Pengertian Artikel dan Contohnya Sebagai Konten Online


Blog Sittakarina - Pengertian Artikel dan Contohnya Sebagai Konten OnlineKita mesti bisa bikin konten online satu ini.

Akui deh, kini semakin besar waktu kita habiskan untuk berselancar di dunia online ‘kan? Baik untuk melihat-lihat, belajar, berbelanja, atau sekadar cari hiburan.

Akibatnya, komunikasi kita pun secara otomatis lebih banyak menggunakan bahasa tulisan ketimbang lisan, mulai dari texting, bikin caption, berkomentar, sampai menyusun konten berupa artikel.

Dulu artikel hanya dipublikasikan pada media cetak seperti koran dan majalah. Sekarang kita bisa menemukan berbagai jenis artikel di internet, baik pada situs media besar sampai blog pribadi.

Lantas, apa sih sebenarnya artikel itu?

Menurut, Wikipedia, pengertian artikel kira-kira seperti ini: sebuah karangan berisi gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, maupun menghibur pembacanya

Jadi, artikel bisa berupa resensi, argumentasi, opini, bahkan narasi yang tentunya bermuatan fakta.

Dulu artikel disusun sebagai bagian dari lembaran media cetak. Judulnya pun sering kali tidak terekspos pada halaman muka maupun cover media tersebut.

Kini artikel di internet merupakan konten online yang dapat diakses siapa saja.

Walau begitu, tidak semua orang akan membaca artikel yang kita buat. Belum tentu mereka akan mampir di situs web kita. Apalagi jika selama ini kita tidak pernah membagi artikel tersebut lewat e-mail maupun media sosial.

 

Perhatikan judul artikel

Di dunia online, judul artikel memegang peran sangat penting.

Tertarik atau tidaknya seseorang terhadap sebuah artikel di internet ternyata banyak dipengaruhi oleh judul artikel itu sendiri. Sebagai contoh, dari kedua judul artikel di bawah, mana yang akan kamu pilih untuk kunjungi:

5 Tips Mencerahkan Wajah

atau

5 Tips Mencerahkan Wajah dengan Cepat dan Mudah

Dalam hal ini, pilihan tentu jatuh pada yang kedua!

Baca juga: Cara Menulis Blog yang Menarik dan Disukai Pembaca

Karena, judul artikel tersebut memuat intisari artikel yang lebih detail dan kemungkinan besar lebih sesuai dengan kebutuhan para pembaca.

Sebuah artikel dengan judul yang SEO-friendly akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo! maupun Bing.

Kenapa begitu?

Ini tak lain karena konten atau artikel tersebut berisi jawaban atas pertanyaan yang selama ini dicari pembaca lewat Google.

 

Artikel sebagai konten online

Sesuai pengertian artikel sebelumnya, konten-konten di internet banyak berisi informasi dan gagasan faktual yang dicari pembaca. Namun, nyatanya tidak semua jenis artikel bisa dijadikan konten online yang menarik.

Jika untuk dipajang di internet saja tentu semua bisa. Tetapi, kita pengin artikel tersebut nggak sekadar nangkring tanpa dikunjungi sama sekali ‘kan?

Oleh karena itu, sebelumnya kita harus mencari tahu lebih dulu, kira-kira artikel seperti apa sih yang selama ini dicari banyak orang.

Nah, ini dia jenis artikel yang cukup populer di internet:

  1. Ulasan berita terkini
  2. Pembahasan topik umum maupun mendalam
  3. Tips dan trik
  4. Daftar suatu topik dengan peringkat
  5. Cara melakukan sesuatu secara bertahap (teks petunjuk)
  6. Berisi mitos, legenda, dan misteri
  7. Cerpen dan cerita fiksi lainnya

Semua jenis artikel di atas tentu memiliki contohnya masing-masing. Beberapa sudah cukup umum di telinga dan sering jadi bahan bacaan kita sehari-hari.

Untuk artikel berisi pembahasan, contohnya seperti ini yang membahas tentang “Menjadi Millenial yang Cerdas Keuangan”.

Sedangkan, artikel yang berisi daftar berperingkat misalnya seperti bahasan tentang daftar destinasi wisata berikut: “4 Tempat Wisata Selfie Kekinian di Bandung, Dijamin Bikin Foto Instagram-mu Semakin Kece”.

Contoh artikel berisi beberapa cerita fiksi adalah seperti ini: “Kumpulan Cerita Manis yang Bisa Kamu Baca Gratis”.

Setelah memahami pengertian artikel dan contoh-contohnya, langkah selanjutnya adalah rutin menulisnya. Dengan begitu, artikel yang kita buat pun akan semakin bagus, tajam, serta informatif. Bahkan, gaya dan ciri khas menulis kita menjadi kian terasah!

Nah,  jenis konten online apa yang menjadi pilihanmu saat ini?

Apakah kamu punya trik untuk bisa menulis artikel lebih produktif lagi?

Jangan lupa berbagi di sini ya 😊

 

*) Feature image: Yleidis Maldonado via unsplash.com



Leave a Comment

  • (will not be published)