Bosan dengan Kopi Hitam? Coba Tambahkan Ini


Blog Sittakarina - Bosan dengan Kopi Hitam Coba Tambahkan IniSelain kopi hitam, racikan teman-temannya ini seru buat dicoba.

Apa ya contohnya?

Cafe Latte!

Ya, campuran kopi hitam dengan susu.

Bisa panas maupun dingin.

Mirip dengan kopi masa kini yang menjamur di kedai kopi lokal maupun franchise.

Selama ini kopi hitam sendiri terkenal banyak kebaikannya. Saya termasuk yang doyan mereguk kopi sebelum memulai workout. Kafein di dalamnya bikin olahraga kita jadi on fire. Namun, harus diperhatikan juga saat kita memiliki kondisi tekanan darah tinggi. Baik minum kopi dan workout-nya sama-sama mesti dijaga 😉

Manfaat kopi hitam tanpa gula ternyata sangat banyak.

Mulai dari menjaga kesehatan hati dan jantung, mengurangi risiko Diabetes Tipe 2, memaksimalkan aktivitas fisik yang dilakukan tubuh, sampai membantu menurunkan berat badan.

Yang terakhir itu OK banget, ya.

Siapa sangka manfaat kopi hitam untuk diet cukup signifikan.

Menurut buku The Coffee Lover’s Diet-nya Bob Arnot, tubuh kita membakar 100 kalori lebih banyak bila minum kopi dibandingkan mereka yang tidak.

Selain itu kopi juga bikin kita mampu mengendalikan napsu makan karena membuat perut terasa penuh, bukannya malah lapar.

Walau banyak manfaatnya, terus-menerus minum jenis kopi ini pasti bosan juga. Sesekali coba yang manis malah seru, apalagi sambil ngemil dark chocolate. 

Blog Sittakarina - Bosan dengan Kopi Hitam Coba Tambahkan Ini 2Foto: Mike Marquez

Nah, untuk latte panas maupun dingin, saya suka mencoba beberapa pemanis berbeda. Masing-masing memiliki aroma dan cita rasa spesial. Jika ingin rasa kopi hitamnya tetap “strong”, pastikan menuang sedikit saja pemanisnya, seperti yang biasa saya lakukan.

Baca juga: Cara Simpel Bikin Kopi Enak ala Barista di Rumah

Apa saja keempat campuran yummy ini?

1. Simple syrup
Simple syrup tak lain merupakan gula kristal yang dicairkan dengan air. Cara membuatnya pun mudah sekali. Tinggal masukkan gula dan air ke dalam panci, panaskan sambil diaduk hingga gula sepenuhnya larut dalam air. Setelah dingin, pindahkan ke wadah dan simpan dalam lemari es. Selain untuk kopi, simpel syrup bisa digunakan untuk teh dan topping untuk pancake.

2. Sirup gula aren
Dulu saya pernah melihat Ibu menuang brown sugar ke dalam kopinya. Sekarang ada tren baru yang dipopulerkan Kopi Tuku, yakni minum kopi susu dengan sirup gula aren. Ternyata rasanya nggak kalah nikmat! Membuat sirup gula aren mirip seperti simple syrup. Bedanya, kali ini menggunakan gula merah atau gula jawa.

3. Kopi sachet
Mau versi irit? Campur kopi dan susu dengan setengah atau sepertiga bagian kopi sachet. Lho, kok kopi sachet sih? Hahaha… jangan protes dulu ya! Menurut saya, rasa (terlalu) manis kopi sachet lebih cocok dijadikan campuran kopi daripada diminum sebagai hidangan kopi sesungguhnya. Beberapa kopi sachet seperti Kopiko, Torabika, dan Luwak White Coffee memiliki rasa yang tidak kalah dengan racikan kedai kopi.

4. Gourmet syrup
Nah, ini salah satu favorit saya yang bikin cita rasa kopi racikan nggak kalah sama kafe. Coba eksplorasi rasa-rasa baru gourmet syrup tersebut, seperti Macadamia Nut, Irish Cream, maupun Amaretto. Ternyata banyak aroma unik yang jauh lebih enak dari vanila dan karamel saja. Beberapa gourmet syrup impor seperti Torani, Monin, dan Da Vinci bisa dengan mudahnya dibeli di Tokopedia. Resep meraciknya pun tinggal intip di sini.

Siap mencoba semuanya?

Kabari saya ya jika sudah, dan jangan lupa share di sini campuran kopi mana yang paling kamu suka!

 

*) Feature image: Alexandra Gorn



Leave a Comment

  • (will not be published)

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


5 Responses

  1. zarairfan

    thanks so much for the post.Much thanks again. Really Cool.

    Reply
  2. Lagi enasaran dengan kopi susu pandan yg lagi hits! Kayaknya enak dan wangi ya 😀 thank you Kak Sitta rekomen pemanis kopinya, bakal coba bikin gula aren sendiri.

    Reply