#TanyaSitta: Bagaimana Cara Agar Tidak Gugup Saat Presentasi?


blog sitta karina - cara agar tidak gugup saat presentasiSekarang tak lagi berkeringat dingin.

Setelah maju-mundur menayangkan segmen #TanyaSitta di blog, akhirnya kolom ini naik juga!

Jadi, ide untuk menjawab pertanyaan pembaca melalui artikel blog muncul tahun lalu ketika pertanyaan-pertanyaan yang masuk ke inbox email cukup banyak hingga saya kesulitan untuk membalas satu per satu.

Beberapa pertanyaan tersebut ternyata juga ditanyakan pembaca buku maupun pengunjung blog saya lainnya.

Contohnya, tentang cara agar tidak gugup saat presentasi ini.

Nah, setelah curhat soal ini dengan orang-orang terdekat, tercetus pertanyaan: “Kenapa nggak dibikin kolom tetap aja—something like ask Sitta Karina?

Dengan begini, pembaca-pembaca lain yang memiliki pertanyaan serupa akan merasa terbantu ketika melihat jawaban langsung dari saya 🙂

Untuk edisi perdana #TanyaSitta, saya akan mengambil salah satu pertanyaan dari 5 e-mail yang masuk, ya.

Kak Sitta, saya pernah ikuti writing workshop Kakak waktu di Gandaria City. Saya melihat Kakak cukup tenang dan jelas menyampaikan seluruh materinya. Bahkan, Kakak terlihat rileks! Padahal, yang nonton ‘kan nggak cuma peserta, tapi juga pengunjung mall. Bagaimana sih cara agar tidak gugup saat presentasi seperti itu?

Saya—dan hampir semua orang—pasti awalnya merasa gugup saat harus berbicara di depan umum.

Semakin formal acara serta semakin banyak audiens yang hadir biasanya menambah rasa gugup yang kita rasakan.

Dan hal itu ternyata wajar, kok.

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Percaya Diri Agar Sukses

Tantangannya adalah bagaimana kita mengendalikan rasa gugup tersebut dan merasa cukup percaya diri untuk membawakan presentasi dengan baik.

Okay, it’s sooo easier said than done. Tapi, tetap bisa kok diupayakan secara bertahap.

Nah, si sulung Harsya juga pernah menanyakan hal serupa saat pertama kali maju untuk presentasi. Apalagi, siswa-siswa di sekolahnya cukup sering diminta mempresentasikan hasil kerjaan mereka.

Baik untuk kegiatan formal maupun pekerjaan lainnya, berikut cara agar tidak gugup saat presentasi yang saya lakukan:

1. Kuasai materi

Pertama-tama, maksimalkan persiapan sebelum tampil, terutama materi yang nanti akan kita bawakan. I know… proses memahami materi secara menyeluruh nggak bisa dilakukan dalam semalam. Oleh karena itu, cicil pekerjaan ini dari beberapa hari sebelumnya. Jika waktu persiapan sangat singkat, coba mulai dengan poin-poin terpenting lebih dulu.

2. Berlatih presentasi di depan cermin

Presentasikan karya di depan cermin untuk melihat seperti apa mimik, bahasa tubuh, dan cara berbicara kita. Dengan begini, kita jadi tahu apa saja yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan lagi demi penampilan lebih baik.

3. Presentasi di depan orang terdekat sebelum hari-H

Tidak ada keluarga di sekitar kita? Coba tanya ke teman kos-kosan untuk menjadi pendengar saat kamu berlatih presentasi. Selain untuk meminta kritik perbaikan, ini merupakan salah satu cara agar tidak gugup saat presentasi sesungguhnya nanti.

4. Awali dengan doa

Setelah mempersiapkan semaksimal mungkin, jangan lupa untuk menyerahkan semua kepada-Nya agar kita dapat merasa lebih tenang, lebih “siap tempur” 💪🏻

5. Cari wajah bersahabat

Saat berdiri di depan dan siap membacakan presentasi, coba cari wajah yang kita kenal atau setidaknya wajah dengan ekspresi bersahabat di antara para audiens agar diri tidak merasa sedang “dihakimi”. Percaya deh… ini membuat kita jadi lebih lancar bertutur.

6. Gunakan kalimat pendek

Untuk menghindari pemaparan presentasi yang bertele-tele dan berisiko keluar dari konteks pembahasan, pilih kalimat pendek dan efektif saat menyampaikan gagasan kita. Presentasi pun jadi singkat, padat, dan jelas!

Tampil PD dan “mengalir” saat presentasi bisa dilatih dan akan terlihat hasilnya sesuai jam terbang kita.

Selalu terbuka dengan masukan terkait penampilan kita tersebut agar bisa “ngoceh lebih baik lagi pada kesempatan berikutnya 😉

Apa cara agar tidak gugup saat presentasi yang paling jitu menurutmu?

Yuk, diskusikan di kolom komentar!

Salam hangat,
Sitta

 

*) Feature image: Sitta Karina



Leave a Comment

  • (will not be published)


3 Responses

  1. kalau saya yang paling jitu adalah menguasai materi, karena jika menguasai materi maka semua akan berjalan dengan lancar setidaknya pertanyaan audience bisa kita terima dan jawab dengan baik..,, kalau gugup cara ngatasinya adalah dengan keterbiasaan, latihan dan berani.. kalau semua udah oke, presentasi akan lancar…

    Reply
  2. Anis

    Mbak mau request donk tolong rekomendasi kaca mata hitam yang “Fungsional” dan tips untuk memilihnya.
    Makasih

    Reply
  3. setuju mbak. klo saya intinya persiapan, ya siap materi ya siap mental ya siap segalanya. artinya byk yg harus disiapin. klo udah merasa siap hati rasanya jadi lebih tenang dan jauh dari tegang….

    Reply