7 Cara Meningkatkan Percaya Diri Agar Sukses


Blog Sitta Karina - Cara Meningkatkan Percaya DiriKuncinya ada di diri kita.

Sering kali kita merasa tidak yakin ketika dihadapkan pada suatu tugas maupun tantangan.

Apakah kita memiliki kemampuan yang mumpuni untuk hal ini?

Bisa nggak ya kita menyelesaikannya?

Kalau bisa, apakah hasilnya bagus?

Ketidakyakinan yang dirasakan itu erat kaitannya dengan rasa percaya diri yang kita miliki selama ini.

Rasa percaya diri atau yakin pada kemampuan diri sendiri tidak terjadi begitu saja.

Seseorang yang terlihat sangat PD bukannya terlahir seperti itu; ia hanya memiliki “jam terbang” lebih lama dalam melatih hal tersebut.

Singkat kata, cara menumbuhkan percaya diri tidak bisa dilakukan secara instan.

Bahkan, rasa percaya diri tersebut bisa naik-turun. Ketika mendapat kritik pedas dari atasan, rasanya PD langsung drop. Sebaliknya, saat hasil karya kita mendapat review bagus, tentunya berdampak terhadap meningkatnya rasa percaya diri.

 

Percaya diri Meningkatkan Kesehatan Jiwa

Sepanjang hidup, Quina selalu nggak PD dengan tubuh tegapnya. Apalagi, ia seorang penari!

Walau sehari-hari dirinya sibuk menjadi akuntan, Quina selalu menyempatkan menari—dan mengajar Tari Bali—di akhir pekan.

Suatu waktu, Quina mendengar bisikan ibu-ibu yang mengantar putrinya ke sanggar tari milik Quina dan menyebut dirinya “Gorila menari”.

Hancur seluruh kepercayaan diri yang selama ini Quina bangun satu per satu.

Baca juga: 4 Manfaat Pengembangan Diri untuk Hidup Sukses

Hampir dua bulan lamanya ia enggan mengajar menari lagi, sampai akhirnya Mama memberi nasihat yang menohok hati,”Quin, kata-kata orang, apa pun itu, bisa memiliki pengaruh terhadap dirimu, hanya jika kamu mengizinkannya.”

Cih! Gue ‘kan orang, bukan gorila! tandas Quina dalam hati, sependapat dengan ucapan Mama.

Setelah berhari-hari stres dan hampir jadi depresi memikirkan itu, Quina sadar bahwa self-worth-nya lebih penting dari sekadar opini tak bermutu.

Rasa percaya diri membuatnya lebih mampu menerima diri dan tindakan ini berperan besar dalam merawat kesehatan jiwanya.

Rasa percaya dirinya memang sempat goyah, tetapi tidak sampai hancur.

Setelah mengambil sikap tegas, Quina jadi jauh lebih lega—dan PD tentunya.

Ia sadar, tindakannya ini juga telah menyelamatkan dirinya dari kemelut lebih jauh.

 

Cara Meningkatkan Percaya Diri Sekarang Juga

Jika selama ini kita kerap merasa minder, atau hanya memiliki kadar PD yang pas-pasan, ini dia beberapa cara meningkatkan percaya diri yang terbukti mampu mengantar pada kesuksesan jika dilakukan secara konsisten.

Apa saja ya? 💡

1. Mulai dengan penuhi kebutuhan diri

Ini cara meningkatkan percaya diri yang paling esensial. Kebutuhan diri meliputi tubuh dan jiwa sehat, penampilan terawat, cukup istirahat, hidup sejahtera, aktualisasi diri, dan masih banyak lagi lainnya. Urutkan kebutuhan tersebut berdasarkan prioritas kita. Jika masih kesulitan, latih secara bertahap dengan menulis jurnal yang diyakini bagus untuk menumbuhkan rasa percaya diri.

2. Fokus pada kelebihan yang kita miliki

Menghitung-hitung apa saja kekurangan kita takkan ada habisnya! Daripada melakukan itu, coba sadari apa saja potensi diri, baik yang bersifat fisik maupun non-fisik, yang bisa dipoles lagi agar cemerlang. Diri semakin berkilau, PD pun meningkat!

3. Hindari orang yang doyan mengkritik

Dalam bergaul, kita pasti akan bertemu sosok yang sering banget melontarkan kritik. Tentu saja, kritik bisa kita jadikan sesuatu yang positif untuk perkembangan diri. Terlalu banyak kritik? Bisa-bisa diri malah jadi minder dan merasa tidak berharga.

Baca juga: Hentikan Kebiasaan Menunda Pekerjaan dengan Ini

4. Terus kembangkan diri

Memiliki keahlian dan kompetensi tertentu mampu mendorong rasa percaya diri yang selama ini melempem. Gali dan asah talenta kita dari waktu ke waktu. Lakukan dengan penuh ketekunan dan kesabaran. Quina sadar dirinya bertulang besar dan berbadan tegap, namun ia ternyata sangat lentur menari Bali. Seiring berjalannya waktu, ia pun mampu menerima kenyataan bahwa tak semua penari bertubuh mungil dan langsing, tanpa perlu validasi dari orang lain.

5. Stop membandingkan diri dengan orang lain

Perilaku toxic satu ini membuat kita kerap menyalahkan diri karena yang dijadikan parameter adalah pencapaian orang lain.

Cara mengukur paling adil adalah melihat pencapaian kita kemarin dan hari ini.

Tanamkan dalam hati, bahwa hari ini harus lebih baik dari kemarin 😀

6. Kendalikan pikiran negatif

Pikiran negatif akan selalu muncul, sepositif apa pun karakter seseorang. Namun, kita bisa kok mengendalikan pikiran negatif tersebut agar tidak menjadi-jadi, bahkan sampai merongrong segala niat positif dan motivasi baik yang selama ini sudah kita himpun.

7.  Berdamai dengan inner critic

Siapa pengkritik paling pedas selama ini? Ya, tak lain adalah diri kita sendiri! Sering kali kita begitu keras, enggan memaafkan, serta tidak mau memberi kesempatan kedua pada diri yang telah berusaha keras. Tanpa disadari, sikap tersebut akan mengikis rasa PD dan harga diri kita. Mulai sekarang, yuk berdamai dengan ketidaksempurnaan dan biarkan rasa percaya diri tumbuh sesuai yang semestinya.

Satu hal lagi yang kerap saya dengar, kunci kesuksesan adalah rasa percaya diri yang cukup dan untuk mencapai itu, lakukanlah persiapan yang mantap sebelumnya.

Jadi, bisa ‘kan kita mulai mempersiapkan semua itu? 😉

 

*) Feature image: @9to5chic



Leave a Comment

  • (will not be published)