Diet Sehat Seperti Ini yang Bikin Panjang Umur


Blog Sittakarina - diet sehat bikin panjang umurDiet sehat bisa bikin panjang umur? Not a myth.

Karena tiap kali Lebaran dan bersilaturahmi dengan keluarga besar, saya menyaksikan sendiri bagaimana salah satu sepupu Ibu, Prof. dr. Asikin Hanafiah, SpJP, yang kini berusia 85 tahun masih tampak begitu bugar.

Tentu saja ini bikin saya penasaran setengah mati. Saya langsung bertanya ke Ibu, apa sih resep beliau bisa sampai begitu 😮

Pertama kalinya Ibu mengunjungi sang sepupu yang juga dokter jantung kenamaan ini adalah sekitar tahun 2009 silam. Saat itu Ibu mengadukan rasa nyeri pada pergelangan tangan saat digunakan untuk menyetir. Setelah diperiksa, ternyata Ibu mengalami neuropathy atau kondisi kelainan fungsi syaraf. Pada Ibu, kondisi tersebut disebabkan penyakit diabetes yang diidapnya.

Berbeda dengan Ibu yang didiagnosa diabetes sejak awal usia 30, Dokter Hanafiah berusaha menjalani gaya hidup sehat, termasuk di dalamnya diet sehat, dalam kesibukannya sehari-hari. Di usia yang memasuki kepala delapan, ia tetap tegap dan tidak pesakitan!

Menurut Ibu, kunci keberhasilan Dokter Asikin menjaga kebugaran di usia senja adalah disiplin hidup sehat.

Nah, termotivasi keberhasilan beliau, Ibu pun dengan senang hati membagi rahasia diet sehat dan olahraga rutin Dokter Asikin ke saya. So lucky I am!

Baca juga: 3 Tips OK Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Musim Hujan

Apa saja yang beliau lakukan selama ini secara rutin?

1. Olahraga teratur

Lakukan tiap hari. Yep, you hear me: every single day. Secara bergantian. Pilihan beliau:  berenang, lari maupun jogging (di tempat terbuka maupun menggunakan treadmill), dan sepeda statis. Selalu awali olahraga dengan pemanasan dan peregangan, lalu akhiri dengan pendinginan.

BLOG SITTAKARINA Diet Sehat Seperti Ini yang Bikin Panjang Umur 2

2. Pola makan sehat

Bisa dikatakan, pola makan yang dijalani beliau termasuk diet alami. Sama sekali tanpa obat-obatan untuk menurunkan berat badan.Begini kira-kira menu makannya:
Sarapan: roti panggang dan buah
Makan siang: menu biasa (pilihan beliau gado-gado, atau menu yang kaya serat)
Makan malam: roti panggang dan salad

3. Tidak merokok

Bahkan Dokter Asikin juga mendorong istrinya, Tante Mia Hanafiah, untuk aktif mengkampanyekan gaya hidup sehat bagi generasi milenial melalui yayasan yang diasuhnya, yakni Yayasan Jantung Indonesia. Kompaknya mereka berdua benar-benar #RelationshipGoals kita semua!

4. Tidak minum liquor

Sometimes, liquor looks and tastes cool. Tapi, please, coba ingat akibat buruk yang ditimbulkannya. Seperti saya, kamu pun bisa berhenti menenggak minuman satu ini.

5. Cukup tidur di malam hari

Usahakan 8 jam tiap harinya. Kalau tidak bisa, coba 7 jam. Saya pernah membaca artikel kesehatan yang memaparkan proses detoksifikasi tubuh dimulai pada pukul 23.00 dan ketika proses itu dimulai sebaiknya kita sudah dalam keadaan tertidur pulas.

Simpel dan mudah.

Yang susah adalah mendisiplinkan diri untuk memulainya 😅

Gaya hidup sehat inipun bisa dijadikan acuan sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan yang sudah mengalami obesitas.

Gaya hidup Dr. Asikin bisa juga dijadikan acuan diet sehat alami; makan makanan bergizi namun rasanya tidak hambar!

Sampai kini Dokter Asikin masih menjalani diet sehat dan rutinitas aktifnya dengan disiplin. Padahal, selain praktik di kliniknya, beliau juga disibukkan segudang kegiatan, mulai dari seminar, simposium, sampai fund-raising ball di mana gelas-gelas wine dan champagne bertebaran (though I hardly think he ever took a sip!).

Nah, apakah kamu tertarik mencobanya?

 

*) Feature image via @chickpeainthecity



Leave a Comment

  • (will not be published)


15 Responses

  1. Sebetulnya langkah-langkah yang diceritakan Sitta di atas bukan teori belaka. Orang-orang yang paling panjang usianya di dunia ini adalah bangsa Jepang, dan mereka yang berumur 100 tahun ternyata mempraktekkan diet sehat seperti yang diungkapkan dr Asikin di atas.

    Saya sendiri sudah sejak dulu berusaha tidur 8 jam sehari, terutama sebelum jam 23.00. Tapi kerjaan freelance saya yang disambi dengan mengasuh anak selalu memaksa saya tidur larut malam dan bahkan tidur sedikit :p

    Reply
    • Vicky – Saya pun freelancer sambil mengasuh bocah-bocah! Dulu saya kerap begadang, tapi sekarang saya akali dengan tidur lebih awal bareng anak-anak dan bangun lebih pagi untuk kerja 😉

  2. haidy okta

    bener nih kata kak sita
    yang susah adalah mendisplinkan diri untuk memulai
    aku selalu berancana untuk memulai hidup sehat tapi selalu saat mau mulai “besok aja deh mulainya kayak nggak ada hari lain aja”
    tapi sekarang udah mulai kerasa gampang keserang flu secara nambah umur juga tiap tahun
    baca ini jadi semakin yakin bahwa hidup sehat itu nggak bisa besokbesok 🙂

    Reply
  3. Yuni

    Baca ini bikin sadar untuk lebih merawat diri deh, walau sehari-hari sibuk. Semangat terus, Kak Sitta! Dan thanks sdh bikin aku semangat hidup lbh sehat!

    Reply
    • Chicy – Kalau saya, ya. Tetap dahulukan menu makanan yg banyak serat & kurangi junk food sih. Tapi belum tanya kalau beliau bagaimana :p