7 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Optimasi SEO


Blog Sitta Karina - Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Optimasi SEOContent is (still) the king.

Siapa yang tidak ingin blog miliknya ramai dikunjungi?

Apalagi, jika ada pengunjung meninggalkan komentar berarti, merasa terbantu dan terinspirasi dengan tulisan yang kita buat.

Nah, sayangnya proses mencapai tujuan itu ternyata tak semudah membuat blog di platform gratisan 😆

Seringkali, blogger sudah melakukan berbagai cara untuk meningkatkan pengunjung blog, mulai dari membuat tampilan visual blog secantik mungkin sampai rajin membuat berpuluh-puluh postingmenulis artikel blog tiap hari.

Namun, tetap saja jumlah pengunjung blog masih jauh dari harapan. Bahkan, penampakan grafik pada Google Analytics pun dari hari ke hari tetap sama.

 

Ngeblog untuk Siapa?

Jika sering ngeblog tak selalu berdampak positif terhadap pertumbuhan pengunjung situs kita, bagaimana jika jarang posting?

Ini terjadi pada blog saya sebelum namanya berubah menjadi Anything Sitta Karina. 

Dulu saya hanya ngeblog hanya saat buku baru terbit, terutama serial Keluarga Hanafiah. Alhasil, traffic pun stagnan selama bertahun-tahun. Pengunjung blog ya hanya pembaca buku saya saja.

Baca juga: Cara Menjadi Blogger Sukses yang Bisa Dimulai Sekarang Juga

Baru setelah itu saya menyadari,  jika ingin konten blog dibaca, maka kita mesti lebih dahulu membuat sesuatu yang menjawab kepentingan pembaca.

Banyak pembaca, tepatnya.

Cara mengetahui topik apa yang paling dicari pembaca ternyata sederhana, yakni dengan melihat kata apa yang banyak digoogling.

Dengan mencari tahu susunan kata apa yang paling banyak diketik dan dicari pada search engine seperti Google.

Oleh karena itu, jika ingin traffic blog dan situs kita merangkak naik, maka cara efektif yang bisa dilakukan adalah dengan optimasi SEO.

Optimasi SEO sendiri merupakan pengoptimalan web maupun konten di dalamnya agar bisa dipahami dan ditelusuri Google sehingga muncul pada halaman hasil pencarian.

Intinya, buat konten blog yang tak hanya menarik bagi pembaca, melainkan juga bagi mesin pencari.

Sebelumnya, pastikan dulu blog kita sudah diverifikasi ke Google Webmaster agar konten di dalamnya lebih mudah terindeks pada saat pencarian.

 

Cara Efektif Meningkatkan Pengunjung Blog

Lantas, bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog dengan menerapkan teknik SEO ini?

Berikut langkah sederhana yang bisa kita lakukan saat membuat kontennya:

1. Pilih kategori blog

Tentukan kategori yang akan kita garap sejak awal blog dibuat (tips penting: pilih kategori sesuai minat kita) dan konsistenlah menulis artikel sesuai pilihan kategori tersebut. Jika blog kita berbicara tentang parenting dan lifestyle, jangan tiba-tiba membahas otomotif, ya!

2. Rumuskan tema artikel

Seperti halnya menulis cerita, sebutkan apa tema tulisan kita sebelum mulai menyusunnya. Ini akan membantu proses kreatif tetap fokus, sesuai konteksnya.

Blog Sitta Karina - Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Optimasi SEOFoto: Plush Design Studio via Pexels

3. Tentukan kata kunci (keyword)

Sudah mantap dengan kategori blog dan tema artikel, langkah selanjutnya adalah menentukan kata kunci (keyword).  Cara paling sederhana adalah dengan menggunakan Google autocomplete, yaitu kata-kata yang direkomendasikan Google karena dicari oleh banyak orang.

Baca juga: Miliki Blog Pribadi, Ini Manfaat dan Cara Membuatnya

Contoh:

Saat kita mengetik “cara merawat rambut”, maka Google akan merekomendasikan beberapa kombinasi kata kunci yang paling banyak ditanyakan netizen sebagai berikut:

cara merawat rambut kering
cara merawat rambut rontok
cara merawat rambut rusak
cara merawat rambut keriting

Nah, coba pilih salah satu kombinasi kata kunci di atas dan gunakan itu dalam artikel yang sedang kita susun.

4. Judul dan URL artikel memuat kata kunci

Mesin pencari seperti Google dan Bing akan menelusuri konten yang paling relevan sesuai permintaan. Untuk menjadikan artikel kita seperti ini, pastikan keyword tersebut tercantum juga dalam judul dan URL artikel yang kita buat.

5. Pastikan kata kunci terdapat di dalam artikel

Ini cara meningkatkan pengunjung blog yang tidak boleh terlewatkan sama sekali! Keyword tersebut juga harus disebutkan dalam artikel bai di bagian awal, tengah, maupun akhir, namun tetap sesuai kebutuhan dan ulasan permasalahannya. Jadi, jangan asal mengulang kata kunci tanpa bahasan yang jelas.

6. Sertakan Teks ALT pada gambar

Kita tahu pentingnya menyertakan gambar atau image sebagai penunjang visual—juga estetika—blog, namun sering kali lupa menambahkan keyword pada teks ALT di image properties. Padahal, ini akan memudahkan Google menelusuri gambar pada artikel kita sebagai bagian relevan dari pencarian yang dimaksud.

7.  Bagi secara rutin di media sosial

Artikel yang sesuai kaidah SEO biasanya akan mendapatkan traffic organik lebih tinggi dari yang tidak menerapkan sama sekali. Agar jumlah kunjungan ke blog terus tumbuh, jangan lupa mengoptimalkan traffic non-organik juga, yakni dengan cara membagikan link artikel kita melalui akun medsos.

Menjadikan blog kredibel sehingga menarik banyak pengunjung bukanlah pekerjaan bisa rampung dalam semalam.

Tentunya blogger harus sabar dan konsisten meningkatkan awareness pengunjung yang dibidiknya sekaligus mengembangkan konten menjadi lebih mengkilap di antara para pesaingnya.

Masih agak bingung menelaah SEO dan langkah-langkah optimasi apa yang mesti kita prioritaskan?

Coba ikuti panduan memulai SEO dari Google berikut yang penjelasannya mudah dimengerti. Ini sangat membantu, lho!

Cara meningkatkan pengunjung blog seperti apa yang paling efektif diterapkan pada situsmu?

Yuk, diskusikan pada kolom komentar 🙂

 

*) Feature image: @maradesignco



Leave a Comment

  • (will not be published)


4 Responses

  1. Felicia

    Selalu suka baca artikel kak Sitta Karina. Bermanfaat sekali dan enak untuk dibaca. Blog ini banyak memotivasi saya untuk menulis blog lagi meskipun sampai sekarang saya belum menemukan tema blog yg tepat untuk saya. Terima kasih kak Sitta, terus menginspirasi 😊

    Reply