Ciri-ciri Orang Sukses yang Bisa Kita Tiru


Blog Sitta Karina - Ciri-ciri Orang SuksesApa saja ya kebiasaan mereka?

Melihat banyak pengusaha muda masa kini, mulai dari Nadiem Makarim (you already know him!) sampai duo sahabat pendiri Cotton Ink, Ria Sarwono dan Carline Darjanto, rasanya jadi bersemangat untuk meraih keberhasilan seperti itu!

Sosok-sosok sukses tersebut membuat kita terinspirasi; kalau mereka bisa, kenapa kita nggak?

Apalagi, saya pribadi mengikuti perjuangan Ria dan Carline ketika pertama kali mereka merilis koleksi Cotton Ink, yaitu berupa syal unik model fringe, krey, maupun klasik.

Kini Cotton Ink telah menjelma jadi sebuah brand lokal yang bisa menjual ribuan produk fesyen tiap bulannya. Sedangkan, GO-JEK yang dibesarkan oleh Nadiem merupakan salah satu unicorn terbesar di Indonesia. Kurang keren apa coba! 😍

Jadi penasaran ‘kan, apa sih ciri-ciri orang sukses seperti mereka?

 

Definisikan Sukses Versimu

Jalan menuju sukses sering kali panjang dan berliku.

“Nafas” kita pun perlu panjang seperti pelari marathon.

Kesuksesan pun bukan hanya milik mereka yang menjadi pengusaha. Pegawai bisa sukses, ibu rumah tangga bisa sukses, seniman, pedagang, bahkan tukang ojek pun bisa sukses.

Pertama-tama, kita perlu mendefinisikan apa makna sukses versi kita. Karena, makna tersebut bisa berbeda-beda bagi tiap orang.

Laras si working mom menganggap sukses jika ia bisa bekerja, ketemu orang di luar rumah (socializing is important!), dan tetap mendampingi kedua putrinya belajar di malam hari.

Sukses bagi Adri si desainer grafis freelance adalah mendapat setidaknya lima proyek besar dalam setahun yang memungkinkannya berlibur secara rutin.

Baca juga: Jadi Kaya di Usia Muda? Ikuti 5 Trik Simpel Ini

Sukses versi Ummi cukup ambisius. Sebagai pedagang sayuran organik berbasis aplikasi, ia menganggap usahanya sukses jika kinerja Q2 melampaui Q1, Q3 melampaui Q2, dan begitu seterusnya—apa pun musim yang dihadapinya.

Randya yang selama ini kuliah dengan beasiswa sambil jadi tukang ojek online ingin bisa sukses—memiliki penghasilan lebih besar dari kebutuhan sehari-hari agar bisa mulai berinvestasi saham—sebelum usia 30.

 

Inilah Ciri-ciri Orang Sukses

Mereka yang menjadi sukses sesuai dengan impian dan profesinya ternyata memiliki beberapa persamaan.

Kualifikasi inilah yang membedakan sosok sukses dengan yang tidak.

Jika ingin menjadi the next Nadiem, Ria, dan Carline, coba deh tiru ciri-ciri orang sukses berikut dan jadikan ini kebiasaan barumu:

1. Buat perencanaan

Sukses tanpa perencanaan tak lain sebuah hoki atau keberuntungan—dan keberuntungan biasanya tidak terjadi berkali-kali. Jadi, rencanakan harimu esok, target dalam lima tahun ke depan, sampai bagaimana kamu akan menghabiskan masa pensiun 😉

2. Fokus memecahkan masalah

Menurut Nadiem Makarim si pendiri GO-JEK, salah satu pola pikir agar sukses berbisnis adalah mencari masalah utama ketimbang menjadi kaya. Fokus memecahkan masalah mampu mendatangkan kesuksesan pribadi maupun bersama (bisnis yang dikelola semakin untung) dan, tentunya, membuat hidup jadi lebih nyaman.

3. Konsisten

Disiplin dan pantang menyerah mengerjakan sesuatu membentuk kebiasaan sehari-hari. Kebiasaan inilah yang secara bertahap mengantar kita pada kesuksesan.

4. Rangkul kegagalan untuk bangkit lagi

Sikap pantang menyerah dan tidak “alergi” terhadap kegagalan membuat seseorang akan berhasil, suatu saat nanti. Hanya masalah waktu kesuksesan itu bakal terwujud.

5. Mampu beradaptasi

Herakleitos seorang filsuf Yunani Kuno pernah berkata,“The only constant in life is change.” Jadi, sudah jelas ya bahwa perubahan merupakan sebuah keniscayaan 😀 Oleh karena itu, mereka yang mampu beradaptasi dengan cepatlah yang pada akhirnya akan berhasil.

6. Tidak boros

Tidak boros bukanlah pelit, melainkan berusaha untuk tidak membelanjakan melebihi kebutuhan. Pengusaha maupun bukan, sosok yang berhasil adalah mereka yang mampu mengelola keuangan dengan baik alias tidak “bocor” di sana-sini.

7. Tenang dan percaya diri

Rasa percaya diri yang cukup membuat kita mampu bersikap tenang, bahkan dalam konflik sekalipun. Tentu saja, ini salah satu ciri-ciri orang sukses yang perlu terus diasah.

8. Rajin membaca

Bukan hanya membaca buku dan teks lainnya, melainkan membaca situasi lebih dalam lagi alias mengkaji.

9. Peduli dengan kesehatan

Orang yang berusaha hidup lebih sehat dan memprioritaskan kesehatannya, baik jiwa dan raga, sadar bahwa inilah modal paling utama untuk berjibaku menjemput kesuksesan.

10. Bersyukur

Mensyukuri apa yang telah kita capai selama ini berarti menumbuhkan sikap positif. Sikap seperti ini, cepat atau lambat, menjadikan diri lebih siap menjelang kesuksesan. Lagipula, kita sudah biasa mendengar resep sukses paling umum yang tak lain berdoa dan berusaha. Nah, bersyukur tak lain manifestasi dari doa yang kita panjatkan kepada-Nya.

 

Menjadi sukses sangat ditentukan dari kebiasaan-kebiasaan kecil kita tiap hari, yang tentunya didominasi oleh sikap positif.

Mengacu pada batasan di atas, bisa dong kita renungkan kembali, apakah selama ini kita sudah lebih banyak menerapkan positive attitude atau malah sebaliknya.

Sudah definisikan apa itu sukses menurutmu?

Setelah itu, langkah apa yang akan kamu prioritaskan demi mencapainya?

 

*) Feature image: @sophiaroe



Leave a Comment

  • (will not be published)


One Response

  1. terkadang sudah punya rencana tapi tidak konsisten untuk menjalankannya, apakah ada tips untuk hal tersebut? saya tunggu di post selanjutnya

    Reply