Mencuci Lebih Irit untuk Semua Jenis Pakaian? Bisa Dong!


rinso-cair-blog-2

Solusi praktis yang bikin mencuci jadi hemat waktu!

Akhirnya ada juga satu deterjen yang bisa digunakan untuk semua jenis pakaian.

Berapa jenis deterjen (termasuk pembersih pakaian lainnya) tersimpan di rak cuci kita; pasti lebih dari satu ‘kan? Untuk beberapa jenis pakaian (terutama yang branded), sampai sekarang saya memilih untuk mencuci secara terpisah dengan deterjen khusus.

Pilihannya dari dulu selalu sama, yakni Rinso Cair.

Produk ini pun saya pilih gara-gara mencari tips cara membersihkan noda opor ayam yang sangat berminyak. Jadi, mulai deh googling ke sana-sini hingga akhirnya sampai ke ke sini yang website-nya informatif banget!

Selama beberapa bulan, saya tetap menggunakan “cara ribet” ini: mencuci pakaian sehari-hari dengan deterjen bubuk, sedangkan untuk beberapa pakaian khusus pakai Rinso Cair.

Makan waktu, sih.

Tapi demi bisa hemat pengeluaran bulanan, why not? Ibu-ibu banget ya 😀

Nah, tiba-tiba stok deterjen bubuk habis pas sesi mencuci baru dimulai. Mau nggak mau jadi pakai yang ada dong, alias si Rinso Cair.

Dengan mengikuti takaran yang disarankan: 1 tutup botol (35 ml) untuk 15-20 helai pakaian, ternyata kerasa lho mencuci seluruh pakaian, tanpa dipisah-pisahin lagi, jadi jauh lebih ringan dan prosesnya pun lebih cepat.

Rupanya ini karena deterjen cair lebih mudah meresap ke serat kain dibanding deterjen bubuk, otomatis lebih mudah untuk mengeluarkan noda pada pakaian. Ini berarti deterjen cair bekerja 2x lebih efektif dibandingkan deterjen bubuk. In short, mencuci pun jadi jauh lebih hemat tenaga, hemat waktu, dan hemat pemakaian air.

Selain 5 kelebihan yang sudah ada, ada lagi nih bonus yang paling saya suka dengan memakai Rinso Cair:

– Nggak perlu lagi membeli pewangi dan pelembut pakaian! Soalnya Rinso Cair ternyata wangi banget dan lembut (iya, nggak cuma lembut di pakaian, tapi juga di tangan. Jadi saat si mbak lagi unavailable, dengan senang hati saya menggantikannya untuk mencuci 🙂

– Nggak perlu lagi menggunakan air hangat yang katanya lebih efektif mengangkat noda seperti ketika mencuci dengan deterjen bubuk.

– Nggak perlu memperbanyak takaran deterjen cair demi pakaian jadi lebih bersih (seperti saat menggunakan deterjen bubuk).

Sedikit tips dari saya saat mencuci dengan Rinso Cair: apabila ingin mencuci pakaian dengan beberapa proses mencuci berbeda (dengan maupun tanpa mesin cuci), sebaiknya tuang dulu 1 takaran tutup botol Rinso Cair ke wadah terpisah lalu tambahkan air sedikit. Bagi dua Rinso Cair tersebut (atau sesuaikan dengan perbandingan pakaian yang dicuci dengan mesin maupun tangan) untuk masing-masing proses mencuci. Dengan begini, penggunaan Rinso Cairnya jadi tetap ekonomis.

Akhirnya sekarang saya pun memutuskan untuk menggunakan Rinso Cair untuk semua jenis cucian dan yakin meninggalkan deterjen bubuk. Nah, bagi yang sudah coba Rinso Cair, share dong pengalaman dan tips mencuci kalian di sini 🙂

 

Artikel ini merupakan partnership dengan Rinso, namun opini di dalamnya berasal dari redaksi Anything Sitta Karina.



Leave a Comment

  • (will not be published)


6 Responses

  1. amanah

    saya niat beralih ke detergent cair ini tapi nempatin di wadah mesin cuci front loading dimana ya, di pre wash, main wash atau pelembut?

    Reply
  2. annisa

    ah cinta bgt sama postingannya mba, thanks ya! baru ditinggal ART mendadak nih, jd helpful bgt. selama ini pake rinso cair utk baju dalem n jersey2 basketnya pak suami aja, ternyata oke ya, dan lebih praktis. jadi ngga sabar pengen nyuci 😛

    Reply
  3. @Arin — Tadinya saya juga kayak gitu 🙂 Ternyata jatuhnya malah lebih irit. Karena sesudahnya nggak perlu lagi pakai pelembut dan pewangi pakaian. Apalagi kalau cuci di mesin cuci; 1x cuci bisa sekaligus 20 lembar baju.

    Reply
  4. Arin

    Emang sih banyak yang bilang gitu. tapi masih ngerasa Rinso Cair mahal nih x) jadi aku pakai bubuk tetap yang utama, rinso cair untuk baju2 khusus aja mba :))

    Reply
  5. Anisa Subagyo

    Wah setuju banget. saya pakai di rumah malah lebih awet. saya pake yang rinso cair molto warna pink mba..

    Reply