6 Ide Busana Pesta Anggun dan Tak Lekang oleh Waktu


Blog Sitta Karina - Busana Pesta AnggunKunci penampilan memukau saat pesta.

Saat menghadiri pesta, kita tentu ingin tampil menarik, elegan, namun tetap sesuai karakter diri selama ini.

Penampilan “paripurna” saat acara formal seperti ini amat ditentukan oleh pemilihan busana pesta.

Kadang kita hanya memiliki busana pesta seadanya, atau bahkan tidak memikirkan dress code sama sekali, karena tidak tahu jenis busana seperti apa yang pantas jadi koleksi di lemari.

Akibatnya, saat datang ke pesta dan diharapkan tampil representable, kita malah mengenakan busana pesta yang itu-itu lagi.

Acara semi formal yang paling umum seperti pesta pernikahan, office party, Hari Raya, maupun anniversary party memang tidak terjadi tiap hari.

Namun, kita pasti akan menghadiri acara serupa beberapa kali dalam setahun. Jadi, mulai sekarang kita mesti tahu nih, jenis busana pesta yang bisa menjadikan penampilan jauh lebih OK!

Dengan styling formula ini, kita jadi tahu harus membeli—atau menyewa—busana pesta dengan model dan potongan seperti apa.

Baca juga: 8+ Inspirasi Website Fashion untuk Inspirasi Gaya Kerenmu

Menyewa baju pesta?

Yup.

Sekarang penyewaan baju pesta untuk keperluan pemotretan, acara formal, maupun sekadar “eksis” di Instagram sedang hits!

Berbekal katalog yang disajikan secara online, kita jadi harus tahu dong jenis gaun yang OK untuk kepribadian dan style kita dari ratusan jenis yang ada.

Nah, bagi kamu yang ingin tampil anggun dan memukau saat menghadiri acara-acara besar, coba formula busana pesta anggun dan timeless berikut ini:

1. LBD

Blog Sitta Karina - Busana Pesta AnggunFoto: Elle.com

LBD atau Little Black Dress merupakan gaun utama yang bisa dikenakan hampir ke semua jenis pesta, terutama di malam hari. Baik panjang maupun pendek, seksi dan sedikit tertutup, pilih LBD yang membuatmu bersinar sekaligus nyaman ketika sukacita pesta berlangsung!

 

2. Cocktail dress

blog sitta karina - busana pestaFoto: Vogue.com

Gaun koktail biasanya merupakan busana pesta untuk acara semi formal di sore hari menjelang malam. Dulu cocktail dress banyak berbentuk rok lebar, namun kini gaunnya jadi lebih bervariasi. Kapan saja cocktail dress dikenakan? Lihat panduan berbusana sesuai dress code ini.

 

3. Gamis

blog sitta karina - busana pesta anggunFoto: Fimela.com

Potongan gamis yang sedikit longgar dan panjang, membuat busana ini tak sekadar populer sebagai pakaian sehari-hari bagi mereka yang berhijab. Kini, busana pesta jenis gamis sangat beragam dan tampak mewah dikenakan, terutama dengan jilbab dan aksesori senada untuk kesan monokromatik.

Baca juga: 3 Ways to Look Good (and Perhaps, Stylish)

 

4. Kaftan

blog sitta karina - busana pesta anggunFoto: HollywoodLife

Walau sama-sama longgar dan panjang, kaftan dan gamis ternyata berbeda! Letak perbedaan utama terletak pada potongan lengan, lebar busana, serta aksen taburan payet sebagai hiasan pada permukaan kaftan. Karena materialnya berbeda, kaftan terlihat lebih mewah dari gamis. Dari segi ukuran, kaftan juga lebih longgar dan melambai. Berbeda dengan gamis, busana ini juga tidak memiliki potongan lengan.

 

5. Formal pants + dressy top

blog sitta karina - busana pesta anggunFoto: Vogue.co.uk

Lebih suka pakai formal dan dressy pants? Jangan khawatir! Celana panjang pun bisa terlihat pantas, bahkan cantik sebagai busana pesta, jika dipadu padan dengan atasan chic dengan potongan khusus, hiasan payet, maupun aksen pita. Uji keahlian styling-mu dengan bermain gaya, potongan, dan warna sehingga setelan celana yang tadinya biasa jadi luar biasa!

 

6. Kebaya dan Batik

blog sitta karina - busana pesta anggunFoto via Pinterest

Ini pilihan busana pesta khas tanah air yang wajib ada di lemari! Kebaya dan batik bisa menjadi gaun yang memukau dengan penataan yang elegan, dan tidak berlebihan. Untuk hasil akhir yang “berani”, coba padu padan warna kebaya yang kontras dengan warna jarik (kain motif batik khas Jawa Tengah yang dijadikan bawahan) kombinasinya. Misalnya, kebaya hijau tua dengan jarik motif parang.

 

Selain busana yang cantik, pastikan juga dandanan kita sesuai dengan tema acara.

Cukup sapukan halus di area tulang pipi saat memakai  highlight untuk acara di siang hari, dan pastikan ini jadi primadona untuk dandanan malam harimu yang glowing!

Dengan pilihan busana pesta di atas, kita nggak harus fashionably late seperti Cinderella demi membuat mata melirik!

Cukup pilih gaun yang menurutmu paling pas di badan dan mewakili karakter diri 😉

 

*) Feature image via Pinterest



Leave a Comment

  • (will not be published)