Menjaga Tubuh Tetap Ideal Setelah Berhasil Turunkan Berat Badan


Blog Sittakarina - Menjaga Tubuh Tetap Ideal Setelah Berat Badan TurunPerjuangan belum selesai.

Berat badan sudah turun sesuai yang diinginkan?

Ah, selamat!

Akhirnya kerja keras selama ini—ngemil semangka daripada Chitato, olahraga di saat lagi pengen leyeh-leyeh—membuahkan hasil yang manis.

Bagi yang pernah mencoba lakukan ini dan sibuk melirik ke tabel berat badan ideal, pasti tahu betapa menantangnya upaya ini.

Tak hanya modal tekad kuat, proses menurunkan berat badan pun membutuhkan waktu yang berbeda pada tiap orang.

Kita tahu usaha menurunkan berat badan tidak mudah dilakukan. Oleh karena itu, melakukannya pun tak boleh sembarangan. Menurunkan berat badan hanya boleh sebanyak 0.5-1 kg tiap minggunya. Jika penurunan yang terjadi terlalu drastis, maka dampak buruk pun akan bermunculan, mulai dari tubuh kehilangan otot, kekurangan nutrisi, sampai terkena penyakit batu empedu.

Dan ini terjadi nggak hanya pada wanita, melainkan juga pria!

Sena yang aktif di bagian PR kantor pernah mengalami ini. Wanita tinggi 155 cm ini merasa badannya kelebihan 10 kg. Ini diketahui setelah Sena mencari-cari cara menghitung berat badan ideal menggunakan Indeks Massa Tubuh (BMI).

Dibakar keinginan untuk langsing (masa’ PR girl badannya kayak toren air!), Sena pun diet membabi-buta. Pagi hanya minum kopi, siang kalap, dan malamnya tidak makan sama sekali.

Berat badannya turun 3 kg dalam seminggu. Prestasi yang luar biasa baginya.

Sayangnya, sepuluh hari menjalani itu, Sena dilarikan ke rumah sakit. Ia pun sempat break down; ingin kurus, tapi nggak ingin jadi sakit begini. Masih segar di ingatan berapa angka yang mesti dicapainya sesuai kalkulator berat badan jika ingin memiliki tubuh yang ideal.

Beda lagi dengan cerita Arum. Setelah enam bulan menjalani diet dan berolahraga, berat badannya susut 7 kg dan kulitnya jadi lebih glowing.

Pokoknya, Arum menang banyak, deh!

Tapi, memasuki bulan ketujuh, ia terkejut setengah mati ketika timbangan malah menunjukkan beratnya kini naik 3 kg.

Baca juga: 4 Menu Sarapan Pagi Sehat Tanpa Ribet

Setelah diingat-ingat, Arum memang lebih longgar menjalani pola makan setelah BB idamannya tercapai. Biasanya di malam hari ia makan grilled chicken, sedikit nasi, dan semangkuk lalapan, kini di piringnya malah tersaji ayam goreng, nasi, kering tempe, dan lalapan. Sayurnya tetap ada sih, tapi jumlahnya cuma sedikit!

Paniklah Arum mendapati ini. Sudah sukses—dan setengah mati—menjalankan program diet, kenapa sekarang BB malah naik lagi?

Sebenarnya bisa nggak sih kita tetap memiliki tubuh yang ideal setelah berhasil menurunkan berat badan?

Ternyata bisa, kok.

Tapi, jangan harap caranya bisa instan.

Nah, jika ingin berat badan sekaligus kesehatan terjaga dengan baik, mulai sekarang kita perlu membiasakan ini:

1. Train your mind and your body will follow
Salah kaprah yang sering terjadi adalah “Body goals ‘kan udah tercapai, jadi bisa dong gue makan sesuka gue lagi!”.

Berat badan ideal justru bisa tercapai—dan tetap terjaga—jika kita mempertahankan mindset dan kedisiplinan yang sama seperti saat kita sedang berusaha menurunkan BB.

Jadi, ubah cara berpikir kita tentang ini. Jika pikiran sudah menerima mindset terebut, maka melatih tubuh untuk hidup sehat jadi lebih mudah.

2. Jadikan makan sehat gaya hidup
Jika kita mampu menjalani clean eating selama proses diet, maka hal tersebut semestinya sudah jadi kebiasaan, dong. Mempertahankan kondisi tubuh yang ideal tentunya butuh konsistensi. Jadi, lanjutkan pola makan sehat tersebut walau perjuangan menjadi langsing sudah berakhir.

3. Tetap berolahraga
Saat menurunkan berat badan, kita amat rajin berolahraga. Begitu badan slim, semangat pun jadi kendor. Yang tadinya menyempatkan lari pagi tiap hari, lama-lama jadi seminggu sekali hingga akhirnya berhenti total. Padahal, lari pagi amat bermanfaat bagi kebugaran tubuh.

4. Cheat meal, bukan cheat day
Sesuai namanya, tidak lebih dari 3x cheat meal dari seminggu. Jangan sampai kita malah bablas makan enak mulai dari sarapan sampai makan malam alias cheat day. BB sebagian orang dengan mudah melonjak setelah wisata kuliner seharian. Sayang ‘kan kerja keras kita selama ini jadi sia-sia 😊

Agar tubuh yang ideal dapat terus dipertahankan, kita perlu melakoni hidup sehat sebagai lifestyle. Melakukannya dari hati dan atas dasar kesadaran, bukan menganggap sebagai beban.

Pernah punya pengalaman seperti ini juga? Jangan lupa berbagi ceritanya di sini, ya.

 

Feature image: @yuay



Leave a Comment

  • (will not be published)


One Response