5 Cara Media Sosial Bikin Bisnismu Berkembang


Blog Sittakarina - Cara Media Sosial Bikin Bisnismu BerkembangFungsi penting selain buat sosialisasi.

Siapa yang nggak punya akun media sosial?

Sepertinya zaman sekarang hampir semua orang memiliki setidaknya satu akun. Baik itu Instagram, Facebook, Twitter, blog, maupun Path yang baru menutup layanannya.

Medsos bikin kita terhubung dengan berita dan kicauan masa kini. Tak hanya sekadar membaca, kita pun bisa ikut berpartisipasi untuk menciptakan konten dan membagikannya, sesuai dengan pengertian dasar media sosial itu sendiri.

Awalnya, media sosial populer digunakan untuk jejaring, terutama menambah teman baru. Fungsi utama ini yang diangkat oleh platform terdahulu seperti Friendster dan MySpace.

Kini media sosial memiliki manfaat baru yang memberi nilai plus terhadap kelangsungan sebuah usaha, yakni mendongkrak sales. Dengan terjalinnya koneksi dan pertemanan, proses bertukar informasi dan jual-beli menjadi kian masif dilakukan.

Di mana ada pertemanan, di situ ada jualan.

Di era internet yang serba digital seperti sekarang, aktif di medsos merupakan sebuah keharusan.

Pebisnis besar maupun kecil—dari yang membawahi beberapa brand terkenal sampai yang mengelola toko online dari rumah—sebaiknya mulai mempertimbangkan untuk terjun ke media sosial.

Lalu, bagaimana dengan mereka yang bukan pengusaha maupun pedagang?

Menurut saya, penggunaan medsos justru sangat mendukung pekerja kreatif, pegawai, pelajar, dokter, dan profesi lain sesuai kebutuhan masing-masing.

Baca juga: Cara Menulis Blog yang Menarik dan Disukai Pembaca

Pekerja kreatif dapat memajang portofolio kerjaannya, pegawai dapat berbagi tips bekerja dan menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan, sedangkan dokter bisa berkicau tentang tips-tips seputar kesehatan.

Penggunaan media sosial yang optimal, juga tepat, membuat pelanggan merasa “connect” dengan brand kita.

Jika interaksi mendalam antara pelanggan dan brand terwujud, maka pelanggan pun puas dan mau terus menggunakan produk maupun jasa kita.

Hal itulah yang pada akhirnya membuat usaha kita semakin berkembang dari waktu ke waktu.

Agar semua itu tercapai, maksimalkan penggunaan 5 keutamaan media sosial berikut ini:

1. Visual yang menarik

Tampilkan foto yang jernih, jelas, dan mampu menyampaikan pesan dari brand kita. Ini nggak hanya berlaku untuk foto produk, namun juga segala jenis gambar dan video yang mewakili citra dan cerita dari brand tersebut. Misalnya, Tia seorang pengrajin keramik. Selain foto keramik kreasinya, ia kerap menampilkan foto proses pembuatan keramik dan foto sudut-sudut kafe yang menjadi sumber inspirasinya.

2. Komunikasi dua arah

Manfaatkan fitur komentar pada medsos untuk mengobrol dengan pelanggan. Dengarkan keluh-kesah mereka, tanya pendapat tentang karya terbaru kita, bahkan berdiskusilah dengan mereka seputar tren yang terjadi belakangan ini. Dengan berinteraksi secara mendalam, kita pun jadi tahu apa saja kebutuhan pelanggan.

3. Followers = pelanggan

Anggap followers di media sosial sebagai pelanggan yang membeli produkmu. Dengan begitu, kita berkewajiban memperlakukan mereka dengan sopan dan menghargai ruang privasi mereka dengan tidak seenaknya berjualan tanpa etika.

4. Brand awareness

Penggunaan medsos yang tepat akan membuat pelanggan semakin dekat dengan brand, bukan sebaliknya. Jika ini terwujud, maka brand awareness pun akan semakin meningkat. Dampak dari hal ini tak sekadar mendongkrak sales, tapi membuat pelanggan kembali lagi untuk menggunakan produk kita.

5. Tempat jualan

Secara langsung maupun tidak, media sosial merupakan tempat kita menjual produk dan gagasan. Manfaatkan fitur ini agar produk kita semakin luas dikenal. Salah satu platform yang paling populer buat jualan adalah Instagram. Pelajari bagaimana orang-orang ini sukses berjualan melalui Instagram.

Nah, mulai sekarang kita nggak sekadar pecicilan di medsos aja, dong.

Memperluas jejaring secara profesional pun bisa diupayakan di sini. Apalagi, jika kita memiliki barang dan jasa untuk dijual.

Tidak perlu bersikap superbaik atau bahkan menjaga image secara berlebihan.  Cukup menjadi diri kita apa adanya dan tetap menghargai pengguna lain, terutama pelanggan.

Apa saja yang sudah kamu upayakan agar akun media sosial bisa dimanfaatkan secara maksimal?

 

*) Feature image: The Lifestyle Files

 



Leave a Comment

  • (will not be published)


2 Responses