kentang, risol, bakwan, sampai crispy fried chicken. Batasi mengolah makanan dengan cara digoreng saat penyajian di rumah. Perkenalkan keluarga makanan yang dikukus maupun dipanggang untuk pilihan yang lebih sehat.

6. Kelola stres

Fisik sudah OK, berarti cara hidup sehat yang tak kalah pentingnya untuk diterapkan adalah bagaimana kita menangani segala bentuk tekanan dan emosi negatif lainnya agar tidak menjadi berlarut-larut. Karena, kondisi ini dapat mengakibatkan gangguan keseimbangan tubuh sehingga muncul beragam penyakit, mulai dari naiknya asam lambung sampai bermutasinya sel normal menjadi sel kanker.

Cara hidup sehat yang perlu kita terapkan secara berkelanjutan sebenarnya terbilang sederhana, namun cukup menantang buat dilakukan. Apalagi, godaan buat makan enak itu luar biasa banyak!

Agar tidak mudah sakit, terutama saat perubahan cuaca berlangsung ekstrem, keseimbangan gaya hidup menjadi kunci utamanya.

Kita nggak harus hidup superbersih sampai pesan makanan via GO-FOOD saja jadi merasa bersalah. Yang penting, sadar apa yang dilakukan selama ini lebih banyak kebiasaan sehat daripada kurang sehatnya.

Agak susah ‘kan berharap langsing dan tidak mudah sakit jika tiap hari “mager” plus langganan nasi Padang 😅

Nah, agar tidak mudah jatuh sakit, cara hidup sehat seperti apa yang jadi andalanmu selama ini?

 

*) Feature image: @sakaralife



Leave a Comment

  • (will not be published)