Semangat Berolahraga? How?


blog sittakarina - semangat berolahraga
Selalu semangat olahraga? Yes way!

Pesta dan event olahraga yang makin menjamur, mulai dari Jakarta Marathon sampai Asian Games, selalu jadi wake-up call  bahwa olahraga nggak hanya penting tapi juga sudah jadi bagian dari fitrah sehari-hari manusia untuk selalu bergerak, bukannya diam..

Euforianya pun seru, seseru ribuan selfie yang terjadi pada momen penuh kemenangan itu.

Sayangnya, urusan menjadikan olahraga bagian dari kehidupan kita sehari-hari kok rasanya berat banget.

Alasannya beragam, dari yang segamblang malas—ikat tali sepatu olahraga aja sudah termasuk olahraga!—sampai sibuk.

Saya pun begitu, setidaknya dulu saat masih lajang.

Yang namanya mengumpulkan semangat berolahraga penuh dengan drama dan suka-dukanya: saat SMA doyan merokok dan icip liquor, selama masa kuliah tubuh dihajar ngerjain tugas lab sampai begadang berhari-hari, sampai kini jadi ibu rumah tangga yang harus sigap 24/7 menjaga dua anak balita (sambil berusaha tetap menulis sesuai batasan deadline).

Baca juga: Cardio Yoga: Seru, Banyak Manfaat dan Anti Bosan

Dari perjalanan di atas, bisa saya simpulkan bahwa untuk memiliki semangat berolahraga yang solid, ternyata bisa diupayakan. Caranya adalah dengan “start off small”. 

Cara agar lebih rajin berolahraga ternyata sesimpel lakukan workout mudah dulu dan tetapkan goal yang tidak muluk.

Agar lebih semangat untuk rutin berolahraga, saya berusaha melakukan ini:

1. Mulai di pagi hari

Semakin lama menunda waktu olahraga, hari pun akan semakin siang. Biasanya, makin siang bikin semangat berolahraga makin pudar.

2. Tanamkan “olahraga bikin sehat”

Jadi, jika kita jarang berolahraga, kesehatan pun akan terganggu. Kondisi  ini dimulai dengan tubuh jadi makin gemuk, perut mulai sering merasa bloating, dan risiko-risiko penyakit berat seperti diabetes, penyakit jantung koroner, dan kanker yang mengintai.

3. Siapkan musik seru

Pilih lagu yang aktif dan upbeat. Bisa coba “I Gotta Feeling”-nya Black Eyed Peas atau “On The Floor”-nya Jlo, or any friggin’ awesome music that will kickstart your session anytime!

4. Tidur cukup malam sebelumnya

Kurang tidur cuma bikin kita jadi lemas, pusing, dan malas bergerak keesokan harinya. Not a wise choice for your beauty either!

5. Kenakan kostum olahraga yang OK

 Pilih running shoes yang tepat. Jangan beli kacamata renang “KW”. Padu-padan baju olahraga yang bikin kamu “feel good, & look good”leggings, sport tank, dan windbreaker jacket. Jangan hanya mengenakan kaos rumah dan celana training gombrong.

6. Sedikit kopi sebelum memulainya

Kafein pada kopi membuat kita semakin on fire saat berolahraga, tak hanya dari segi tenaga tetapi juga semangat.

7. Tentukan target realistis

Apa tujuanmu berolahraga? Jika ingin menurunkan berat badan, pastikan target angka yang akan kamu tuju tidak membuatmu stres dan malah sungkan memulainya.

8. Variasikan jenis workout

Kalau belum berolahraga lagi dalam waktu yang lama, coba lakukan sesi ringan dulu.

Mulai dengan power walk 15 menit. Ketika tubuh sudah terbiasa dengan tantangan ini, ganti dengan lari. Mulai dengan 1K, 3K, sampai 5K.

Jika sudah mulai bosan dengan jalan dan lari, coba tantangan lainnya dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi lagi seperti berikut ini:

Jadi, 15 menit tiap hari harusnya cincay lah ya! 😊

Apa saja yang kamu lakukan untuk memupuk semangat berolahraga secara rutin?

*) Feature image via Travelshopa



Leave a Comment

  • (will not be published)


4 Responses

  1. Iyaa susah banget. Apalagi sekarang lagi sibuk2 nya dengan tugas kuliah. Kasih motivasi olahraga kayak gini terus kak😂. Biar saya bisa pelan2 balik lagi rajin olahraga kayak dulu

    Reply
    • Rach Alida – Kuncinya di niat & tidak menunda, Mbak. Saya olahraga tiap hari 30-60 menit. Sneakers ada di bawah meja kerja. Tapi, begitu asyik di depan laptop dengan kopi, rasanya susaaaah banget untuk mulai (workout), padahal saya suka olahraga. Akhirnya saya niatkan: olahraga setelah antar anak sekolah. Setelah itu baru kerjakan yang lain. Semoga bisa dicoba ya 🙂