Décor: Rak Buku Multifungsi untuk Rumah Mungil


blog-sittakarina-decor-rak-buku-multifungsi-untuk-rumah-mungil-1

Kini rak buku tak hanya berfungsi untuk menyimpan buku saja!

Saat rumah mungil yang saya tempati baru jadi, keterbatasan ruang jadi sesuatu yang terasa banget bedanya. Jauh berbeda ketika dulu masih tinggal di rumah orangtua yang luas tanahnya lima kali lipat dari milik keluarga kecil kami sekarang ini.

Namun, tinggal di rumah mungil ternyata ada untungnya juga 😄 Selain biaya pemeliharaannya jauh lebih kecil, kita jadi nggak perlu beli perabot banyak-banyak. Beberapa perabot bahkan punya peran multifungsi, seperti rak buku di rumah yang nggak hanya jadi tempat menyimpan koleksi buku, tetapi juga rumah bagi benda seni yang pernah saya beli di Pasar Sukawati, Bali.

Tertarik untuk menjadikan rak bukumu multifungsi juga? Simak cara simpel berikut:

  1. Mulai dengan buku. Letakkan beberapa buku dengan aneka warna dan ukuran pada bagian tengah maupun pinggir rak. Jangan penuhi seluruh sekat dengan buku. Cukup 2-4 buah saja, sehingga tetap muat untuk hiasan lainnya.
  2. Tambahkan pajangan seni. Letakkan mangkok kayu, ornamen burung hantu, atau vas minimalis nuansa pastel di antara buku-buku tersebut. Jangan ragu untuk berkreasi!
  3. Jangan lupa tanaman kecil. This is my favorite part! Letakkan paling banyak 2 pot kecil berisi tanaman hidup maupun artifisial sebagai sentuhan terakhirnya. Warna hijaunya bikin tampilan rak buku makin fresh seperti di bawah ini!

blog-sittakarina-decor-rak-buku-multifungsi-untuk-rumah-mungil-3

Foto via The Everygirl

Nah, jika kamu tertantang untuk mengatur rak buku multifungsimu lebih mendetail dan lebih apik lagi, coba cara lebih rumit (tapi hasilnya super OK!) seperti infografis ini:

blog-sittakarina-decor-rak-buku-multifungsi-untuk-rumah-mungil-2

Terus, bagaimana ya jika sudut yang tersisa di rumah amat, sangat kecil?

Untuk rumah-rumah lebih mungil lagi seperti tipe 36, coba cari rak yang berukuran kecil juga. Tanpa mengurangi segi estetika dan fungsi, ketiga trik di atas tetap bisa diterapkan kok 😊

Dan hasilnya…. voila!

Tetap cantik kan?

blog-sittakarina-decor-rak-buku-multifungsi-untuk-rumah-mungil-4

Foto via domino

Coba kreasikan rak buku multifungsi versimu untuk di rumah dan ruangan kos. Rak pilihan saya (tentu dengan harga cukup terjangkau) adalah koleksi Billy warna putih dari IKEA. Satu yang tinggi dan skinny (nomor artikel: 403.515.43) dan satunya lagi yang mungil (nomor artikel: 603.515.42).

Selamat menyimpan buku dan teman-temannya ❤️

*) Feature image via @emaphotographi


Tags:


Leave a Comment

  • (will not be published)

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


6 Responses

  1. Uchatadara – Wah, kalau saya pilih beberapa buku yang desain cover-nya cukup dekoratif untuk dipajang. Sisanya dimasukkan ke dalam lemari 😉

  2. Uchatadara

    Gimana kalau bukunya banyak? Muat dirak saja sudah bersyukur 😂

  3. So prettyy! Nanti aku bakal coba kalo hobi ngeluarin buku2 dari rak anakku udah ilang, hehehehe 😀

  4. Ajeng

    Waaah cantik deh . Jadi pengenn nata2 lg 😅