Trik Shopping Baju Murah Tapi Trendy


blog-sittakarina-trik-shopping-baju-murah-tapi-trendy-3

Tampil fashionable dengan model baju terbaru tapi murah ternyata ada trik shopping-nya!

What? Murah?

Yep. Murah dalam arti jauh di bawah harga ritel maupun harga di toko resminya, namun kualitas barang tetap sama.

Kita sama-sama tahu, bahwa yang namanya urusann beli baju buat para perempuan sudah naik kelas jadi kebutuhan primer buat, terutama yang tinggal di kota besar dengan seabrek aktivitas sehari-hari, mulai dari ngantor, antar anak-anak sekolah, sampai kongko bareng sahabat pas weekend.

Maka itu, wajar banget jika kita butuh pilihan outfit yang cukup banyak untuk padu-padan tiap hari. Sayangnya, harga baju yang potongannya oke dengan tren terkini nyatanya cukup tinggi, baik itu di mall maupun saat belanja online.  Sebut saja brand lokal seperti Cottonink sampai fast-fashion label seperti Zara. Kalau diikuti begitu saja tanpa perencanaan, bisa-bisa gaji sebulan cuma habis buat beli baju aja.

Setelah sempat lapar mata saat shopping dan baju yang saya beli malah berakhir di lemari tak tersentuh, saya mulai bikin strategi dalam membeli baju. The goal is to create capsule collection that don’t go out of style. Jadinya bisa awet dipakai bertahun-tahun dan nggak usah terlalu sering belanja.

Penasaran ‘kan?

Oke, tetap baca post ini sampai selesai ya 👇

 

Stock up the basics

Strategi pertama yang saya lakukan adalah beli pakaian dan aksesoris basic, lalu kuasai seni mix’n matchbaik dari segi style maupun warna.

Selain berhemat, dengan memiliki basic wardrobe yang solid kita jadi bisa padu-padan dengan seasonal items. Bukannya 100% beli seasonal items yang saat trennya berakhir, tak satu pun koleksi itu bisa dikenakan lagi.

Lalu, bagaimana ya kalau bingung memulainya?

Yang kayak apa sih yang disebut the basics?

The basics ini adalah pakaian dan aksesoris utama untuk tiap kategori aktivitas, seperti baju kasual, baju pesta sampai gamis modern untuk acara yang lebih resmi maupun kegiatan ibadah.

Contohnya bisa seperti ini:

blog sittakarina - trik shopping baju murah tapi trendy

Tunggu musim sale?

Terus, kalau the basics yang mau dibeli banyak dan jadinya mahal gimana dong?

Hahaha been there many times before!  Salah satunya saat bersamaan mau beli striped tee, ballerina flats, dan cardi hitam.

Kalau sudah begini, pada beberapa kesempatan saya membuat daftar dan membelinya saat musim diskon mendatang yang biasanya baru berlangsung 3-5 bulan kemudian.

Iya, lama banget. Padahal, sering kali butuhnya minggu depan. Atasan fancy untuk kerjaan jadi speaker, atau baju muslim yang justru nggak terlalu fancy untuk pengajian khitanan anak sahabat.

Akhirnya, balik-baliknya ke mall lagi deh.

 

Mau shopping model baju terbaru, tapi kantong nggak jebol?

Jadi, solusinya apa dong?

Nah, ini rahasianya: beli baju sisa ekspor di factory outlet atau di Tokopedia, Shopee, maupun Instagram!

Ta-da! Kita bisa dapetin baju-baju keren dengan style terkini namun harganya murah banget. Dan kalau beruntung, baju-baju basic yang kita cari ada di situ, karena outfit bermodel timeless biasanya akan terus diproduksi ulang.

blog sittakarina - trik shopping baju murah tapi trendy 2

Lalu, bagaimana cara mengetahui bahwa baju murah yang kita beli adalah barang sisa ekspor ORI, bukannya replika atau KW?

Kalau saya sih biasanya cek dan ricek beberapa hal dulu sebelum membelinya secara online maupun saat mampir langsung ke FO:

  1. Apakah model baju ada di situs resmi brand terkait? Jika ada, berarti model baju yang ingin kita beli memang diproduksi oleh brand tersebut.
  2. Apakah masih ada label bajunya? Atau, jika sudah dicoret maupun dipotong sebagian, pastikan label tersebut masih memuat informasi pakaian (brand, ukuran, dibuat di mana) yang sesuai dengan barang aslinya.

Lantas, merk baju apa yang selama ini bertebaran di market place seperti Tokopedia dan Shopee? Sejauh ini, yang paling sering saya temukan adalah H&M, GAP, Old Navy, Esprit, Calvin Klein, dan Forever 21! Wow, how can we resist this ?!!

Khusus untuk Forever 21, stok yang sering tersedia nggak cuma baju pergi aja, melainkan sport apparel seperti leggings, sport bra, dan kamisol.

Jadi, sebelum belanja ke mall, pastikan mampir dulu ke outlet store dan toko online ya. Who knows you’re the lucky one 😉

*) Feature image via Pinterest


Tags:


Leave a Comment

  • (will not be published)

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>