Cara Menjadi Blogger Sukses yang Bisa Dimulai Sekarang Juga


Blog Sitta Karina - Cara Menjadi BloggerMau jadi blogger sukses? Simak ini.

Semua orang ingin eksis dalam dunia online, salah satunya dengan menjadi blogger.

Walau begitu, masih banyak lho yang salah mengartikan apa sebenarnya blogger. Sebagian besar menganggap seorang buzzer atau pendengung media sosial sama dengan blogger!

Padahal, blogger dan buzzer sebenarnya berbeda walau keduanya sama-sama berkecimpung di ranah internet.

Blogger adalah seseorang yang menulis di blog, baik blog miliknya atau milik orang lain.

Jadi, kurang tepat saat seseorang mengaku dirinya blogger, namun yang dilakukan selama ini hanya memperbarui status di akun media sosial saja. Ia lebih tepat disebut sebagai buzzer atau social media personality. Singkatnya, ia seorang seleb medsos.

Dengan memahami perbedaan dasar antara blogger dan social media personality, kita jadi tahu langkah apa yang mesti ditempuh untuk menggapai profesi impian tersebut.

Baca juga: 4 Kombinasi Font Gratis yang Elegan untuk Blog

Profesi blogger sendiri biasanya muncul dari kegemaran menulis sekaligus keinginan terkoneksi satu sama lain di dunia maya.

Tak hanya memiliki pergaulan yang luas, profesi blogger memiliki banyak keuntungan yang membuat kita mampu mengembangkan diri, seperti tak lagi “gaptek” (gagap teknologi), terbiasa menulis (juga membaca!), serta lebih disiplin dalam membagi waktu.

Sebagai contoh, Aruna termasuk yang masih maju-mundur saat memutuskan akan menjadi blogger. Ia merasa kesibukannya sebagai banker sudah cukup menyita waktu.

Namun, dorongan Aruna untuk berbagi tips-tips keuangan yang dipelajarinya selama kerja di bank lebih besar, sehingga ia pun akhirnya rajin menulis artikel tentang personal finance. Kurang dari 2 tahun, blog Aruna menjadi salah satu yang diakui di Indonesia—semua berawal dari iseng doang!

Di era digital seperti sekarang, berikut cara menjadi blogger sukses yang mesti kita kuasai (walau sebelumnya kita jarang menulis):

1. Punya blog pribadi

Membuat akun blog pribadi adalah langkah pertama yang bisa kita lakukan. Cara lainnya adalah menulis artikel di blog lain, baik secara profesional maupun gratisan (demi eksposur lebih dulu). Jika rajin mengasah ilmu blogging, bukannya tak mungkin suatu saat nanti kita mampu memiliki blog yang menghasilkan uang.

2. Tentukan kategori blogging

Setelah membuat blog di platform pilihanmu, baik gratis maupun berbayar, renungkan dulu apa yang bakal sering dibahas dalam blog: fashion? Tulis-menulis? Lifestyle? Kuliner? Atau traveling? Mengetahui apa kategori ngeblog yang akan digeluti membuat kita lebih fokus dalam mengembangkannya.

Baca juga: 4 Cara Membuat Blog Sederhana Bagi Mereka yang Sibuk

3. Miliki akun media sosial

Sering membuat artikel di blog, namun tetap saja sepi pengunjung? Mempromosikan konten blog ternyata sama pentingnya dengan menyusun konten tersebut, lho. Cara jitu mempromosikan—dan menjadikan viral—konten blog kita adalah dengan membagikannya melalui akun media sosial. So, make sure you have some of them!

4. Latih menyusun caption menarik

Jika selama ini jarang menulis panjang, berarti sekarang waktu yang tepat untuk melakukannya. Mulai dari yang paling mudah dulu, yakni menulis caption untuk post pada akun media sosial kita yang biasanya tak lebih dari 200 kata. Asah kemampuan mengolah diksi serta bertutur secara logis agar tulisan jelas sekaligus menarik.

5. Pelajari ilmu dasar fotografi

Ini merupakan cara menjadi blogger yang tak boleh dilewatkan, karena visual adalah unsur penting dalam ngeblog. Sebagus apa pun artikel yang kita buat, jika tidak disertakan gambar penunjang yang menarik tentu akan sia-sia. Oleh karena itu, blogger mesti “mau capek” mempelajari cara membuat foto keren. Ingat, tak perlu beli kamera mahal, kok. Cukup dengan ponsel pintarmu!

6. Rencanakan jadwal dan tema konten blog

Disiplin adalah salah satu sikap yang menentukan keberhasilan blogger. Apalagi, jika dirinya sesibuk Aruna. Tidak harus ngeblog tiap hari agar traffic blog lancar jaya 😀 Namun, kita perlu merencanakan jadwal, tema, dan penulisan konten blog sebagai bagian dari rutinitas. Misalnya, dalam sebulan kita ingin membuat 4 buah artikel, 1 artikel per minggu. Maka, tiap awal bulan kita sudah menyusun jadwal menulis lengkap dengan deadline tiap artikel—serta disiplin menjalankannya.

Cara menjadi blogger sukses memang tak bisa instan.

Bahkan, untuk mencapai keberhasilan tersebut, sering kali seorang blogger harus mengorbankan beberapa hal, termasuk merogoh koceknya sendiri. Menyewa domain, menggunakan platform berbayar, dan menyewa jasa desainer situs blog adalah sebagian contohnya.

Lantas, mana yang perlu dilaksanakan lebih dulu?

Ikuti saja keenam tips dasar di atas. Setelah itu, baru penuhi kebutuhan lainnya—menggunakan self-hosted WordPress, misalnya—sesuai prioritas ngeblog kita 😉

Jika diingat-ingat kembali, apa saja cara menjadi blogger yang pernah kamu tempuh hingga menjadi seperti sekarang?

 

*) Feature image: Ban Yoon Hee



Leave a Comment

  • (will not be published)