50 Ide Kreatif untuk Menulis Blog


 blog sittakarina - 50 ide kreatif untuk menulis blog

Saat menulis blog, seringkali ide-ide kreatif malah tidak terlintas sama sekali di kepala. Padahal, kita sudah bertekad untuk ngeblog lebih rajin dan terus berusahaĀ meningkatkan kualitas konten blog itu sendiri (ehem, ini sudah jadi resolusi TIAP tahun baru ya šŸ˜€ ).

SetelahĀ mengetahuiĀ  kategori yang paling menarik perhatianĀ saat ngeblog maupunĀ blogwalking, biasanya saya akanĀ menggali lebih dalamĀ kategori tersebutĀ dan mengurainya jadi beberapaĀ ide kreatifĀ blog yang topiknya dekat dengan kehidupan sehari-hari, memilikiĀ valueĀ serta informasi yangĀ bermanfaat bagi si pengunjung blog. Tentu saja, manfaat tersebut pertama-tama sudah saya rasakan sendiri seperti apa.

Nah, bagiĀ kamu yang suka ngeblog tentang topik-topik umum sepertiĀ lifestyle, travel,Ā makananĀ sampaiĀ teknologi, beberapa ide kreatif di bawah ini bisa jadi panduan untuk menulis artikel blog saat pikiran lagi buntu šŸ˜‰

Lifestyle

  1. Rutinitas sehari-hari yang bermanfaat
  2. Tokoh yang menginspirasi kehidupan kita
  3. Keuntungan dan kekurangan mencoba hal-hal yang sedangĀ trending saat ini (diet mayo,Ā vlogging, dan lain-lain)
  4. Cara menjalani hari yangĀ produktif
  5. Hal-hal yang bisa dilakukan agar lebihĀ happy di pagi hari

Travel

  1. Review hotel nyaman yang minimĀ budget
  2. Tempat-tempat tujuan wisata yang OK
  3. Tempat-tempat wisata yang kids-friendly
  4. Tips agarĀ traveling lebih nyaman
  5. CaraĀ packing ringkas dan cepat

Food & Drinks

  1. Review restoran & kafe enak untuk anak kost
  2. Resep masakan simpel yang waktu memasaknya hanya 15 menit
  3. Resep minuman unik untuk acara khusus (misalnya, resep campuran kopi danĀ cocktail untuk pesta BBQ)
  4. Daftar tempat ngopi dan ngemil murah
  5. Daftar menu favorit untuk pesta ulang tahun anak, atau daftar menu untukĀ office party dengan tema unik

Fashion & Style

  1. #OOTD
  2. Tips mix ‘nĀ match busana
  3. Daftar sepatu dan tas yangĀ timeless,Ā atau sekalian,Ā yang sedangĀ in
  4. DaftarĀ fashion items yang wajib punya
  5. StyleĀ tips untuk tema atau musim tertentu: pesta tahun baru, ke pantai, musim hujan, dan lain-lain

Beauty

  1. Review produk kecantikan
  2. Daftar produk kecantikan bagus dengan harga terjangkau
  3. Make-up tips & tutorial
  4. Skincare & hair routine
  5. Daftar produk kecantikan terbaik sesuai kategori ( best foundations, best lipsticks, dan lainnya)

Baca juga: 7 Langkah Cara Buat Foto Keren untuk Blog dan Instagram

Book

  1. ReviewĀ buku
  2. Tips menulis
  3. Daftar buku sastra maupun non-sastra terbaik sepanjang masa
  4. Teaser buku terbaru
  5. Book giveaway

Health & Fitness

  1. Jenis-jenisĀ olahraga untuk turunkan berat badan dengan cepat
  2. Cara atasi stres saat hari-hariĀ hectic
  3. Daftar makanan untuk badan lebih langsing
  4. Pengalaman mengikuti lomba lari 5K, marathon, bahkan triathlon
  5. Rutinitas sehat untuk siĀ first-jobber yang sibuk

Family

  1. Tips memaksimalkan tumbuh kembang anak (misalnya, cara mendidik anak agar mandiri)
  2. Tips menciptakanĀ quality timeĀ untuk ayah dan ibu
  3. Cara mencari sekolah terbaik untuk anak
  4. Daftar tempat bermain anak di kotamu
  5. Tips mengatur keuangan lebih hemat untuk keluarga muda

Arts & Entertainment

  1. Movie review
  2. Berita tentang selebriti dan kiprahnya
  3. Berita malam penghargaan seni
  4. Review pameran seni dan karya seninya
  5. Daftar film favorit sesuaiĀ genre

Technology

  1. DaftarĀ apps favorit untukĀ smartphone
  2. Review ponsel,Ā tablet, maupunĀ appsĀ 
  3. DaftarĀ laptop yang kinerjanya OK tapi irit di kantong
  4. DaftarĀ apps untuk anak yang bermuatan edukasi
  5. Tips penggunaan dan perawatan perangkatĀ tech,Ā seperti cara agar batere ponsel lebih tahan lama

Saat ini, saya paling sukaĀ berkutat di bidang lifestyle dan buku karena keduanya sesuai dengan kehidupan yang saya jalani sehari-hari sebagai ibu rumah tangga dan penulis.

Dan untuk menambahĀ insight, saya pun suka mampir ke blog yang topiknya bertolak belakang dengan apa yang saya tulis selama ini. Dan ternyata ituĀ seru juga! šŸ˜€

Dari seluruh kategori yang ada, mana yang paling kamu suka? Dan apa pendekatan yang biasanya kamu lakukan untuk mengembangkan tulisan blogmu?

*) Feature image by rekitanicole



Leave a Comment

  • (will not be published)

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


45 Responses

  1. Rheina – Saat mau memulai blog maupun vlog, coba dengan hal-hal sederhana di sekitar kamu dulu saja. Bahas itu dengan santai, namun tetap mengalir.

  2. HAIII!! Aku rheina. Kelas 11 SMA mau naik ke kelas 12 SMA hahahah:D sebenernya gak penting aku ngasih tau kelas yaaa sekedar informasi aja lah ya. Aku itu blogger baru banget mulai baru hari ini hehehehXD tadinya aku mau buat youtube video but i dont know harus mulai darimana? Sebenernya aku udh bikin youtube channelnya but there is no video at all hahahaha and then i tried to make some blog XD but there is still on proceess hahaha and right now im kinda weird speaking about youtube channel and video but ohmygod im so randomly hahaha i think i just want to be your friend and honestly i just know you right now hahaha XD thank you:)

  3. Laila

    Makasih, mba. Artikelnya bermanfaat buat blogger pemula kayak saya

  4. Nita – Bukan blogger’s block, Nit. Kadang emang belum kepikiran aja. Semoga bermanfaat ya šŸ™‚

  5. Ternyata… banyak yah. Hahaha kujadi malu ngaku kena blogger’s block :’)

  6. ehtsun – tidak selalu harus jadi blog gado-gado. Cukup pilih kategori yang sesuai dg minat kita aja šŸ˜‰

  7. Saya termasuk blogger reviewer, terkadang lifestyle tapi untuk buku, saya punya blog khususnya. Etapi, memang sih, untuk yang personal cenderung banyak topik, karena saya nulis untuk hal yang saya sukai dan mudah2an bermanfaat.

    Selamat beraktivitas Mba šŸ™‚

  8. Dari postingan ini paling tidak sudah dapat 50 gambaran untuk blog. Dikembangkan sedikit, sudah berkali-kali lipat. Trims mba Sitta

  9. Salam kenal kak sitta, sbg new comer di dunia blogging kebantu banget dgn postingan ini, jd gk kehabisan ide

  10. Wooow ternyata banyak banget idenya, terima kasih untuk inspirasi ide nulis blog, begitu mencerahkan šŸ˜€

  11. NoHa

    Makasiih ya mba saya baru mulai ngeblog nambah pengetahuan šŸ˜

  12. Artikel yg beneran ngasih ide mba, meskipun jadinya blog jadi blog gado-gado tp sepertinya itu yg buat kita nyaman nulis

  13. Thanks kumpulan idenya, bisa bikin blog lebih fokus nih. Selama ini blognya gak jelas siyh… hehehe

  14. gea

    hehee isi blogku random mbk.
    biasanya sih curhat doang. atau apapun yang pengen aku tulis.
    tapi akhir-akhir ini lagi pengen nata lagi. beberapa posting terakhir soal review buku :).

  15. Wahh suka banget dengan kumpulan ide-idenya, terima kasih kak!
    Harus cepet diniatkan ditulis biar semangatnya gak keburu kendor nih ya hahaha *aku juga tipe yang resolusi tiap tahun adalah menulis lebih rajin :)))

  16. mencari ide sih gampang gampang susah, cuma menuangkan dalam kata kata itu agak sulit. hehehe. btw, ide idenya bisa juga nih mbak. salam kenal ya.. sukses selalu

  17. Saya sendiri masih kebingungan memecah kategori lifestyle blog saya. Hiks

  18. Tergantung kebutuhannya apa sih aku mah, kalau lagi riset untuk tulisan (biasanya tema teknologi), lebih senang membaca blog-blog dari official. Misalnya, blognya Moz, Alexa, atau Google.

    Kalau niatnya blogwalking doang dan baca-baca, nggak ada topik khusus. Asal tulisannya enak dibaca aja.

    Anyway, idenya boljug tuh. Mungkin aku harus lebih sering membahas kehidupan sehari-hari biar bahasan di blog nggak terlalu berat. šŸ˜€

  19. Amanda

    Baik banget kak, mau bagi semua ini šŸ˜ Harus segera ditulis biar ga lupa

  20. Mayra

    Asli banyak abis! Makasih ya kak arie.. jadi semangat ngeblog lagi liat ini šŸ˜†šŸ˜†šŸ˜†

  21. Tita – Yep. Paling awal sebaiknya tentukan mau fokus di kategori blog yang mana. Setelah itu baru gali topiknya.

  22. Ananda

    Tipsnya berguna buat yang mau mulai nulis blog. Bikin tips lain dong ttg gimana nentuin topik blog yg sebaiknya kita bahas dan cocok sama kita. Thx xoxo