7 Langkah Cara Buat Foto Keren untuk Blog dan Instagram


Blog Sittakarina Cara Buat Foto Keren untuk Blog dan Instagram-1

Foto yang jernih merupakan jiwa penunjang konten blog dan akun media sosial kita. Sayangnya,  jarang yang membahas seperti apa step-by-step yang mudah diikuti orang awam. Padahal, di zaman serba visual seperti sekarang ini, kehadiran foto dan gambar tersebut pada tiap konten, tiap post, dan tiap status update yang kita buat bisa dibilang wajib ada.

Menurut Jeff Bullas, artikel yang menyertakan image di dalamnya 94% lebih banyak dilihat dari yang tidak. Selain itu, tweet with image ternyata akan mendapatkan 150% kemungkinan retweet lebih banyak dari tweet without image. Kebayang ‘kan betapa besarnya dominasi konten visual saat ini!

Sebagai blogger / instagrammer yang rajin merawat blog serta Instagram feed-nya dengan baik (ehem, berusaha profesional), berarti sudah saatnya kita juga berlatih bikin foto yang cantik. Nggak perlu harus beli kamera SLR segala, kok. Yang penting kuasai kiat-kiat fotografi yang basic dulu saja. Saya pun mempelajarinya pelan-pelan, secara bertahap, dan ternyata it’s a fun thing to do 🙂

Jadi, dalam post kali ini saya akan mencoba mengulas langkah-langkah cara buat foto blog dan Instagram yang oke dan bikin post kamu makin banyak diklik:

1. Tentukan tema
Foto seperti apa yang ingin kita tampilkan? Apakah proses behind the scene, foto produk, foto penunjang cerita fiksi, foto yg menggambarkan mood seperti yang digambarkan dalam post? Tema foto-foto kita secara menyeluruh merupakan salah satu hal krusial dalam cara buat foto yang oke. Pastikan kita sudah tentukan tema foto sebelumnya. Setelah tema tercipta, godok kembali ide tersebut untuk melihat apakah tema dan hasil akhirnya fotonya sudah relevan dengan post kita.

2. Gunakan kamera dengan resolusi minimal 12MP
Jika ingin hasil foto yang cantik, setidaknya kita harus memiliki kamera beresolusi tinggi. Dan kembali lagi saya tekakan, kamera seperti ini tidak harus berjenis SLR (Single-Lens Reflex). Selain karena harganya cukup tinggi, kita perlu alokasikan waktu untuk mempelajari teknik-tekniknya lagi. Bagi kamu yang memiliki banyak waktu untuk melakukan ini, go ahead. Tapi, bagi yang tidak (seperti saya yang kegiatan utamanya mengurus rumah tangga dan menulis), pastikan kamu selalu menjepret dengan kamera beresolusi 12MP. Bisa berupa kamera smartphone maupun kamera saku.

3. Natural lighting is the best!
Untuk hasil foto yang terang secara natural, pastikan fitur flash light pada kamera dalam posisi dimatikan dan gunakan pencahayaan alami dari arah jendela atau pintu yang terbuka sebagai sumber cahaya. Jadi, letakkan objek yang akan difoto tepat di tepi jendela seperti gambar di bawah ini. Untuk menghindari hasil foto dengan saturasi terlalu tajam, waktu pemotretan berperan sangat penting. Lakukan saat posisi matahari tidak terlalu tinggi, yaitu sekitar jam 8-9 pagi atau jam 4-5 sore.

Blog Sittakarina Cara Buat Foto Keren untuk Blog dan Instagram-2 Foto via Design Eat Repeat

4. Pentingnya backdrop
Semua foto yang saya buat untuk blog dan Instagram tak ada yang diambil begitu saja, tinggal drop & snap tanpa memperhatikan apa yang menjadi latar belakang objek tersebut. Kebetulan, karena lantai keramik di rumah saya memiliki corak menyerupai marmer dan masing-masing kotaknya berukuran cukup besar (80 x 80 cm) maka sering kali latar foto saya untuk white background cukup menggunakan satu kotak lantai keramik ini 😉 Selebihnya, benda apa lagi ya yang kira-kira dapat dijadikan backdrop? Daftar wajib-punya saya antara lain: karton putih, meja kayu dengan permukaan bertekstur, aneka syal dan pashmina, kertas daur ulang warna coklat, dan berbagai nampan fancy yang saya beli di flea market.

5. Latih angle
Sudut potret (angle) sangat mempengaruhi hasil foto kita. Angle yang pas dari tiap objek yang akan kita foto tentunya berbeda-beda. Contoh, angle saat saya memotret lipstik biasanya dari atas dan hasil fotonya berupa flat lay. Sedangkan, angle yang saya pilih untuk lukisan (seperti saat saya membuat foto produk untuk canvas print Paperdiva Studio) adalah dari depan, sedikit ke bagian kanan. Bagaimana menentukan angle yang tepat? Caranya dengan berlatih sesering mungkin dengan berbagai objek foto.

6. Tentukan satu nuansa foto yang diinginkan
Agar serasi dan indah dilihat, sebaiknya tentukan maksimal dua nuansa foto pada feed blog dan Instagram kita. Pilihan untuk Instagram saya secara umum dark (nuansa senja dan hitam-putih) dan bright (nuansa putih dan pastel). Contoh lain yang menurut saya keren adalah akun Instagram Sam Ushiro yang didominasi pastel dan Nadya Esmeralda yang feed-nya secara seimbang terdiri dari nuansa warm dan white-bright. Feed yang cantik bikin saya betah berlama-lama di situ, dan pastinya, ingin mengunjungi blog itu kembali.

7. Gunakan photo editing app
Ini dia tips terpenting cara buat foto blog dan Instagram yang keren! Ya, jangan pernah pajang foto yang sama sekali belum di-edit. Namanya konten visual, tujuannya pasti ingin menyampaikan pesan melalui apa yang ditangkap mata ‘kan. Jadi, pastikan pesan tersebut, yang diwakilkan oleh foto kita, sampai dengan baik dan berkesan di hati pengunjung blog kita. Untuk proses editing ini, saya paling suka pakai app VSCO. Bisa untuk iOS maupun Android. Tinggal download pada smartphone lalu operasikan menggunakan filter-filternya yang keren. Setting yang paling sering saya gunakan pada VSCO saat mempercantik foto jadi bright adalah:

HB1 (sebelumnya download dulu filter HYPEBEAST X VSCO)
Exposure   +2
Saturation   +1
Highlights save   +3
Shadow save   +1

Saya akan coba edit foto yang baru diambil kemarin ini. Ternyata cincin-cincin emas H&M ini nggak hanya cocok untuk dipakai, tapi juga OK buat jadi props foto 😍

Blog Sittakarina Cara Buat Foto Keren untuk Blog dan Instagram-3Sebelum menggunakan app VSCO

Daaaan… seperti apa hasil akhirnya?
Ta-daaa!

Blog Sittakarina Cara Buat Foto Keren untuk Blog dan Instagram-4Sesudah menggunakan app VSCO

Ini tips versi saya tentang cara buat foto blog dan IG yang keren. Tentunya masih banyak tips lain yang oke, juga aplikasi fotografi lainnya, berbayar maupun free, yang dapat membantu kamu. Ada yang bisa menambahkan tips ke-8, 9, dan seterusnya? 🙂

*) Featured image: Sitta Karina


Tags: , , ,


Leave a Comment

  • (will not be published)

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


52 Responses

  1. Makasih banyak mba sitta kirana,
    Aku juga selama ini bingung cari app editing yang bisa digunakan di android..

    Sangat membantu..

    Selain vsco apa lg ya mba applikasi editing yg lain..

  2. Harus banyak belajar neh,…… Biasanya cuma jepret jepret saja tanpa memperhatikan hal-hal diatas

  3. This is very helpful. Langsung catet buat dipraktekkan besok. Tapi ada cara lain nggak buat natural lighting? Di kamarku sinar mataharinya jelek banget 🙁

  4. Bisa coba juga aplikasi editing PhotoScape. Tapi saat ini hanya bisa digunakan di PC atau Laptop. Aku selalu pakai PhotoScape untuk edit foto blogku. 🙂

  5. Aya – Hahaha #salahfokus abis! Nah, agar bisa dilakukan dalam satu kali kerja, pastikan ambil foto dari angle berbeda dalam beberapa shots ya

  6. Nafisahnaz

    Terima kasih untuk artikelnya ya Kak Sitta!! ^^

  7. aya

    Mbak, cincinnya banyak *gak penting wkkwkwkw

    suka yang point tentang angle, saya juga kalau motret selalu mencari different view hohoohoh

  8. Febrianty – Selain VSCO, bisa juga Snapseed. Yang penting foto untuk konten dibuat sejernih mungkin 😉

  9. setujuuu natural lighting emang the bessst XD
    aku setiap edit foto selalu main di brightness sama contrast aja sihh, hasil lebih ciamik :))

  10. Wah nice info mbak..sy juga tertarik nih memperbaiki foto pendukung tulisan di blog cuma sudah semingguan cari aplikasi utk edit foto tapi blm ketemu juga. Noted:App VSCO ya 😀

  11. makasih bangets kaka atas tipsya, aku lg nyari2 tips biar instgramku fotonya keren2

  12. Saya biasanya pake app editing snapseed sama perfectly clear sih mbak. VSCO ada, cuma ga paham cara editingnya. Hehehe

  13. Trims banget kiatnya, mbak. saya sudah mengunduh aplikasi vsco. Habis ini saya coba terapkan kiatnya 🙂

  14. Rosanna – Sama-sama! 🙂 Nama bisa berubah kayaknya karena comment post berasal dari IP yang sama

  15. Membaca artikel ini bikin saya ingin memperbaiki feed instagram saya. Thanks ya Mbak. Ini info bermanfaat.

  16. Diza – Gampang kok! Tinggal buka aplikasi VSCO di ponsel, klik icon shopping bag sebelah kanan atas, lalu pilih HYPEBEAST X VSCO. Sementara ini sepertinya bisa download gratis 😉

  17. Setuju kalau foto blog & instagram harus keren. Paling tidak ya gak blur ehehhee… Saya sering edit pakai snapseed mba, hasilnya jg bagus 🙂

    Thanks for sharing mba Sitta 😊

  18. Cara donlod hypebeast nya gimana sih? hasil vsco nya keren tapi masih bingung pakenya 😓😓😇

  19. Anggun

    Artikelnya pun super keren 😆😆😆 thank youuu kak!