10 Powerful Things You Can Do in 10 Minutes


cupofjo

10 menit sering kali berlalu begitu saja. Tapi, ternyata banyak hal bermanfaat dan impactful yang bisa kita lakukan dalam waktu sesingkat ini. Sampai sekarang saya baru melakukan 10 kegiatan, dan tentunya ini bisa saja berkembang:

1. Coba yoga for beginner
Pertama kali dengar Yoga, saya berpikir, ini pasti boring dan bikin ngantuk banget deh. Tapi, bayangan itu langsung hilang pas nyoba latihan yoga-nya Tara Stiles yang ritmenya tidak lambat namun gerakannya mengalir dan “powerful”. Saat kita sudah nggak ngos-ngosan lagi menjalani yoga selama 10 menit, coba tingkatkan durasi jadi 30 menit, dan berikutnya lagi menjadi 50 menit. It’s fun and challenging!

10 powerful things - 2 - Pinch of YumFoto via Pinch of Yum

2. Bikin healthy meal yang simpel
Lapar dan ingin segera makan? Tahan dulu buka kemasan snack instanmu yang kadar gula, garam, dan lemak jenuhnya tinggi. Bikin avocado toast dengan telor seperti resep ini. Bikin kenyang, berenergi, dan tetap sehat.

3. Latih skill menulis
Menulis itu gampang? Ternyata nggak lho kalau nggak dilatih. But, fear not… Hanny @beradadisini membagi tips merumuskan ide, menuangkan dalam bentuk tulisan, sampai memilih judul dengan paparan yang mudah dimengerti di sini.

4. Baca 1 kisah inspiring dari Chicken Soup for the Soul
Mendengarkan kisah yang menggugah hati akan menggerakkan diri untuk berbuat lebih baik, lebih banyak lagi. Dalam kehidupan serba sibuk ini, saya berusaha menyempatkan waktu membaca inspiring story khas Chicken Soup for the Soul yang dikirim via email. Suka versi buku terjemahannya? Tinggal beli di toko buku besar maupun online 😉

5. Teruskan baca buku how-to yang sempat tertunda
Kenapa dengan baca buku, bukannya browse artikel secara online aja? Jangan sampai kebiasaan membaca buku jadi mati karena keseharian kita yang udah mengoperasikan segala hal (termasuk kegiatan membaca) via smartphone. Kalau lagi “kram otak” dan nggak kepingin baca yang berat-berat, bisa ganti si buku how-to dengan fiksi kesayanganmu. Mulai dari kisah socialite Hanafiah, fantasi seperti Magical Seira sampai momlit macam Rumah Cokelat, semua bisa dilihat di sini.

 

10 powerful things - 3 - Paperdiva StudioFoto via Paperdiva Studio

6. Belajar brushlettering
Nggak semua orang (contohnya saya) enjoy mewarnai seperti tren yang sedang berlangsung belakangan ini. Kegiatan mengayun jemari lainnya yang bisa kita lakukan (dan sama-sama memberikan efek rileks) adalah belajar brushlettering! Alat yang digunakan juga nggak sulit ditemukan: hanya cat air, kuas, dan kertas gambar. Nggak hanya prosesnya yang menyenangkan, hasil akhirnya pun bisa langsung dipajang.

7. Bikin art print keren dari foto di smartphone
Ubah foto di smartphone menjadi gambar hitam-putih dengan VSCO, print, lalu letakkan pada frame warna-warni yang sudah dibeli sebelumnya di Ikea. Woo-hoo! You just made beautiful, instant art 😉

8. Kumpulkan barang layak pakai di kamar untuk disumbangkan ke panti sosial
De-cluttering kali ini nggak usah repot-repot maupun bikin capek. Area yang disisir bisa dipilih, misalnya satu lemari saja, atau satu kabinet kecil di sisi meja kerja. Taruh barang bekas yang sudah kita pilih ke dalam boks kardus bertuliskan “UNTUK DONASI”. Saat barang sudah memenuhi kardus, tinggal putuskan akan disumbangkan ke siapa. Ruangan yang lega tentunya bikin nyaman, daaan.. bikin ide-ide baru bermunculan!

9. Workout seperti video-video Popsugar Fitness
Kalau saya sedang tidak melakukan yoga dan zumba, saya pasti akan memilih salah satu 10-min workout Popsugar Fitness yang koleksinya lengkap banget. Hemat waktu, tapi berdampak besar lho ke tubuh. Lakukan ini secara rutin, minimal 3x dalam seminggu, dan lihat deh hasilnya dalam sebulan.

10. Mengobrol hangat dengan orang terdekat
Ini mood-booster yang tanpa kita sadari bikin bersemangat tiap hari. Interaksi berarti hanya dapat terjalin dengan fokus dan perhatian kita yang sepenuhnya tercurah dengan lawan bicara. Tapi, kali ini pastikan topiknya yang nyaman dibicarakan kedua belah pihak; bisa dengan pasangan, sahabat, maupun anak. Membuka hari atau bahkan menutup hari dengan kebiasaan kayak begini bikin level of happiness kita dijamin naik!

Ada powerful thing yang menurutmu pantas jadi nomor 11? Please shoot it in the comment section ! 😉

 

*) Featured image via Cup of Jo


Tags: , , ,


Leave a Comment

  • (will not be published)

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


8 Responses

  1. Baru saja coba yang work-out dari Popsugar. Ampun, keringat langsung mengucur deras padahal gak ikut full 10-mins! >< Tapi baru sekali aja udah nagih pengin lagi 🙂

  2. Saya sangat suka membaca buku. Menghabiskan buku buku yang tak sempat saya baca karena sibuk oleh kerjaan di kantor.

  3. @Nissa – This is what I do as well! Sedikit tapi berkelanjutan lebih baik daripada banyak tapi hanya sekali ya 🙂

  4. Nabila

    Having some quality time dengan cara meminum minuman favorit seperti kopi atau teh! Biasanya ini selalu jadi cara yang jitu di saat aku lagi suntuk di kantor 😀