5 Aplikasi Edit Foto Android dan Iphone Favorit Saya


Blog Sitta Karina - Aplikasi Edit Foto Android Iphone FavoritHasil foto jadi Instagram-ready.

Secanggih apa pun kamera dan smartphone yang kita gunakan, hasil jepretan langsung sering kali perlu sedikit polesan.

Kadang hasilnya sedikit gelap, agak buram, atau warnanya kurang kontras.

Awalnya, saya sempat gemas sendiri tiap kali memotret berulang kali dan hasilnya jauh dari harapan. Baru membuat foto penunjang saja lamanya minta ampun, ini kapan bisa mulai menulis artikel blog untuk konten online? 😭

Kini saya pun paham, untuk mendapatkan sebuah hasil akhir foto cemerlang tak harus selalu menyewa jasa fotografer.

Siapa pun bisa melakukannya dengan smartphone mereka sendiri selama memahami teknik dasar fotografi dalam membuat foto yang OK, serta—yang sekarang wajib punya—menggunakan aplikasi edit foto Android dan Iphone!

Baca juga: 5 Cara Media Sosial Bikin Bisnismu Berkembang

Pemakaian aplikasi edit foto Android dan Iphone sangat praktis, murah, dan mudah. Pemakainya pun tak hanya dari kalangan amatir, melainkan fotografer profesional.

Dengan meng-edit lebih dulu, tak hanya hasil akhir foto jadi lebih jernih, mood-nya pun dapat disesuaikan dengan keinginan kita.

Nah, saking banyaknya aplikasi edit foto Android dan Iphone yang bertebaran di luar, butuh waktu lama bagi saya untuk membaca review dan mencoba app tersebut satu per satu. Terutama di masa awal aplikasi ini bermunculan.

Kini, saya bisa dibilang “nggak bisa pindah ke lain hati” setelah mencoba beberapa aplikasi edit foto Android dan Iphone (all apps work on both OS!) yang selalu digunakan untuk seluruh foto di feed saya.

Apa saja ya photo-editing apps OK ini?

A Color Story

Sejak pertama kali diluncurkan, A Color Story selalu konsiten menambah koleksi filter dan effect yang membuat komposisi warna foto lebih terang, jernih, dan sesuai dengan tema yang kini sedang trending, seperti white bright dan golden hour. Serunya lagi, beberapa filter dan effect keren tersebut bisa didapat secara gratis! Selain itu, ada opsi pengaturan manual bagi kita yang nggak terlalu suka bereksperimen dengan filter. Coba “Everyday” dari filter Essentials (ini gratis!) untuk hasil yang lebih jernih dan atur sendiri kadar kontrasnya.

Blog Sitta Karina - Aplikasi Edit Foto Android Iphone FavoritFoto: @kariolsonco

VSCO

VSCO juga jadi andalan saat saya membutuhkan advanced editing yang mudah digunakan dengan beragam filter sesuai kebutuhan. Favorit saya adalah C1 untuk ledakan warna tertentu, A6 untuk hasil jernih-minimalis, dan KK2 untuk memaksimalkan warmth serta nuansa keemasan.

Baca juga: 5 Rahasia untuk Foto Instagram yang Lebih OK

Adobe Lightroom

Hasil foto yang bagus bisa didapat dengan memperbaiki gambar dan meningkatkan kualitas foto semula (versi raw) agar terlihat seperti jepretan kamera DSLR. Nah, selain versi desktop, Adobe Lightroom juga merilis app untuk ponsel pintar berbasis Android dan iOS, lengkap dengan pengoperasian editing tools, color enhancements, dan presets yang simpel. Simply love it!

Camera+

Ingin melakukan editing foto seakan-akan tengah menggunakan kamera DSLR—dan mendapatkan hasil serupa juga? Aplikasi edit foto Android serta iOS yang pas untuk ini adalah Camera+! Dengan app ini, kita bisa melakukan pengaturan manual terhadap mode yang selama ini ada di kamera DSLR seperti ISO, white balance, shutter speed, serta macro.

Cortex Camera

Sampai kini, aplikasi Cortex Camera masih jadi penyelamat ketika saya harus  memotret dengan pencahayaan minim, atau lebih dikenal dengan low light photography. Kondisi low light paling umum adalah ketika malam hari serta kondisi ruangan temaram. Cara kerjanya cukup simpel, Cortex Camera dapat mengambil sejumlah foto dalam waktu singkat dan menggabungkannya menjadi satu foto tajam.

Secanggih apa pun kamera dan ponsel pintar kita, pastikan untuk mengecek kembali hasil foto yang sudah dibuat.

Tujuannya, agar foto tampak jernih dan “paripurna” sebelum ditayangkan pada feed media sosial maupun blog kesayangan kita.

Lebih baik repot di awal daripada harus melakukan klarifikasi pada post ‘kan? 😀

Apakah selama ini kamu selalu meng-edit foto sebelum mengunggah ke internet?

Terus, share dong apa aplikasi edit foto Android maupun Iphone yang selama ini jadi andalanmu?

 

*) Feature image: @sittakarina (menggunakan A Color Story, filter Essentials – “Everyday”)



Leave a Comment

  • (will not be published)


5 Responses

  1. So far, yang jadi favorit aku tuh snapseed sama nebi, kak. Tapi penasaran juga sama camera+. Mau coba dulu ^^

    Reply
  2. samya miskad

    kalau mau milih dari yg paling rekomended apa nih mbak, secara kapasitas hape terbatas kalau mau di donlot semua 🙂

    Reply