Simple Beauty: Tips Cantik Alami buat Si Sibuk


Blog Sitta Karina - Tips Cantik Alami Buat Si SibukJadwal padat, penampilan tetap OK.

Rutinitas kita tiap hari nggak hanya monoton, tapi juga luar biasa padat.

Pulang kerja sudah larut malam, masih harus stres dengan macetnya jalanan (walau naik transportasi umum), dan sampai rumah merasa nggak enak memikirkan betapa kurangnya quality time bersama orang tersayang—bahkan saat ini kita masih single! Gimana nanti kalau sudah berkeluarga, coba?

Dengan kesibukan sepadat itu, hampir mustahil rasanya meluangkan waktu untuk all out menjaga penampilan sekaligus merawat kesehatan kulit… secara ideal.

Terapkan 10-step Korean skin care routine?

Duh, bisa-bisa ketiduran di tahap keempat!

Bicara soal sibuk, ini nggak cuma berlaku bagi mereka yang sibuk kuliah atau kerja kantoran aja, melainkan juga ibu rumah tangga serta mereka ngantornya di rumah. Tau ‘kan kerjaan rumah tangga, apalagi jika sudah ada anak, nggak ada habis-habisnya.

Saat coba browsing tentang tips cantik alami yang bisa dilakukan sehari-hari, sering kali yang ditemukan adalah perawatan menggunakan masker dari rempah dan buah-buahan yang bikinnya saja ribet.

Inginnya sih setelah seharian masak di dapur nggak perlu balik ke sana lagi demi merawat kecantikan.

Nah, ternyata semua itu bisa kok dilakukan tanpa harus mengikuti tahapan yang selama ini dipromosikan produk kecantikan (mulai dari yang murah sampai mahal).

Baca juga: Rosy Cheek? Make it Natural!

Kuncinya adalah fokus perawatannya merupakan gabungan dari luar dan dalam. Jadi, nggak cuma mengandalkan produk skin care, melainkan memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam perut sehari-hari.

Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tak hanya bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, tetapi juga untuk merawat organ, termasuk kulit.

Karena, kecantikan seseorang juga terefleksi dari kulit wajahnya yang sehat.

Jadi, seperti apa tips cantik alami yang bisa diterapkan oleh siapa pun, terutama kamu yang supersibuk?

1. Pipi merah, bibir terang

Nggak sempat dandan? No problem! Siapkan selalu perona pipi dan lipstik merah di dompet. Dua benda mungil ini sangat berperan menjadikan wajah lesumu jadi terlihat fresh!

2. Air putih jadi minuman utama

Faktor utama kelembaban dan kesehatan kulit berawal dari bagaimana kita menghidrasi tubuh. Cukup dengan minum air putih sesuai kebutuhan tubuh. Cara lebih simpel untuk mengetahui apakah kebutuhan air putih kita sudah terpenuhi? Tinggal lihat warna air seni saat buang air kecil. Pastikan warnanya putih bening, ya.

3. Biasakan berdiri tegak

Postur, postur, postur! Kita sering kali lupa menjaga postur (dan kesehatan tulang) dengan berdiri dan duduk sekenanya. Padahal, sikap tegak namun tetap rileks membuat diri jadi lebih menarik.

4. Jaga kelembaban kulit

Hidrasi dari dalam (dengan cukup minum air putih) sudah dibiasakan. Berikutnya, hidrasi dari luar menggunakan pelembab, terutama bila kita sering berada di tempat yang dingin.

5. Aktif bergerak

Dengan bergerak aktif, peredaran darah ke seluruh tubuh jadi lancar dan kulit pun tampak glowing. Bergerak aktif nggak harus dengan berolahraga, kok. Cukup kurangi porsi duduk dalam sehari yang berarti kita sering seliweran ke sana ke sini 😀

6. Kurangi asupan gula

Apa pun yang bergula memang enak bukan main! Sebut saja mulai dari cokelat sampai bakmi—semuanya enak tenan 😭 Namun, sebaiknya kita membatasi makan dan minum yang memiliki kadar gula tinggi. Nggak hanya itu dapat mengakibatkan penyakit kronis dalam jangka panjang, tapi juga buruuuuk banget efeknya buat kulit, yakni kulit jadi lebih cepat berkeriput dan jerawatan!

7. Green smoothie to the rescue!

Sayuran dan buah-buahan adalah solusi kulit dan tubuh sehat. Rumus ini kayaknya sudah di luar kepala, saking seringnya kita dengar. Namun, pada kenyataannya, sebagian dari kita masih susah menelan buah dan sayur, tapi ingin tetap berkulit glowing. Ada nggak sih tips cantik alami buat ini? Jawabannya, green smoothie! Tinggal blender buah dan sayur pilihanmu, lalu minum semuanya. Coba resep mudah jus diet sehat yang saya minum tiap malam ini.

8. Bersihkan wajah sebelum tidur

Sekali lagi, nggak apa-apa kok melewatkan 10-step Korean skin care routine yang panjang itu. Tapi, sebaiknya jangan sampai tidak membersihkan wajah (walau tidak memakai make up) sebelum tidur. Sisa kotoran, polusi, dan bahan kimia yang menumpuk di permukaan kulit akan membuat wajah kusam. Cukup bersihkan dengan kapas dan cairan pembersih yang cocok dengan jenis kulit kita.

Nggak susah ‘kan menjalani kiat-kiat di atas?

Yang penting, sesuaikan dengan kebutuhan dan rutinitas harianmu, serta lakukan yang paling mudah dulu saja.

Seperti apa tips cantik alami andalanmu selama ini agar kulit bisa “survive” dari hari ke hari?

 

*) Feature image: @romyschonberger



Leave a Comment

  • (will not be published)