Cara Menghilangkan Jerawat Selamanya? Ini Rahasianya!


blog sittakarina cara menghilangkan jerawat selamanya ini rahasianya

Cara menghilangkan jerawat dimulai dari kebiasaan kita sehari-hari.

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit mulus? Nggak hanya perempuan, para lelaki di sekitar saya pun memiliki kebutuhan yang sama. Simpel saja, di mata mereka, jenis kulit menggambarkan sosok tersebut sehat dan menjaga kebersihan. Selain itu, kulit sehat juga menjadikan penampilan jauh lebih menarik, apa pun warna kulit kita.

Sayangnya, semulus-mulusnya kulit wajah seseorang, pasti ada masa di mana satu-dua jerawat pernah mampir. Termasuk saya; paling gemas ketika breakouts ini muncul tiba-tiba di saat akan menghadiri acara penting 😣

Letak jerawat menunjukkan kondisi kesehatan kita

Memasuki usia remaja, berjerawat merupakan kondisi yang tak bisa dihindari.

Cara menghilangkan jerawat di usia ini ibarat nasihat yang terus terngiang di telinga, saking seringnya kita mendengar itu: rajin membersihkan muka.

Namun, bagaimana dengan kondisi wajah berjerawat ketika usia sudah di atas 20?

Menurut pengobatan China zaman dulu, letak munculnya jerawat di sekitar wajah ternyata menggambarkan kondisi kesehatan tubuh kita saat itu.

Lebih detailnya lagi, area berjerawat itu dipercaya secara spesifik mewakili bagian dalam tubuh mana yang tengah bermasalah. Misalnya, ketika sedang haid, biasanya muncul jerawat pada dagu kita. Ini disebabkan ketidakseimbangan hormonal—di mana ini merupakan masalah umum—yang berlangsung selama periode kewanitaan ini.

Untuk area jerawat lainnya, simak infografis di bawah ini, deh!

blog sittakarina cara menghilangkan jerawat selamanya ini rahasianya 2Infografis: dailymail.co.uk

Kenapa nggak semua orang berjerawat?

Sebagian orang mudah berjerawat, sebagian orang tidak.

Padahal, orang-orang yang mudah berjerawat ini ternyata memiliki kebiasaan hebat yang kerap terlewat oleh saya, yakni rajin membersihkan wajah setelah beraktivitas.

Baca juga: Cara Make Up untuk Penampilan Lebih Muda

Lantas, kenapa ya beberapa orang mudah sekali berjerawat? Ternyata ini dikarenakan strain bakteri penyebab jerawat Propionibacterium Acnes (atau biasa disebut P. Acnes) yang ada di tiap permukaan kulit wajah orang berbeda-beda.

Beberapa bakteri P. Acnes ini diduga bermanfaat, yakni mampu menjadikan kulit sehat dan tidak berjerawat dengan menyerang bakteri jahat yang muncul pada permukaan kulit kotor.

 

Adakah cara menghilangkan jerawat selamanya? 

The good is news is… jawabannya ada!

Ketika kondisi wajah berjerawat sudah makin parah dan muncul silih-berganti, sebaiknya periksakan ke dokter kulit untuk perawatan lebih lanjut.

Gaya hidup kita amat berpengaruh terhadap kesehatan kulit wajah, termasuk jadi penentu apakah jerawat sering muncul atau tidak.

Sambil menjalani treatment di bawah observasi dokter, dari sisi kita pun harus bertekad untuk mengubah gaya hidup dan kebiasaan yang lebih sehat dan higienis. Kebiasaan inilah yang nantinya akan menjaga kemulusan dan, ehem, glow kulit wajah kita.

Apa saja ya yang harus kita lakukan—dan selalu saya upayakan?

  1. Pastikan bersihkan wajah sebelum tidur. Ini termasuk saat kita tidak sedang memakai make up. Karena selalu ada saja kotoran yang menempel di wajah kita, walau tidak terlihat mata.
  1. Kompres wajah dengan air perasan lemon selama 30 menit. Gunakan kapas dan letakkan pada permukaan wajah. Setelah itu, bilas dengan air bersih.
  1. Clean eating. Biasakan makan makanan sehat, terutama yang mengandung antioksidan seperti brokoli, tomat, apel, jeruk, kacang-kacangan, teh hijau… and guess what, coffee as well! Kurangi juga gorengan dan makanan manis. Iya, yang terakhir ini susah banget!
  1. Cukup tidur di malam hari. Begadang bikin hormon kortisol (hormon stres) meningkat. Peningkatan hormon ini juga bisa memicu timbulnya jerawat.
  1. Jangan lupa asupan “good fat”! Yup, good fat atau lemak baik yang terdapat pada alpukat, olive oil, dan ikan yang tinggi kadar asam omega 3-nya berkhasiat mengurangi peradangan pada tubuh—juga kulit!

Sudah siap dong menyambut wajah barumu yang mulus?

Intinya, kulit mulus tak bisa didapat begitu saja dari lahir tanpa dirawat, maupun hanya mengandalkan pulasan krim pelembab mahal. Karena pada dasarnya, kulit wajah yang sehat dan glowing merupakan cerminan gaya hidup kita sehari-hari.

Jadi, kiat mana yang akan kamu jalani lebih dulu?

 

*) Feature image via Pinterest



Leave a Comment

  • (will not be published)

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


3 Responses

  1. Anette

    ya Ampun, aku lagi jerawatan dari dahi, hidung, deket bibir, sampe dagu dan pada intinya adalah: greasy food, dehydration, digestive system, menstrual cycle as well, those are the problems! :”
    aku belakangan emang lg ngedrop bgd sih banyak kerjaan di kantor, and suddenly muka langsung breakout gitu… btw coffee bagus ya kak untuk antioksidan?
    I like coffee so much! tapi berhubung perutku sensitif dan pernah opname gara2 masalah lambung, aku jadi ngurangin banged banged minum kopi :”(

    Reply