Contoh Novel Singkat? Baca Imaji Terindah dan Cerita Lain


Blog Sitta Karina - Contoh Novel Singkat Imaji TerindahIni dia contoh novel singkat!

Novel pendek atau novel singkat biasa disebut sebagai novelet (novella).

Novelet merupakan jenis prosa yang lebih panjang dari cerpen, namun lebih pendek dari novel. Jika sebuah novel biasanya terdiri dari 40,000 kata atau lebih. Maka, menurut Wikipedia, panjang novelet sekitar 17,500 – 40,000 kata.

Jenis prosa naratif yang paling banyak dimuat di media karena ukurannya yang cenderung kecil adalah cerpen. Sedangkan, novel merupakan bentuk yang paling umum dibukukan.

Lantas, bagaimana dengan novel singkat atau novelet?

Di Indonesia, novelet cukup populer diterbitkan dalam bentuk buku. Sebagian dalam genre remaja atau teenlit (bercerita tentang cinta dan persahabatan) yang rata-rata berukuran kurang dari 40,000 kata tiap bukunya.

Selain sebagai cerita tunggal, novelet bisa juga dibukukan sebagai kumpulan cerita. Biasanya terdapat 2-5 novelet dalam satu buku. Jadi, buku pun nggak terlalu tipis!

Baca juga: Baca Novel Romantis Terkini: Pesan dari Bintang

Selain cerpen dan novel, saya juga suka menulis novelet.

Bagi saya, novelet bisa menjadi cerita sisipan atau pelengkap serial novel yang tengah berlangsung.

Contoh novel singkat karangan saya adalah buku Imaji Terindah yang merupakan bagian dari seri Keluarga Hanafiah dan diawali dengan buku pertama, Lukisan Hujan.

Blog Sitta Karina - Contoh Novel Singkat Imaji TerindahFoto via weheartit

Buku ini nggak hanya berkisah tentang Chris Hanafiah saja. Banyak yang tidak tahu bahwa di dalam buku Imaji Terindah sebenarnya ada tiga buah novelet!

Berikut kumpulan sinopsis novelet yang terangkum dalam buku Imaji Terindah:

Sakura Emas

Kei Kaminari tidak menyukai sekolah baru yang baginya terkesan angkuh. Di sana ia bertemu Kania, siswi asal Indonesia yang enteng saja melihat dunia. Bahkan, di saat dunia tak selalu ramah kepadanya. Namun, Kania tak senaif penampilan luarnya. Ini terbukti dengan Kei—yang biasanya mampu meneropong mimpi seseorang—kali ini tak bisa melakukannya terhadap Kania.

Imaji Terindah

Tertantang dengan ucapan Kei Kaminari saat jamuan makan, Chris Hanafiah akan membuktikan bahwa ia tidak akan semudah itu jatuh cinta, apalagi sakit hati karena wanita. Namun, saat ia bertemu Aki, dunia Chris pun jadi jungkir balik. Apalagi, Chris harus berhadapan dengan sesuatu yang paling tidak ia antisipasi selama ini: perasaannya sendiri.

Air Mata Pedang

Rasa penasaran Nara Hanafiah akan tanda lahir menyerupai tato di punggung membawa dirinya ke sebuah pameran relik kuno dengan bentuk serupa di Metropolitan Museum of Art, New York. Namun, ia bukan satu-satunya yang tertarik dengan benda tersebut. Sekelompok orang dengan dark magic juga mengincarnya.

So many feelings and adventures in one book, right?

Kumpulan novelet Imaji Terindah bisa dibeli langsung di Tokopedia dengan harga yang jauh lebih murah daripada di toko buku retail.

Ayo, jangan sampai kehabisan! 😃

Apakah kamu tertarik membuat novelet?

Contoh novel singkat apa lagi yang kamu ketahui selama ini?

 

*) Feature image: Sitta Karina



Leave a Comment

  • (will not be published)