6 Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk Blog


Blog Sitta Karina - Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk BlogYang bagus justru tidak instan.

Jika selama ini aktif ngeblog, pasti sudah familier dong dengan istilah backlink?

Secara umum, kita mendapatkan backlink jika ada situs lain mengarahkan link ke situs milik kita.

Nah, untuk mengecek situs web apa saja yang mengarahkan link-nya ke situs kita, Ahref’s Backlink Checker adalah salah satu tool andalan saya.

Dulu blogger dan pemilik situs web berlomba banyak-banyakan backlink daripada menerapkan cara mendapatkan backlink berkualitas untuk blog mereka. Ini semata untuk tujuan SEO yang bagus, yakni meningkatkan otoritas situs web yang mereka kelola di mata mesin pencari seperti Google dan Bing.

Oleh karena itu, backlink memegang peranan penting dalam menjadikan situs web tertentu memiliki nilai lebih bagi mesin pencari, terutama Google.

Karena, algoritma Google biasanya memperhitungkan backlink suatu situs web, tak terkecuali blog, saat menampilkan peringkat hasil penelusuran mesin pencari.

Bisa muncul di halaman pertama Google ternyata tidak mudah, lho!

Sayangnya, penerapan algoritma Google yang seperti itu malah membuat banyak situs web mempraktikkan teknik mendapatkan backlink atau link building instan dan tidak natural.

Akibatnya, situs-situs nakal tersebut berakhir dengan mendapatkan penalti dari Google dan traffic-nya pun menurun drastis.

Baca juga: Cek SEO Blog Penting Dilakukan, Begini Caranya

Beberapa teknik yang dilarang Google dalam link building antara lain melakukan spam komentar di blog maupun situs lain, spam di forum-forum, serta membeli backlink.

Lantas, adakah cara mendapatkan backlink berkualitas untuk blog tanpa melanggar aturan yang ditetapkan Google?

Ada puluhan tips OK  di luar sana seputar link building. Namun, ini yang saya praktikkan sehari-hari saat ngeblog:

1. Buat konten berkualitas

Sesuai istilah yang sering kita dengar, content is the king. Artikel blog yang menarik, bermanfaat, dan menerapkan kaidah SEO secara alami akan dibaca dan dibagikan oleh banyak orang melalui situs webnya.

2. Bagikan melalui media sosial

Sudah capek-capek membuat konten blog OK, tapi kok sepi pengunjung, sih? Nah, coba bagikan secara berkala melalui akun media sosial yang kita miliki agar lebih banyak orang tahu apa yang sudah kita tulis selama ini. Siapa tahu bakal jadi viral!

3. Guest posting

Temukan situs web lain yang relevan dengan blog kita dan memiliki peringkat lebih baik—dan lebih ramai pengunjungnya—di Alexa, lalu tawarkan untuk melakukan guest posting di situ.

4. Buat halaman About.me

Ini bisa dikatakan cara mendapatkan backlink berkualitas paling simpel yang bisa dilakukan blogger 😀 Tinggal susun biodata singkat di About.me, plus jangan lupa masukkan link blogmu juga ya!

5. Manfaatkan Google Alerts

Masukkan nama kita dalam Google Alerts untuk mengetahui kapan saja kita di-mention di internet dalam bentuk ulasan artikel. Setelah mengetahui situs web apa saja yang menyebutkan nama maupun blog kita, minta kepadanya untuk menambahkan backlink pada mention tersebut.

6. Bertukar link

Cara lain yang pernah saya terapkan adalah dengan mengajak blogger lain yang bergerak di kategori serupa untuk saling bertukar link blog. Pastikan saja blog teman kita itu memiliki peringkat dan reputasi yang OK, ya.

Tidak ada cara mendapatkan backlink berkualitas yang bisa dilakukan dalam sekejap mata.

Sebelumnya, kita sebagai blogger tentu mesti membangun komunikasi dan memperkuat jejaring dengan pemilik situs lain dengan mengedepankan etika.

Cara seperti ini, walau lama, namun hasilnya akan lebih cemerlang dan awet. Selain itu, reputasi blog pun tetap baik.

Teknik link building seperti apa yang selama ini kamu terapkan?

 

*) Feature image: J. Kelly Brito via Unsplash



Leave a Comment

  • (will not be published)


2 Responses