Makan Sayur dan Buah yang Mudah Plus Enak


blog sittakarina - Makan Sayur dan Buah yang Mudah Plus Enak

Semangat on fire, tapi badan gampang capek? Coba makan sayur dan buah.

Ah, tapi susah nelennya! Belum lagi, nyiapinnya ribet.  Padahal, di sisi lain, badan mesti fit dan nggak boleh ambruk ketika sibuk berkutat dengan rutinitas 9 to 5.

Sayangnya, yang terjadi justru kebalikannya. Ketika beban pekerjaan bertambah, level stres pun ikut meningkat sehingga memengaruhi cara kita makan. Yep, jadi emosional, bukannya penuh kesadaran. Lapar sedikit, langsung GOJEK-in burger atau martabak.

Jika gaya makan seperti ini terus-menerus dibiarkan, keseimbangan di dalam pencernaan jadi terganggu. Sudah ketebak dong, apa yang akan terjadi berikutnya… kita jadi mudah jatuh sakit. Mulai dari sakit ringan seperti batuk-pilek sampai yang berat.

Jadi, current goal saat ini sudah jelas, yakni lakoni healthy snacking begitu sinyal lapar terdeteksi. Dahulukan makan sayur dan buah sebelum camilan instan yang kaya micin (I know, who can resist?).

Tapi kan mahal kalau harus beli salad pack terus-menerus? Nah, coba DIY (baca: do it yourself) aja! Siapkan makanannya dari rumah dan pastikan kita menggunakan wadah plastik yang aman untuk makanan. Pas sampai kantor, tinggal titip simpan di kulkas pantry deh!

 

Snack healthy, live longer

Kenapa sih saya cerewet soal membiasakan makan sayur dan buah walau cuma snacking? Soalnya, ini merupakan kebiasaan kecil berdampak besar. Keluarga besar saya langganan berbagai macam penyakit berat seperti diabetes tipe 2, serangan jantung, stroke sampai berbagai macam jenis kanker.

Dan percaya atau tidak, semua itu dimulai dari kebiasaan makan, termasuk kualitas snack yang kita santap dalam skala kecil tapi sering. Saat perut terasa kenyang dan tubuh tidak kleyengan lagi, kita merasa sudah beres. Padahal,  apabila kita terbiasa “berinvestasi” pola makan yang didominasi junk food di masa muda, kemungkinan besar kita menuai hasil sama seperti yang kebanyakan orang alami saat usia memasuki pertengahan tiga puluh, yakni munculnya bermacam penyakit berat.

blog sittakarina - Makan Sayur dan Buah yang Mudah Plus Enak 2

 

Resep makan sayur dan buah tanpa ribet

Lantas, bagaimana caranya agar buah dan sayuran dapat tertelan tanpa merasa eneg? Kalau ini kesulitanmu, coba intip beberapa resep mudah berikut yang pernah saya coba di rumah:

  1. Fast, easy salad – potong  selada, timun, tomat, apel, dan biskuit tawar, lalu aduk dalam mangkok salad. Tambahkan saus Thousand Island, sedikit madu, dan parutan keju di atasnya.
  2. Veggie smoothie – buat power smoothie yang mudah dan enak dengan mencampur sayur bayam, apel, dan pisang.
  3. Fruit/veggie with peanut butter dip – padukan dengan apel, pisang, pir, stroberi atau bahkan batang sawi!
  4. Fruit/veggie with cheese dip – padukan dengan brokoli, zukini, wortel, dan… errr, semua sayuran yang selama ini susah ditelan

Khusus untuk veggie smoothie, kita bisa coba beberapa kombinasi buah dan sayuran untuk diracik. Contekannya bisa dilihat pada infografik resep smoothie di atas.

blog sittakarina - Makan Sayur dan Buah yang Mudah Plus Enak 3

Veggie smoothie is my favorite post-workout snack! Kandungannya  yang kaya cairan dan bergizi tinggi diyakini bisa memperbaiki otot-otot yang dipakai berolahraga, mengisi kembali energi yang terbuang, serta meningkatkan sensitivitas insulin tubuh dalam mencerna karbohidrat.

Ehem… tau nggak siapa yang doyan menenteng veggie smoothie pas habis workout?

Yep, it’s Gisele Bündchen!

Cerita dong di bagian comment, seperti apa kebiasaanmu mengunyah buah dan sayuran selama ini: makan langsung atau diolah dulu?

 

*) Feature image via @urbanpixxels


Tags: ,


Leave a Comment

  • (will not be published)

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


4 Responses

  1. Vicky – Beberapa buah kuat disimpan selama 3 hari dalam wadah plastik di kulkas, seperti apel, pir, jambu air, mangga.

  2. Ide-idenya bagus sekali, Sitta. Saya sendiri mengakui bahwa kendala terbesar saya untuk makan buah adalah males motongnya. Males ngupasnya. Males ngeblendernya. Makanya saya cenderung milih pisang yang tinggal digigit doang.

    Cuman persoalannya, kalau saya mesti nabung stok potongan-potongan buah untuk dimakan 3 hari ke depan, emangnya gak jadi busuk? Biarpun disimpan di kulkas..

  3. Nabila – ini keren banget! Biasanya saya potong buah 4x dalam sehari utk suami dan anak2. Sebagian dibawa untuk bekal beraktivitas, sisanya utk ngemil sore dan setelah makan malam 🙂

  4. Nabila

    Meniru dari kebiasaan mamaku di rumah, setiap hari minggu aku biasanya belanja stok buah-buahan untuk 3-5 hari ke depan. Setelah buah di cuci, terus di potong-potong dan di simpan dalam wadah yang kemudian ku masukkan dalam kulkas. Jadi, setiap kepingin ngemil bisa dengan mudah mengambil buah potong tersebut. Karena biasanya kalopun ada buah dan masih belum dipotong, aku malas makannya hehehe. 😀