Jadi Blogger Indonesia yang Tulisannya Dilirik, Harus Apa Saja?


Blog Sitta Karina - Jadi Blogger Indonesia yang Tulisannya DilirikTidak cukup sekadar bikin blog.

Setelah sekian waktu ngeblog, kita tentunya ingin tulisan kita semakin banyak dibaca, traffic pengunjung naik, dan bahkan ada kesempatan untuk mendapatkan uang (monetisasi) dari situs pribadi tersebut.

Sayangnya, berbulan-bulan lewat dan kesempatan itu tak juga hadir. Membuat kita berpikir, apa ya yang salah dengan blog kita ini? Rasanya jika dengar cerita jaman dulu—awal tahun 2000-an, tepatnya—jadi terkenal dari ngeblog tuh gampang!

Pendapat di atas ada benarnya, kok. Awal 2000-an, saat blog baru booming, jumlah blogger Indonesia pun masih sangat sedikit. Jika kopdar bisa dikatakan yang datang itu-itu saja. Makin lama, lingkaran tersebut kian membesar dan komunitas blogger di tanah air tumbuh dengan pesatnya.

Saya sendiri pertama kali ngeblog untuk menceritakan proses pembuatan novel serial Keluarga Hanafiah, Lukisan Hujan, yang saat itu kerap ditanyakan pembaca.

Lama-kelamaan blog saya pun berkembang. Isinya tak hanya sinopsis cerita dan tips menulis, melainkan berbagai cara dan kiat menjalani hidup sehat, gaya, namun tetap hemat 🙂

Baca juga: Cek SEO Blog Penting Dilakukan, Begini Caranya

Banyak yang berpendapat ngeblog akan tergilas oleh tren vlogging. 

Saya pribadi tidak sependapat dengan itu, karena bagaimanapun juga teks dan visual sama-sama penting dan sifatnya saling mengisi dalam menyajikan maupun berbagi informasi.

Nggak selamanya orang akan menonton video di Youtube atau Instagram Story saja ‘kan? Kadang mereka pun butuh membaca berita terkini yang tersaji dalam bentuk artikel.

Buktinya, baru-baru ini blogger Diana Rikasari dibuatkan patung lilinnya di sebuah museum di Swiss sebagai apresiasi atas kontribusi gaya busananya yang quirky. Diana termasuk blogger Indonesia yang konsisten menampilkan gaya unik serta role model keren bagi perempuan muda yang juga ingin mengembangkan bisnis seperti dirinya.

Lantas, bagaimana agar kita bisa menjadi blogger Indonesia yang dari waktu ke waktu semakin dikenal?

1. Punya blog pribadi

Pertama-tama, tentunya kita mesti memiliki blog pribadi sesuai dengan nama atau personality kita. Misalnya, jika seseorang bernama Ranita Hadi baru membuat blog, ia bisa menamakan blognya “Ranita Hadi” atau “Ranita’s Cup of Thoughts”. Sebaiknya ia juga membeli domain sesuai nama blog tersebut, misalnya ranitahadi.com.

2. Menulis sesuai niche

Pilih niche atau kategori utama yang akan dibahas dalam blog kita. Untuk pemula, coba niche blog sesuai kapasitas kita saat itu. Misalnya, jika kita doyan mencoba resep-resep masakan, berarti kategori blog yang cocok adalah cooking blog.

3. Konten bermanfaat

Alasan utama sebuah blog ramai dikunjungi adalah kontennya yang menarik sekaligus sesuai dengan kebutuhan pembacanya. Terus, bagaimana dengan blog gosip? Memangnya blog seperti itu bermanfaat? Tentunya blog gosip dirasakan bermanfaat bagi mereka yang haus gosip terbaru 😉

4. Konsisten ngeblog

Konten yang menarik menjadi tidak ada artinya jika kita tidak rajin memperbarui isi blog! Buat jadwal menulis artikel agar pembaca tahu kapan saja konten baru akan muncul di blog. Jika kita juga memiliki kesibukan selain blogger, coba setidaknya menulis artikel satu kali dalam seminggu.

5. Tampilan blog menarik

Tak hanya layout saja yang harus diperhatikan, melainkan seluruh foto dan gambar penunjang di blog, baik pada halaman muka, artikel, sampai About Me. Pastikan juga blog menggunakan jenis font yang tak hanya indah dilihat, tapi nyaman dibaca.

6. Pertimbangkan SEO

SEO (Search Engine Optimization) merupakan proses untuk membuat situs kita jadi mudah ditelusuri mesin pencari seperti Google. Pastikan blog dan penulisan artikelnya sudah sesuai dengan kaidah SEO secara umum.

7. Ikut kopdar

Jangan lupa sesekali ikut kopdar atau kumpul bareng sesama blogger lain, baik hasil inisiatif bersama maupun saat mendapat undangan peluncuran produk. Memperluas jejaring tak hanya menambah teman dan pengalaman baru, tetapi juga peluang pekerjaan!

Rajin ngeblog ternyata memiliki manfaat selain melatih kemampuan menulis. Saya jadi terbiasa berpikir secara terstruktur dan disiplin menyusun jadwal, sesibuk apa pun kegiatan sehari-hari.

Seperti yang kita ketahui, kegiatan membaca dan menulis secara rutin diyakini dapat meningkatkan kinerja otak.

Dari poin-poin penting menjadi blogger Indonesia yang “eksis”, mana yang menurutmu paling penting diterapkan?

Yuk, berbagi pengalaman ngeblog kamu selama ini di kolom komentar!

 

*) Feature image: Glitter Inc.



Leave a Comment

  • (will not be published)


9 Responses

  1. ahmad muzaki

    saya adalah blogger dadakan dikarenakan ada pekerjaan yang harus dikerjakan, yang berhubungan dengan blog dari yayasan. terimakasih dengan artikel ini. ini sudah sangat membantu. terimakasih

    Reply
  2. Wah beneran ini.. aku jg baru mulai konsisten ngeblog lagi. Utk masalah Kopdar penting juga seh asal bermanfaat dan dapat ilmu setelahnya.

    Reply
  3. Yang konsisten itu yang susah mbak buat aku. Hihi… Selain kering ide ditambah dengan rasa malas. Klop deh bikin blog aku hiatus berbulan bulan.

    Reply
  4. Bagiku yang paling penting itu konsisten ngeblog sama ikut kopdar, Kak. Meskipun buat konsisten itu butuh perjuangan banget, tapi ya harus, kalo nggak gitu orang bakal baca apa di blog kita kan. Hehe. Kalo kopdar, selain ketemu temen baru, nanti juga ilmunya bakal ngikut.

    Reply