3 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat


Blog Sitta Karina - Cara Menghilangkan Jerawat dengan CepatCukup sediakan ini di rumah.

Banyaknya acara di luar tentu membuat kita ingin tampil semenarik mungkin saat hadir.

Persiapan pun sebiasa mungkin maksimal, walau terimpit jadwal sehari-hari yang cukup padat. Busana OK sesuai dress code, aksesoris matching dengan gaya kekinian, sampai—sekali lagi—wajah mesti mulus bak K-pop star.

Sayangnya, yang bagian terakhir nggak sesuai rencana.

Beberapa jerawat, tanpa disadari, bermunculan 😱

Beragam cara menghilangkan jerawat dengan cepat sudah dijalani, namun sebagian besar malah tidak berhasil. Bahkan, beberapa orang mengalami iritasi kulit akibat mengoleskan pasta gigi pada permukaan kulit berjerawat.

Sebelum kita panik, jika penyebab jerawat tak lain kondisi hormonal (misalnya, menjelang menstruasi), maka bintik-bintik kecil dan bekasnya ini akan hilang secara alami dalam beberapa hari, asal tidak dikelupas.

Selain karena unsur hormonal, kondisi wajah berjerawat ternyata bisa diturunkan secara genetik.

Istilah bahwa jerawat perlu disembuhkan sering kali tidak tepat, karena pada dasarnya peradangan pada kulit ini hanya bisa dikendalikan dan sewaktu-waktu dapat muncul lagi.

Baca juga: 3 Ways to Look Good (and Perhaps, Stylish)

Lantas, bagaimana jika kita ingin menghilangkan jerawat, atau setidaknya, mengurangi kondisi inflamasi (peradangan) tersebut dalam 1 hari?

Yuk, simak cara menghilangkan jerawat dengan cepat dalam tiga langkah simpel berikut ini:

1. Kompres dengan teh hijau

Ini merupakan bahan alami pengusir jerawat favorit saya. Kandungan flavonoid dan tanin dalam teh hijau terbukti ampuh memerangi bakteri dan mengurangi peradangan pada jerawat. Selain itu, teh hijau juga kaya akan antioksidan. Tak hanya menyesapnya, mengompres teh hijau pada permukaan kulit juga sangat bermanfaat.

Blog Sitta Karina - Cara Menghilangkan Jerawat dengan CepatFoto: Glamour and Giggles

2. Batasi makanan berindeks glikemik tinggi

Makanan high GI yang banyak mengandung gula dan lemak jenuh seperti cake, donat, french fries, dan segala macam gorengan ternyata meningkatkan produksi sebum (minyak) pada kulit yang memicu peradangan jerawat. Oleh karena itu, penting banget ‘kan mengatur pola makan sehat agar kulit tetap mulus 😉

3. Gunakan Sudocrem

Cheers to this easy hack 👏👏👏 Pertama kali beli Sudocrem di Mothercare sebagai nappy cream anak-anak saat masih bayi. Nggak disangka-sangka krim super ini ternyata ampuh untuk mengatasi peradangan jerawat, luka bakar ringan, gigitan serangga, sunburn, sampai peradangan kulit eczema hanya dalam semalam! Tak hanya di Mothercare, kini Sudocrem bisa dibeli juga melalui online marketplace, kok.

Pada sebagian orang, jerawat pada kulit kadang datang dan pergi.

Cara mencegah peradangan tersebut sebenarnya sederhana, yakni mengontrol hal-hal yang selama ini menjadi penyebab munculnya jerawat itu sendiri.

Jerawat kecil yang muncul di wajah bisa jadi peringatan buat saya saat makan sudah kelewat “kotor” alias kebanyakan menyantap junk food.

Tantangan berikutnya adalah bagaimana agar jerawat bisa berlalu tanpa meninggalkan bekas.

Nah, ini sebenarnya gampang banget. Selama kita bisa menahan diri untuk tidak memegang, bahkan menggaruk jerawat, all is well.

Menurutmu, apa cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan efektif yang pernah dilakukan?

*) Feature image: Glossier



Leave a Comment

  • (will not be published)