8 Cara OK Tambah Uang Saku


IMG_1805

Dapat tambahan uang saku memang selalu menyenangkan, apalagi jika caranya mudah. Serunya lagi, ini bahkan bisa dimulai sejak usia SD!

Saat masih sekolah atau kuliah, biasanya kita masih dapat uang saku dari bokap-nyokap ‘kan? Nah, kalau mau iseng coba cari uang sendiri di sela-sela waktu sekolah dan kuliah , ada beragam cara yang bisa kita coba—dan beberapa sudah saya dan teman dekat coba—sebelumnya. Uniknya, proses mendapatkan extra money ini ternyata nggak kalah seru dari hasil uang yang kita dapatkan. Apa saja ya?

1. Jual buku bekas (bisa dilakukan oleh si: SD, SMP, SMA, anak kuliahan)
Karena koleksi buku saya sudah terlalu banyak, saat si bungsu Nara lahir dan kami pindah ke rumah yang jauh lebih mungil dari rumah ibu, mau tidak mau saya harus menyingkirkan banyak sekali buku demi bisa cukup di rak vertikal dan rak dinding. Cara jualannya online, dengan membuat temporary blog dan mengiklankannya via media sosial. Karena statusnya second, pastikan harga jualnya jangan kemahalan. Kalau bisa setengah dari harga beli agar ludes seketika.

2. Bikin slime (bisa dilakukan oleh si: SMP, SMA, anak kuliahan)
Apaan sih slime itu? Teman-temannya Harsya (si sulung) mendefinisikan slime sebagai benda lengket, kenyal, dan bisa dipilin-pilin tangan. This little toy is a huge trend among kids! Dan ternyata cukup banyak yang menjualnya secara online. Kita pun juga bisa bikin slime sendiri dan jual ini lewat akun media sosial kita. Link tadi adalah video cara membuat slime yang paling Harsya suka 🙂

3. Jadi barista di coffee shop (bisa dilakukan oleh si: anak kuliahan)
Ngopi itu enak. Tapi, gimana rasanya jadi penyedia kopinya ya? Apalagi kerja 8 jam sehari, dan kerjaannya nggak cuma nyediain kopi aja, melainkan ngepel dan cuci piring-gelas. Baca kisah Neng Mumun tentang saat menjadi barista Starbucks ini ternyata seru dan heboh ribetnya. Pada akhirnya, nggak cuma uang yang kalian dapatkan, tapi juga pengalaman yang priceless.

4. Jual silky pudding (bisa dilakukan oleh si: SMA, anak kuliahan)
Silky pudding kayak gini lagi trending banget! Dan ternyata, cara bikinnya sama sekali nggak sulit. Teman sekompleksnya Harsya bahkan pernah jualan puding ini dan berhasil ngumpulin 1,5 juta dalam seminggu. Intip resepnya dan segera susun strategi marketing-mu ya!

 

tamanpolkadot1Foto via instagram.com/tamanpolkadot

 5. Bikin usaha goodie bag untuk pesta (bisa dilakukan oleh si: anak kuliahan)
Suka menghias atau bikin hiasan pesta? Hobi satu ini bisa dijadikan sumber penghasilan. Apalagi parents jaman sekarang suka banget bikin pesta yang super-eksis buat anak-anaknya. Contoh usaha goodie bag dan party decor yang sukses dan menjadi langganan para artis adalah Taman Polkadot milik sepupu saya.

6. Gelar garage sale (bisa dilakukan oleh si: SMP, SMA, anak kuliahan)
Berapa banyak baju yang cuma sekali pakai lalu ngerasa nggak sreg dengan modelnya? Kalung yang modelnya udah nggak up-to-date padahal kondisinya masih bagus? Hari Senin sampai Jumat, beres-beres dan sortir semua barang tersebut. Sabtu-Minggu langsung gelar garage sale di depan rumah. Jangan lupa sounding via Instagram dan gandeng temen-temen yang jago bikin snack & drinks untuk teman milih-milih barang preloved-mu. Barang apa aja yang jadi incaran thrifty shoppers selama ini bisa kamu lihat contohnya di Pink Garage Sale.

7.  Jual foto (bisa dilakukan oleh si: SMA, anak kuliahan)
Hobi motret, baik itu dengan kamera saku, DSLR, maupun smartphone, berarti bisa ubah hobi ini jadi uang. Jual karya fotomu secara online maupun offline (ke teman dan kolega yang lagi butuh photo stock tertentu). Kegunaan foto saat ini nggak cuma buat ulasan berita aja, tapi juga untuk kebutuhan blog post, cover buku, web header, product mockup, banner acara, dan masih banyak lagi. Terutama buat orang-orang kayak saya yang kadang nggak sempat bikin foto sendiri.

8. Kontributor koran, majalah, dan blog (bisa dilakukan oleh si: SMA, anak kuliahan)
Hampir semua media massa di Indonesia juga punya situs beritanya sendiri. Mulai dari koran KOMPAS sampai majalah Gogirl!. Kamu bisa jadi kontributor tamu di situ yang tentunya dari tiap artikel atau cerita yang dimuat, akan mendapatkan honor. Bahkan nggak hanya media massa saja, beberapa blog pun kini menerima tulisan di luar si blogger sendiri. Kamu bisa diskusikan benefit apa yang bisa kamu dapatkan dengan submit tulisanmu. Bisa berupa honor atau barter dengan produk/benefit lainnya.

Ada lagi cara tambah uang saku yang OK menurutmu? Yuk, kita diskusikan di bagian comment 🙂

*) Featured image: Sitta Karina


Tags:


Leave a Comment

  • (will not be published)

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


8 Responses

  1. @Fiona – wah bisa dapet weekly salary segala itu seru banget! Teruskan ya, siapa tahu berikutnya kamu jadi penerus biz ibu

  2. Ama

    Mbak orangnya gak pelit ilmu ya :””) hehe kagum

  3. Fiona R.

    gue bantu nyokap catering dan dpt weekly salary dr situ. bikin slime skrg lg bnyk banget deh.. adek juga ikut2an karena nonton nickelodeon 😉