It’s Easy! Make Your Own Vanilla Latte


Making a cup of yummy vanilla latte to kick start the day is now as easy as 1-2-3!

Kuncinya adalah dengan lebih dulu membuat espresso yang nikmat.

Ya, bukan sekadar kopi hitam yang tersaji dari kopi instan (mixed coffee), melainkan dari kopi murni khas Indonesia yang sudah sejak lama terkenal di penjuru dunia. Coba lihat biji kopi Aceh Gayo, Toraja, bahkan sampai Wamena!

Oke, jadi yang pertama adalah espresso. Dari yang saya pelajari selama ini, takaran membuat 1 shot espresso sesuai standar di kafe dan coffee shop adalah 44 – 52 ml. Untuk takaran ini, kita akan menggunakan 7 gram kopi bubuk.

Bisa dikatakan saya tipe yang lebih on fire di pagi hari setelah menyeruput kopi. Apalagi manfaat minum kopi ternyata cukup banyak. Yang kita tahu ‘kan kopi itu caffeine boost yang jitu untuk mendongkrak energi di saat matahari baru saja naik. Tapi, kopi sendiri ternyata kaya antioksidan, mampu mencegah Diabetes, sampai berkhasiat mengurangi risiko terkena penyakit liver. Manfaat ini akan terasa lebih maksimal lagi apabila kita mengkonsumsi kopi hitam. Tapi, karena saya sendiri lebih suka latte, kali ini saya akan membagi resep latte yang enak dan murah-meriah.

Karena di rumah nggak ada coffee-maker pembuat espresso seperti di kafe, biasanya saya membuat kopi hitam jenis ini dengan french press. Saat kemarin mengintip Fun Weekend Deal yang diskonnya gila-gilaan banget, ternyata ketemu deal yang OK, yaitu coffee maker keluaran Philips jenis drip brewer di sini. Wah, jadi makin penasaran buat nyoba kayak apa citarasa drip coffee deh!  Serunya lagi, sekarang jadi ada alternatif memulai pagi yang lebih ringkas dengan alat praktis satu ini.

Mau tahu seperti apa latte yang saya bikin tiap pagi? Steal the 1-cup recipe below!

Bahan

– 7 gram kopi bubuk
– Sirup berkualitas atau gourmet syrup rasa vanilla (biasanya saya pakai merk Torani atau Monin)
– Susu putih hangat (UHT atau pasteurisasi)

Cara Membuat

– Buat 1 shot kopi hitam (coffee concentrate) dalam sloki atau wadah kecil
– Masukkan 15 ml sirup vanila ke dalam mug (alternatif lain untuk flavor dengan harga lebih murah adalah dengan menggunakan 1/2 sachet Kopi Luwak French Vanilla / Kopiko Brown Coffee / Good Day Carrebian Nut. Semakin sedikit takaran kopi sachet ini, semakin pahit rasanya—which I like very much!)
– Masukkan 1 shot kopi hitam ke mug – Tambahkan susu hangat sampai mug penuh

Gampang banget kan? Kalau ingin rasa latte lebih tajam, tinggal tambahkan saja porsi espresso serta kurangi susu UHT-nya. Alternatif pemanis selain sirup yang juga enak adalah brown sugar. Untuk iced latte, pastikan brown sugar sudah lebih dulu diseduh dengan tiga sendok makan air panas hingga larut ya.

Now you can enjoy your cup of joe!

Bagi penikmat kopi, selama ini kalian paling suka meracik kopi dengan cara apa? Jangan lupa bagi ceritanya di sini ya!

*) Featured image via fashionmugging

 


Tags: , , , ,


Leave a Comment

  • (will not be published)

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


10 Responses

  1. @Sabai – Coffee maker untuk 1 cup nggak terlalu mahal. Mulai 100K 🙂 Bisa banget dengan karamel. Malah lebih enak. Tapi, karamel yang harum dan kental kebanyakan produk impor. Harganya lumayan mahal jadinya.

  2. oiya…frothing susu jg bisa pake french press lho. Masukin susu sekitar 100-120ml, lalu kocok dgn menggunakan filternya (gerakkan naik-turun). Terus lakukan sampai buih besar berubah jd buih kecil…. DONE. Selamat mencoba Home Made Latte anda ^_^b

  3. Tambahan aja, kalo mo bikin kepekatan espresso dgn french press sebaiknya bubuk kopinya pake 14 gram. Air panas bisa 60ml utk double espresso. Diamkan sekitar 4-5mnt.
    Susu lebih enak pakai greenfield cair non fat / full cream (greenfield rasanya ga terlalu bau susu spt merk lain). Susu dipanaskan sekitar 80 derajat, kalo punya frother lebih mantap lagi difrothing susunya sekitar 120ml.
    Selamat menikmati ^_^

  4. Sitta Karina

    @Alvin – Thanks koreksinya. Maksudnya dripped coffee. Dan sudah diperbaiki.

  5. alvin

    kayanya alat itu gak bisa bikin espresso deh…mungkin salah tulis kali ya?

  6. danti

    oiya.. aku juga ke kafenya di malang 🙂 dulu kopi java dancer masih banyak di toko2 di bandung. sekarang udah susah nyarinya..

  7. Sitta Karina

    @Danti — Coba kopi Java Dancer deh. Asli Malang tapi kualitasnya internasional http://www.javadancer.com@Sabai — Beli french press nggak mahal kok. Dan untuk sirup, boleh apa saja asal gula murni. Karena kalau bukan gula murni jadi terlalu encer. Sirup Marjan yang enak a.l. rasa Moka 😉

  8. Nice recipe! Menggiurkan.. Pengin coba resepnya sih sebenarnya, tapi kalo mesti beli mesin coffee maker dulu ya masih agak pikir2.Tentu bisa variasi dg sirup lain, spt caramel, gitu ya?

  9. aku juga membuat dengan resep yang sama.. kopinya satu sendok makan, dengan moka express -> the best home-made espresso! 😀