10 Cara Cepat Menemukan Inspirasi


blog sittakarina - 10 cara cepat menemukan inspirasi

Apa pun pekerjaan kita, inspirasi selalu dibutuhkan. Mulai dari melukis, #NulisCerita sampai kerjaan di divisi business development. Tanpanya, hari-hari terasa kering, aktivitas menjadi monoton, dan pada akhirnya, hidup pun bagaikan kehilangan makna.

Inspirasi menjadi penggerak semangat, terutama ketika kita sedang berkarya. Saat kita berada dalam kondisi ini, ide-ide cemerlang tanpa diminta akan mengalir deras dan pikiran pun terasa lebih jernih—kita benar-benar bak unstoppable!

Tak hanya itu, mendapatkan ilham atau inspirasi memungkinkan kita melakukan hal-hal lebih besar lainnya selain berkarya, yakni menentukan tujuan, memperkuat landasan motif untuk mencapainya, bahkan sampai mencintai dengan sadar dan berani.

Sayangnya, inspirasi tidak selalu hadir ketika kita sedang benar-benar memerlukannya. Adakala kita merasa terimpit oleh kesibukan serta tenggelam didera padatnya aktivitas bersosialisasi sehingga diri tak hanya lelah, tetapi tak sanggup lagi berpikir. Padahal, ada kerjaan di depan mata yang menunggu diselesaikan, namun pikiran malah kosong.

Berdasarkan pengalaman saya selama ini (sejak masa SMP tepatnya) semakin dicari secara paksa, inspirasi malah ngumpet, bukannya hadir. Apalagi ketika hati kita tengah gusar dan marah. Perasaan yang lumrah muncul saat kita lagi stres dan tertekan, baik oleh deadline yang kian dekat maupun akibat masalah dengan orang terdekat.

Sayangnya, pekerjaan tidak bisa menunggu. Inspirasi diharapkan bisa hadir saat ini juga. But how? Nah, ini 10 hal yang saya lakukan untuk menemukannya:

  1. Atur napas sambil melihat pemandangan hijau di sekitarmu. Sesekali, biarkan diri melebur dalam suasana ini tanpa perlu mengintip arloji.
  2. Bermain dengan anak-anak. Melihat dunia dari kacamata mereka—riang, lepas, dan tanpa dendam—membuat saya menyadari bahwa betapa nyamannya jika hidup dibawa enteng seperti itu.
  3. Menuangkan keresahan dalam gambar maupun cerita. Tak perlu khawatir jika kita jago menggambar atau tidak. Yang penting, salurkan kegelisahanmu. Pastikan perasaan tak nyaman di hati mampu diekspresikan dalam simbol-simbol gambar sesuai keinginan. Selain menggambar, keresahan tersebut bisa juga diubah menjadi rangkaian kata, baik itu narasi maupun blog post.
  4. Menyetir sendirian. Walau terdengar aneh, momen ini bisa membuat kita dekat kembali dengan jiwa. Kehadiran kita sepenuhnya untuk diri sendiri merupakan salah satu syarat pikiran bisa terbuka selebar-lebarnya.
  5. Mengobrol dengan teman lama. Mendengar kisah dari seseorang yang sudah lama tidak kita dengar kabarnya mampu membuat hati dan pikiran terbuka terhadap sesuatu yang baru, yang tak terbayangkan sebelumnya.
  6. Menonton film, atau cukup dengan membaca buku cerita. Momen, kejadian, dan percakapan di dalamnya akan menstimulasi diri untuk merasakan sekaligus berpikir. Setelah itu, pasti akan banyak “what if” muncul setelahnya.
  7. Olahraga. Feel good hormone yang muncul setelah kita berkeringat tak hanya bikin kita happy, tapi juga tergugah untuk melakukan kegiatan berikutnya dengan penuh semangat.
  8. Mendengarkan musik instrumental. Untuk menyentuh hati, kadang yang dibutuhkan hanya sebuah nada yang indah!
  9. Yoga, atau bisa juga meditasi. Atur napas, tenangkan pikiran liarmu, dan meleburlah dengan ruang dan waktu saat ini.
  10. Traveling. Ini merupakan cara terampuh untuk menghadirkan inspirasi—sekaligus energi baru untuk raga dan jiwa. Jadi, pastikan kita memiliki rencana tersendiri (yang tak perlu mahal) untuk bisa bepergian ke tempat dan suasana yang membangkitkan rasa nyaman dan riang di diri kita.

Intinya, kesepuluh kegiatan di atas bertujuan membuat kita lebih rileks, hati jadi lebih tenang. Saat hati tak lagi bergejolak, simpul-simpul ruwet dalam kehidupan biasanya jadi lebih mudah diurai. Perlahan-lahan kita mampu menemukan titik terang dari masalah yang kita hadapi. Setelah itu, semua plong! dan kita jadi mampu melihat dari sudut pandang yang selama ini luput dari pengamatan.

Pengalaman saya pribadi, inspirasi justru kerap hadir saat saya main bareng Harsya dan Nara. Yep, it’s no. 2 from the above tips! Contohnya, pas saya lagi bingung mencari nama tokoh yang menjadi sahabat Nara Hanafiah dalam kisah “Air Mata Pedang” yang dimuat dalam novella Imaji Terindahnama Six muncul ketika saya sedang menonton film kartun Generator Rex kesukaan mereka. Salah satu tokoh di film tersebut bernama Agent Six. Jadilah nama itu resmi menjadi nama sobatnya Nara. It sounds simple—and cool. Just like Six, who always wanted to look cool and not overshadowed by his pal.

Punya cara OK hadirkan inspirasi? Yuk, kita diskusikan di sini 😊


Tags: , ,


Leave a Comment

  • (will not be published)

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


One Response