6 Cara Menulis Artikel SEO-Friendly untuk Blog


blog sitta karina - Cara Menulis Artikel SEO Friendly untuk BlogArtikel SEO-friendly adalah kunci.

Bagi yang berkecimpung di dunia blog, tentu sering ‘kan dengar istilah SEO?

Nah, kita sudah tahu SEO atau Search Engine Optimization  itu sendiri merupakan upaya meningkatkan visibilitas situs, termasuk blog kita, sesuai pencarian yang relevan dengannya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan SEO adalah dengan membuat konten—dalam hal ini, artikel—yang SEO-friendly.

Tujuannya agar blog kita muncul di halaman pertama (atau setidaknya, kedua) mesin pencari seperti Google.

Hal lain yang diharapkan dari penulisan artikel sesuai kaidah SEO adalah diperolehnya pengunjung blog atau audiens yang sesuai dengan niche blog selama ini. Audiens tersebut akan terus kembali ke blog kita karena merasa mendapatkan informasi sesuai yang mereka butuhkan.

Lantas, apa saja cara menulis artikel SEO-friendly yang bisa blogger upayakan?

Simak keenam langkahnya di bawah ini:

1. Tentukan kata kunci yang banyak dicari audiens

Kata kunci (keyword) ibarat tema dari artikel yang akan kita susun. Agar banyak dibaca, tentu kita harus mencari tahu lebih dulu artikel seperti apa yang ingin diketahui audiens melalui kata kuncinya.

Baca juga: Cek SEO Blog Penting Dilakukan, Begini Caranya

Untuk menentukan kata kunci yang paling banyak dicari audiens selama ini, Google Keyword Planner bisa jadi pilihan. Menggunakan Google Keyword Planner pun mudah. Kita tinggal membuat akun Google Ads tanpa harus menjalankan campaign setelahnya.

2. Buat struktur artikel

Setelah mengetahui kata kunci, tentukan struktur artikelnya. Secara umum, struktur tulisan terdiri dari “awal – tengah – akhir” atau “pembuka – isi – kesimpulan”.

Membuat struktur atau kerangka artikel di awal akan memudahkan penyusunannya secara runtut dan jelas. Selain itu, artikel yang terstruktur akan lebih mudah dimengerti dan nyaman dibaca oleh audiens.

3. Optimasi penggunaan kata kunci

Setelah kita tahu kata kuncinya, berikutnya disertakan di mana saja?

Nah, berikut ini cara menulis artikel SEO-friendly yang sudah terbukti oke dan perlu kita terapkan, yakni pastikan artikel memuat kata kunci pada bagian-bagian berikut:

  • Judul artikel, terutama di bagian awal penulisan judul
  • Paragraf pembuka

  • Deskripsi metadata

  • Teks headings

  • Nama image, terutama bagian alt description

  • URL slug

4. Garap artikel secara mendalam

Artikel SEO-friendly takkan dibuat secara asal-asalan. Sebaliknya, artikel tersebut digarap dengan baik, mendalam, serta disajikan dengan gaya bahasa yang sesuai target audiens sehingga menghasilkan sebentuk tulisan yang menjawab kebutuhan informasi para audiens.

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Optimasi SEO

Oleh karena itu, panjang konten akan sangat menentukan. Pembahasan mendalam tercipta jika penulis menjabarkan penjelasannya secara mendetail. Panjang sebagian besar artikel di internet sekitar 300 kata, sedangkan artikel SEO-friendly sebaiknya di atas 1,000 kata.

5. Wajib sertakan outbound link

Outbond link atau external link merupakan link yang diberikan situs kita ke situs lain yang dianggap tepercaya sebagai sumber konten yang kita buat.

Menyematkan setidaknya 1-2 buah outbond link yang relevan dengan pembahasan artikel blog yang kita susun justru berdampak positif pada SEO.

6. Sertakan beberapa internal link

Selain outbond link, pencantuman beberapa internal link dalam artikel termasuk cara menulis artikel SEO yang tak boleh dilewatkan. Metode ini berguna untuk menghubungkan 1 halaman blog ke halaman blog lain yang relevan.

Jika pada blog kita terdapat 1 konten utama yang memiliki otoritas tinggi karena mendapatkan backlink dari situs lain,  pencantuman internal link seperti ini berfungsi menyalurkan otoritas tersebut ke halaman-halaman lain yang masih di dalam blog atau situs kita.

Jadi, perlu kita ingat, bahwa kunci utama menempati halaman pertama di pencarian Google adalah dengan menyajikan artikel yang informatif, mudah dibaca, menarik, sekaligus tepercaya yang bikin audiens betah berlama-lama di blog kita—dan tentunya bakal kembali lagi di masa mendatang 😉

Nah, tantangan apa yang kamu rasakan dalam membuat artikel SEO-friendly selama ini?

 

*) Feature image: Anna Shvets via Pexels



Leave a Comment

  • (will not be published)


3 Responses

  1. soal seo juga masih tahap belajar pelan-pelan ini mbak
    belajar online dari pakarnya dan belajar dengan cara googling kayak gini

    Reply
  2. Tips simpel padat dan jelas.
    SEO dizaman sekarang semakin maju, tidak salah kalau ingin ikut kursus jadi bayarnya semakin hari semakin mahal

    Reply