7 Cara Simpel Menjaga Kesehatan Mata untuk Milenial


Blog Sitta Karina - Cara Menjaga Kesehatan MataMata cantik ya mata sehat.

Saya termasuk beruntung, doyan baca buku namun tidak berkacamata. Sebagian orang berasumsi, ini pastilah karena faktor genetik.

Namun, setelah dipikir lebih lanjut, selama ini saya bukannya sembarang membaca buku (maupun menonton TV) tanpa memperhatikan kondisi mata. Setidaknya saya mengusahakan untuk membaca dan melihat sesuatu di tempat yang terang, tidak temaram apalagi gelap.

Milenial yang sehari-hari sibuk, terbiasa multitasking, serta sangat digital-savvy sering kali tidak sadar dirinya kurang memperhatikan kesehatan. Banyak orang dewasa muda yang kini lebih cepat mengidap diabetes. Ironisnya, penyakin ini mengakibatkan risko penyakit katarak pun semakin tinggi.

Oleh karena itu, jangan sampai pemeliharaan kesehatan mata jadi prioritas kesekian lagi. Sayang ‘kan mata yang tadinya bisa melihat dengan jelas perlahan-lahan jadi buram?

Agar selalu terpelihara dengan baik, berikut cara menjaga kesehatan mata yang saya upayakan:

1. Makan gizi seimbang

Ikan, daging merah, telur, sayuran hijau, dan kacang-kacangan terkenal sebagai makanan pemelihara kesehatan mata selain wortel. Rajin menyantap itu ternyata tak hanya baik untuk tubuh, tapi juga mata kita. Bagusnya lagi, semua makanan bergizi itu ternyata kelompok karbohidrat (veggies are carbs!), protein, lemak baik yang kita makan sehari-hari.

2. Jaga jarak pandang saat membaca

Pastikan jarak mata dengan obyek di depannya (gadget maupun buku) tidak kurang dari 30 cm. Seperti yang sering kita dengar sejak masih kecil, jarak pandang terlalu dekat bisa merusak penglihatan dalam jangka panjang.

Baca juga: 7 Cara Menjaga Kesehatan Agar Tidak Mudah Sakit

3. Sering berkedip

Saat keasyikan beraktivitas—streaming Netflix via ponsel, misalnya—kita kerap lupa mengedipkan mata. Padahal, ini penting banget agar mata tidak kering.

4. Tidak membaca sambil tiduran

Kebiasaan simpel ini berdampak besar membuat kondisi mata kita tetap prima, serta minus jadi nggak bertambah! Ingin membaca buku, bekerja depan laptop, maupun lihat gawai dengan lebih santai? Coba duduk di atas tempat tidur dengan punggung bersandar pada tumpukan bantal.

5. Sesekali istirahatkan mata

Dulu saya bisa menghabiskan berjam-jam di depan komputer tanpa break sama sekali. Kini, memalingkan pandangan sejenak tiap 30 menit tak lupa saya lakukan, sesibuk apa pun. Sayang kalau mata diforsir!

6. Cukup tidur di malam hari

Apa hubungannya tidur tepat waktu di malam hari dengan kesehatan mata? Semakin minimal aktivitas ketika hari berganti malam, maka semakin banyak kesempatan mengistirahatkan mata. Karena, ketika masih bangun, kita pasti bakal tergoda untuk swipe ponsel!

7. Gunakan kacamata hitam saat lama di luar

Ini yang cukup mengejutkan, sih. Saya termasuk yang nggak doyan pakai sunnies. Tapi, ternyata mengenakan kacamata hitam ketika berada di luar ruangan dalam waktu relatif lama penting dilakukan untuk melindungi mata dari ganasnya sinar UV. Bahkan, ketika cuaca mendung! Mengutip Okezone.com, paparan sinar UV secara terus-menerus ternyata meningkatkan risiko terkena katarak dan kanker mata.

Waktu masih kanak-kanak sampai remaja, saya ingat bagaimana disiplinnya untuk tetap duduk saat membaca buku karena selalu diingatkan Ibu. Padahal, membaca sambil kaki selonjoran di tempat tidur enaknya ‘kan sambil rebahan.

Kini setelah menjadi seorang ibu, saya pun juga melakukan hal yang sama terhadap Harsya dan Nara: “Main iPad-nya sambil duduk ya, Nak.” 😅

Selain itu, cara menjaga kesehatan mata yang jadi andalan saya setelah dewasa adalah poin nomor 1, yakni makan makanan yang kandungan gizinya seimbang. Nggak ribet ‘kan, mengingat kelompok makanan yang mesti rutin disantap ternyata bagian dari “makanan rumah” alias hidangan sehari-hari kita.

Nah, cara menjaga kesehatan mata seperti apa yang sudah kamu terapkan selama ini?

 

*) Feature image: @sarah.feingold



Leave a Comment

  • (will not be published)


2 Responses