Cardio Yoga: Seru, Banyak Manfaat dan Anti Bosan


blog-sittakarina-Cardio Yoga Seru Banyak Manfaat dan Nggak Ngebosenin

Yoga bikin ngantuk? Yang ini tidak.

Setelah sempat bolong-bolong, akhirnya sekarang bisa juga luangkan waktu untuk kembali rajin latihan cardio yoga. 

Kenapa pilihan akhirnya jatuh pada jenis yoga ini? Karena setelah mencoba beberapa, ternyata  cardio yoga termasuk yoga yang gerakannya dilakukan dalam tempo cukup cepat. Bagi saya, ini penting agar tidak mudah bosan, atau bahkan mengantuk!

Karena gerakannya cepat, cardio yoga bikin nggak mengantuk.

Menjalani cardio yoga justru bikin saya merasa berenergi dan sangat tertantang!

Manfaat yang langsung tubuh rasakan setelah melakukan gerakan yoga adalah tubuh jadi terasa nyaman dan lebih ringan. Perasaan pun juga jadi enak (hello endorphins!).

Tapi, nyatanya yoga nggak hanya bikin kita merasakan itu saja. Banyak manfaat yang saya dapatkan setelah rutin menjalankan yoga tiap 2 hari (selang-seling dengan latihan beban maupun HIIT) selama sebulan belakangan ini. Padahal, saya hanya berlatih selama 15 – 30 menit saja. Jika sedang tidak sibuk, baru deh bisa berlatih sampai sejam.

Baca juga: Diet Sehat Alami ala Supermodel Miranda Kerr

Dengan rutin menjalankan cardio yoga, manfaat yang saya rasakan antara lain:

  1. Sakit kepala hilang. Oh, ternyata ini nggak hanya karena Yoga, tapi juga karena mengurangi intake nasi dan menggantinya dengan karbo kompleks seperti selada, timun, dan tomat.
  2. Mengurangi stres. It’s obvious, right? Yoga bikin kita serta-merta merasa rileks.
  3. Nggak gampang sakit. Teman baik saya yang juga instruktur yoga pernah mengatakan, dengan rutin melakukan yoga, daya tahan tubuh pun akan semakin kuat.
  4. Tidak lagi sakit punggung. Back pain gara-gara keasyikan di depan komputer seharian bisa diimbangi dengan gerakan-gerakan yoga yang ampuh menjadikan tubuh lebih lentur.
  5. Tidur jadi lebih lelap. Rupanya ini karena sirkulasi darah kita pun jadi lebih lancar setelah rutin berlatih. Dengan begitu, kita pun jadi terbiasa tidur lelap tanpa bantuan obat.

Yang lebih seru lagi dari semua ini, ternyata cardio yoga, atau yoga jenis apa pun, bisa dilakukan di rumah! Tinggal sediakan matras dan mainkan video dari Youtube saja.

Ini video favorit saya saat tidak ingin jejingkrakan berlatih cardio 😄

… ini juga nggak kalah seru!

Atau, saya akan melakukan dua-duanya sebagai penutup sesi latihan beban.

Kamu sudah pernah coba yoga? Tantangan apa yang kamu hadapi saat melakukannya pertama kali?

 

*) Featured image via Relax-Be-Breathe


Tags:


Leave a Comment

  • (will not be published)

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


6 Responses

  1. Dinda – Tergantung kesibukan hari itu. Kalau lagi sibuk banget, biasanya hanya 30 menit. Tapi, kalau punya waktu luang lebih, 50-60 menit. Setelah workout yang menguras energi, pasti akan terasa capek. Ajak tubuh menyesuaikan diri dengan keadaan tsb dengan makan post-workout meals yg sehat (banana smoothie atau avocado + egg toast), dan cukup istirahat setelahnya ya 🙂

  2. Dinda

    Kak biasa yoga berapa lama tiap sesinya? Kok abis itu aku ngerasa cape ya

  3. Rach Alida – Rumus rajin olahraga sama seperti hal lain pada umumnya: kuatkan niat & konsisten jalani. Yuk! 😉